6 Tips dalam Menjalankan Pola Makan Clean Eating

0
318
Clean Eating Cuisine Delicious 1152237
Clean Eating Cuisine Delicious 1152237

SPESIAL.NET – 6 Tips dalam Menjalankan Pola Makan Clean Eating. Anda mungkin pernah mendengar tentang pola makan clean eating, tetapi mungkin belum terlalu paham bagaimana cara menjalankannya. Clean eating adalah gaya hidup yang meminimalisir atau sama sekali menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet, perasa buatan dan diproses pabrik. Pola makan ini menekankan pada penggunaan bahan-bahan segar, alami, dan masih dalam bentuk aslinya (whole food) untuk diolah sendiri menjadi masakan di rumah.

Seperti metode diet lainnya, clean eating dirancang dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Diet clean eating pertama kali muncul ketika tahun 1960, namun mulai diperkenalkan secara luas pada tahun 2007 oleh Tosca Reno yang mengeluarkan buku berjudul ”Eat Clean Diet”. Pada dasarnya clean eating bukanlah suatu diet, namun lebih ke cara hidup dan pemilihan makanan untuk dikonsumsi. Clean eating disebut-sebut mampu menurunkan berat badan, meningkatkan penggunaan dan metabolisme energi, meningkatkan kualitas tidur, membuat kulit dan rambut lebih sehat, serta meningkatkan kesehatan mental.

Clean eating juga mengacu pada gaya hidup secara keseluruhan dalam sehari-hari. Pola makan ini menyarankan untuk makan enam kali sehari dalam porsi kecil, olahraga 5-7 kali seminggu, minum air cukup air putih dan tahu benar bahan-bahan yang Anda masukkan ke dalam tubuh. Minuman bersoda, alkohol, gorengan, gula pasir, margarin/mentega sudah jelas tidak masuk dalam kategori ini.

BACA JUGA:  Spirulina, Makanan Super yang Kaya Nutrisi dan Baik Untuk Kesehatan

Jika Anda berencana untuk mulai melakukan clean eating, berikut adalah beberapa tips untuk Anda.

  1. Perbanyak sayur dan buah dalam menu makan sehari-hari

Kebanyakan dari kita kekurangan nutrisi dari sayur dan buah utuh. Padahal, mengonsumsi sayur dan buah utuh dapat secara signifikan membantu Anda untuk mengurangi risiko penyakit berbahaya, seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung, obesitas, dan kanker.

  1. Ganti sumber karbohidrat menjadi gandum utuh

Mengganti sumber karbohidrat menjadi gandum utuh bisa dibilang susah-susah gampang. Jangan mudah terperdaya pada suatu produk yang mengklaim terbuat dari biji-bijian. Anda harus teliti memeriksa kandungan dalam produk tersebut. Pilihan makanan yang terbuat dari gandum utuh di antaranya oatmeal, roti gandum, dan nasi merah.

  1. Kurangi mengonsumsi daging

Mengurangi konsumsi daging dapat memberikan manfaat bagi kesehatan Anda. Mengurangi konsumsi daging dapat membantu mengurangi tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan membantu berat badan agar tetap terkendali. Tidak perlu khawatir akan kekurangan protein untuk tubuh. Anda tetap bisa mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh dari telur, susu, kacang-kacangan, dan sumber protein nabati lainnya.

  1. Mengurangi konsumsi makanan kemasan

Bahan pengawet biasanya dicampurkan ke dalam suatu makanan kemasan agar bisa bertahan lama. Jika Anda tidak teliti, Anda pun akan menemukan bahan-bahan lain yang dapat membahayakan kesehatan, seperti gula dan natrium. Batas natrium yang boleh dikonsumsi dalam satu hari adalah 2300 mg natrium, sedangkan pada makanan olahan atau kemasan kandungan natriumnya bisa melebihi batas yang telah ditentukan. Tugas Anda untuk mencari tahu informasi tentang makanan yang akan diberikan pada tubuh. Sebaiknya, jika makanan tersebut memiliki lebih dari satu zat adiktif, maka jangan dikonsumsi.

  1. Mengatur porsi dan jam makan
BACA JUGA:  Kayu Manis dan Stevia: Alternatif Pengganti Gula yang Baik Untuk Diet

Porsi yang dianjurkan dalam melakukan clean eating yaitu membagi waktu dan porsi makan sebanyak 6 kali porsi kecil dalam satu hari. Mengonsumsi makanan porsi kecil namun sering akan menghindarkan Anda dari rasa lapar, karena proses mencerna makanan terus dilakukan oleh tubuh.

  1. Minum air mineral yang cukup

Dalam sehari, dianjurkan untuk minum air mineral sebanyak 2 hingga 3 liter atau setara dengan 13 sampai 8 gelas per hari. Selain membuat tubuh terhidrasi dengan baik, mengonsumsi air minum dan menghindari minuman yang berkalori membuat Anda lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Selain baik untuk kesehatan, menerapkan pola hidup clean eating juga baik untuk lingkungan, karena Anda secara tegas menolak untuk menggunakan produk yang menggunakan bahan pengawet, pestisida, dan sebagainya yang dapat mencemari lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here