Menguak Misteri Museum Kesehatan Surabaya

0
257
Tanahnusantaracom
tanahnusantara.com

Spesial.net – Setiap tempat pasti memiliki kisah, setiap tempat  pasti memiliki sejarah tak terkecuali Museum Kesehatan di Surabaya. Anda pasti penasaran bagaimana perkembangan teknologi kesehatan di Indonesia, museum ini akan menjawab semuanya. Museum ini sudah berdiri sejak tahun 1990, tetapi barulah pada tanggal 14 September 2004 diresmikan oleh Dr. Achmad Sujudi selaku Menteri Kesehatan saat itu. Pada awalnya di museum ini berisi bahan-bahan pustaka, majalah, hasil rekaman yang menjadi rujukan penelitian sejarah kesehatan di Indonesia.

Museum yang terkesan angker karena bentuk bangunannya yang tua, menyimpan warisan-warisan budaya Indonesia, khususnya di bidang kesehatan. Bidang kesehatan ini memiliki arti di bidang medis dan non medis. Jika anda pernah mendengar pengobatan alternatif atau berobat kepada dukun, bisa jadi anda bisa menemukannya di sini. Bahkan saking eksklusifnya, barang-barang medis alternatif tersebut diruangkan khusus dan diberi nama ruang santet.

Saat pertama kali masuk, anda akan melihat jejeran foto-foto Menteri Kesehatan dari masa ke masa, salah satunya adalah Dr. Adhyatama, MPH yang menjabat pada periode 1988 – 1993. Ada juga foto Dokter Hindia pertama, Padoeka Nona M. Thomas.

Di luar bagian museum terdapat tokoh-tokoh pewayangan yang disimpan di dalam satu frame, yaitu:

  • Sadewa, mempunyai kemampuan menolak bala
  • Krisna, mempunyai kemampuan mengobati menggunakan bunga wijaya kusuma
  • Abiyasa, seorang tabib istana
  • Raden Samba Wisnubrata, mempunyai ajian Rajah Kalacakra untuk mengobati segala penyakit
  • Limbuk, remaja dari golongan elit pemerhati kesehatan
BACA JUGA:  7 Kemegahan Arsitektur Masjid Raya Al Akbar

Selain ruangan-ruangan tersebut, masih banyak ruangan lainnya dan bahkan di sini disediakan penginapan. Kira-kira siapa yang berani menginap di sini?

 

Atraksi Wisata Museum Kesehatan Surabaya

Ruang Sejarah Kesehatan

  • Sasana Dr. Adhyatama, berisi koleksi beliau saat masih menjabat sebagai Menteri Kesehatan. Kemudian prasasti patung Ganesha. Di sini juga tersimpan arsip-arsip penting seperti Surat Keputusan Menteri Kesehatan.
  • Sasana Pendidikan, berisi seragam-seragam dokter zaman dahulu, kartu kesehatan
  • Sasana Sejarah Instansi, berisi penghargaan-penghargaan yang didapat
  • Sasana Alat Non Medis, berisi alat-alat seperti pembasmi malaria, dan sejenisnya zaman dulu
  • Sasana Alat Medis, berisi alat-alat yang biasa dipakai di rumah sakit dan laboratorium medis zaman dulu
  • Sasana Flora dan Fauna, berisi replika-replika tumbuhan dan hewan yang dipercaya memiliki khasiat baik untuk kesehatan

Ruang Iptek

  • Sasana Daur Ulang, berisi barang hasil daur ulang dari alat-alat kesehatan
  • Sasana Inovasi Iptek Kesehatan, berisi alat-alat hasil penemuan, seperti alat pendeteksi lepra ciptaan Prof. Goenawan

Ruang Budaya

  • Sasana Penyembuhan Tradisional, berisi alat-alat pengobatan non medis dari seluruh penjuru Nusantara. Dan tak ayalnya memberikan nuansa mistis bagi yang melihat
  • Sasana Alat Reproduksi, berisi alat-alat perawatan ibu melahirkan, alat sunat dari berbagai macam budaya
  • Sasana Genetika, berisi silsilah kerajaan di Indonesia
  • Sasana Kencana, berisi benda bersejarah dekorasi logam dan sejenisnya

Kisah Menyeramkan Museum Kesehatan

BACA JUGA:  Harga Tiket Galeri 3D De Mata Trick Eye Museum Surabaya

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa disini terdapat ruangan santet berisikan alat-alat pengobatan tradisional. Mendengar kata santet mungkin menakutkan bagi sebagian orang, padahal pada nyatanya tidak seperti itu. Salah satunya boneka jailangkung. Jika dalam film digambarkan bahwa boneka ini adalah media interaksi dengan bangsa jin dan yang di setiap akhir permainan akan selalu meminta tumbal. Berbeda dengan asal mulanya, boneka ini dipakai untuk mendiagnosa penyakit pasien. Entah itu menggunakan bantuan jin, tetapi bisa dipastikan bangsa Indonesia adalah penganut kepercayaan animisme dan dinamisme pada zaman dahulu. Sehingga media seperti tidak aneh pada saat itu.

Selain itu juga, ada satu ruangan lain bernama ruangan dunia lain yang terkunci. Kabarnya ruangan tersebut merupakan ruangan bekas WC dan diisi makhluk halus. Terlepas benar atau tidak, lebih kita tidak mudah berprasangka buruk terlebih dahulu.

 

==

Wisata Seru di Surabaya Lainnya

 

==

SUMBER: travelingyuk.com, inilahsurabaya.blogspot.com, tanahnusantara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here