Annyeong Haseyo! Taman Korea Sekarang Ada di Surabaya

0
223
Travelbosid
travelbos.id

Spesial.net – Dari sekian taman yang ada di kota Surabaya, taman ini mungkin salah satu yang akan menarik perhatian para wisatawan. Diberi nama Taman Korea atau memiliki nama  lain Taman Persahabatan memang bukti terjadinya ikatan persahabatan antara Korea Selatan dengan kota Surabaya. Ada beberapa alasan taman ini diberi nama tersebut.

Taman yang dibangun Januari 9 tahun silam ini memiliki nama lengkap Taman Persahabatan Indonesia – Korea Selatan atau orang-orang lebih suka menyingkatnya dengan nama Taman Korea. Pembangunan taman seluas 1.848 meter persegi ini menghabiskan dana sebesar Rp 544,5 juta dirancang langsung oleh pihak Korea Selatan sedangkan pemerintah kota Surabaya hanya menyediakan lahan dan perawatan. Inisiatif pembangunan taman ini tiada lain berkat jasa Bambang DH yang berhasil menjalin kerjasama dengan Lim Tae Sun, yang merupakan ketua Asosiasi Masyarakat Korea Selatan di Surabaya. Desain taman ini terinspirasi dari lambang yin dan yang di bendera Korea Selatan.

Taman ini begitu asri dengan hamparan rumput dan berbagai macam tanaman hadir di sana. Udara di taman ini terasa menyegarkan di antara cuaca panas kota berkat oksigen yang dihasilkan tanaman tersebut. Saat berkeliling anda bisa melihat kolam kecil dan aliran sungai kecil yang biasa dilihat rumah-rumah tradisional Korea Selatan. Kolam yang diberi pembantas dari batu sungai membuat nuansa alam yang begitu pas. Selain itu juga, taman ini difasilitasi sarana olahraga seperti jogging track, fasilitas olahraga mini dan tempat bermain untuk anak-anak. Di tengah taman juga berdiri sejenis prasasti berisi perjanjian persahabatan yang ditulis dalam tiga bahasa, yaitu Indonesia, Korea dan Inggris. Prasasti ini dikenal sebagai Monumen Perdamaian.

BACA JUGA:  Harga Tiket Waterboom Raksasa Caribbean Island Water Park dan Keunikannya
Panduanwisataid
panduanwisata.id

Jalan Dr Soetomo dipilih sebagai lokasi pembuatan taman Korea dikarenakan di daerah ini dihuni banyak sekali warga asing asal Korea Selatan. Kurang lebih 10 persen dari warga Korea yang datang ke Indonesia tinggal di Surabaya. Ikatan kerjasama yang dijalin yaitu di bidang pendidikan, perdagangan, pengembangan infrastruktur hingga kebudayaan.

Untuk anda yang memiliki hobi fotografi atau sekedar untuk upload di media sosial, taman ini bisa jadi lokasi yang tepat untuk memenuhi hasrat tersebut. Selain itu juga, taman ini sangat cocok untuk tempat kumpul komunitas, tidak terkecuali warga Korea. Jadi, teruntuk anda yang ingin berinteraksi dengan orang Korea, kunjungi saja tempat ini.

Akses menuju taman ini relatif mudah, yaitu anda pergi dari Terminal Purabaya (Bungurasih) menggunakan bis kota menuju Jembatan Merah atau bis kota Oso menuju Oso Wilangun, kemudian menuju Jalan Darmo. Setelah melewati Jalan Darmo, anda tinggal bilang akan berhenti di Jalan Dr Soetomo. Kurang lebih dekat dari anda turun, anda sudah tiba di Taman Korea.

Demam Korean Pop dan Korean Drama di Indonesia mungkin bisa terobati dengan datang ke taman yang satu ini. Tetapi, ketika bertemu dengan orang Korea sebaiknya tidak hanya berbicara tentang industri hiburannya saja. Mungkin lebih menarik jika anda bertukar pikiran tentang isu sosial, budaya asli mereka atau mungkin tempat mereka berasal. Dan satu lagi, orang Korea kurang terbuka tentang masalah pribadi atau informasi pribadi terutama saat belum merasa dekat dengan anda. Maka dari itu tetaplah menjaga etika dan jangan sampai membuat risih tamu kita. Nah, bagaimana? Apakah sudah mulai tertarik berkunjung ke taman yang satu ini? Selamat beraktivitas.

BACA JUGA:  20 Tempat Makan di Sekitar Taman Mundu Surabaya

 

==

Wisata Seru di Surabaya Lainnya

==

SUMBER: panduanwisata.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here