Bagus mana? Honda Scoopy Terbaru Atau Yamaha Fino 125

0
329
2187251785
2187251785

Honda Scoopy atau Yamaha Fino? Mungkin itu adalah pertanyaan konsumen yang bingung untuk memilih motor retro mana yang akan dipilih. Motor matic dengan gaya retro memang memiliki daya tersendiri bagi para konsumennya. Maka dari hal itu kehadiran dari Yamaha Fino 125 dengan All New Honda Scoopy sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Dua motor yang diproduksi oleh pabrikan besar yaitu Yamaha dan Honda tentunya membawa kelebihan dan perbedaan masing – masing. Lalu seperti apa komparasi dari kedua motor tersebut? Berikut ulasannya.

 

  • Desain Honda Scoopy dan Yamaha Fino

 

Jika melihat tampilan dari Honda scoopy maka bisa dikatakan bahwa motor ini memiliki bodi yang hampir sama dengan pesaing nya yakni Yamaha Fino 125. Dengan mengusung desain elegan dan retro. Ada ciri khas pada Yamaha Fino terletak pada bagian ban yang besar dan desain lampu bulat lebih besar. Honda Scoopy memiliki headlight yang bisa dibilang sedikit aneh dengan berpadunya lampu utama dengan sein di bagian samping. Sementara pada bagian headlight Honda Scoopy sudah menggunakan teknologi LED projector yang membuat pencahayaan pada malam hari lebih terang.

Sedangkan pada pesaingnya yakni Yamaha Fino 125 terkesan lebih elegan karena memiliki bodi yang lebih bulat. Kesan retro pun terlihat pada bagian spion yang berbentuk bulat. Bodi Yamaha Fino didesain ramping dengan adanya kesan elegan. Pada bagian depan terlihat headlamp yang menggunakan teknologi LED dengan desain Diamond Cut Lens yang memberikan kesan mewah seperti kilauan berlian. Pada bagian lampu samping memiliki bentuk daun dengan lampu sein yang vertikal dan membentuk menyempit. Untuk bagian stoplamp dibuat dengan warna merah delima yang menambah kesan retro pada motor ini.

 

  • Speedometer Honda Scoopy dan Yamaha Fino
BACA JUGA:  Perbandingan Kelebihan Honda Vario 125 Facelift Dan Yamaha Lexi

 

Jika berbicara tentang desain speedometer pada Honda Scoopy didesain dengan bentuk bulat yang memberikan kesan klasik dan berkelas. Pada speedometer Honda Scoopy ada beberapa indikator. Diantaranya indikator kecepatan, lampu, bensin, lampu sein dan indikator mesin PGM-FI. Panel –  panel tersebut akan memberikan kemudahan bagi pengendara dalam memberikan informasi tentang kendaraan sehingga akan memberikan kenyamanan dan aman.

Untuk Yamaha Fino 125 memiliki panel speedometer berbentuk bulat dengan warna cerah. Selain itu, indikator pada motor ini disusun serpih mungkin untuk memberikan informasi tentang kendaraan tersebut. Yamaha Fino 125 juga memiliki indikator Eco riding sama dengan yang ada di Honda Scoopy panel ini berguna untuk konsumsi bahan bakar lebih efisien. Sehingga speedometer Yamaha Fino 125 terkesan lebih atraktif dan lebih bergaya.

 

  • Dimensi Honda Scoopy dan Yamaha Fino

 

Jika melihat pada bagian dimensi nya kita akan mendapati Yamaha Fino lebih bongsor jika dibandingkan dengan Honda Scoopy. Yamaha Fino 125 sendiri memiliki dimensi dengan panjang 1.870 mm, lebar 700 mm, tinggi 1066 mm. Sedangkan untuk Honda Scoopy mempunyai ukuran dimensi panjang 1.856 mm, lebar 694 mm dan tinggi 1.060 mm. Pada bagian bahan bakar , Honda Scoopy memiliki teknologi eSP yang telah terbukti mampu menempuh 61,9 per liternya. Sedangkan Yamaha Fino memiliki teknologi Eco Indicator yang menyatakan bahwa Fino lebih irit 50% dari generasi sebelumnya.

 

  • Mesin Honda Scoopy dan Yamaha Fino
BACA JUGA:  Honda Keluarkan Motor Listrik, Yamaha Tak Mau Salah Langkah

 

Pada bagian mesin Honda Scoopy menggunakan tipe mesin 4-langkah, SOHC dengan berpendingin udara, eSP, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 8,7 PS pada 7.500 rpm dengan torsi maksimum sebesar 9,1 Nm pada 6.000 rpm. Pada sistem pembakaran menggunakan sistem PGM-FI dan juga motor ini dilengkapi dengan teknologi eSP yang membuat lebih bertenaga, hemat, dan juga ramah lingkungan tentunya. Tidak hanya itu, pada pengujian EURO 3 bisa dikatakan Honda Scoopy adalah salah satu motor matic paling irit di Indonesia.

Yamaha Fino 125 diklaim mampu mengalahkan Honda Scoopy. Yamaha Fino memiliki mesin 4-langkah, SOHC berpendingin udara blue core, dengan mesin seperti itu dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 9.52 PS pada putaran 8.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 9,6 Nm pada putaran 5.500 rpm. Yamaha Fino sendiri dibekali dengan teknologi blue core yang dapat menghemat bahan bakar. Selain itu clue core pun dapat menghasilkan tenaga yang maksimal.

 

  • Suspensi Honda Scoopy dan Yamaha Fino

 

Pindah ke bagian suspensi, Honda Scoopy memiliki velg dengan ukuran 12 inchi dengan ban depan berukuran 100/90 – 12 59J dan untuk bagian belakang berukuran 110/90 – 12 64J. Lalu untuk bagian pengereman, Honda Scoopy memakai rem depan cakram hidrolik dengan piston tunggal dan bagian rem belakang menggunak rem tromol. Setelah itu, adanya suspensi depan menggunakan teleskopik dan suspensi bagian belakang menggunakan lengan ayun dengan peredam kejut tunggal. Sedangkan untuk Yamaha Fino 125 menggunakan suspensi jenis teleskopik pada bagian depan dan suspensi belakang dengan sistem lengan ayun. Untuk bagian kaki – kaki Yamaha Fino 125 masih menggunakan ban depan dengan ukuran 70/90 – 14M/C 34P dan ban belakang dengan ukuran 80/90 – 14M/C 46P.

Itulah beberapa perbandingan dari Honda Scoopy dan Yamaha Fino 125 ini bisa jadi bahan untuk para calon konsumen yang masih bingung untuk memilih motor matic retro mana yang akan dipilih.

 

BACA JUGA:  Seperti Apa Perbandingan Mesin Honda CBR150R dan Yamaha R15

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here