Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Berhenti Mengonsumsi Gula

0
289
Berry Close Up Cooking 141815
Berry Close Up Cooking 141815

SPESIAL.NET – Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Berhenti Mengonsumsi Gula. Bukan rahasia lagi bahwa kelebihan gula tidak baik untuk tubuh juga pikiran Anda. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis membuat Anda berisiko untuk mengalami penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, kerusakan gigi, dan obesitas. Mengurangi jumlah gula yang dikonsumsi mungkin terdengar mengerikan karena hal itu akan berpengaruh ke rasa makanan yang Anda makan. Namun, ternyata jika Anda berhenti makan gula, Anda akan mendapatkan hasil positif yang sepadan. Inilah beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh Anda jika Anda berhenti mengonsumsi gula.

  1. Tubuh Anda akan beradaptasi pada awalnya

Anda memakan makanan manis karena rasanya yang enak. Ketika memakannya, Anda akan merasa bahagia dan ketagihan untuk mengonsumsinya terus menerus. Memakan makanan manis yang mengandung banyak gula juga dapat memberikan aliran energi yang besar ke dalam tubuh, namun sayangnya sifatnya hanyalah sementara.

Ketika Anda berhenti mengonsumsi gula, otak akan terus mendesak untuk beberapa saat. Menolak keinginan tersebut bisa menjadi tidak nyaman dan dapat menyebabkan depresi. Beberapa orang juga mengalami kelelahan, lekas marah, sakit kepala, kram, atau kembung. Tapi tidak perlu khawatir karena hal ini merupakan bentuk adaptasi tubuh. Gejala tersebut akan hilang dalam beberapa hari.

  1. Kualitas tidur menjadi lebih baik

Mengonsumsi makanan manis setelah makanan malam dapat berdampak buruk pada kualitas tidur Anda. Faktanya, semakin banyak gula yang Anda konsumsi di siang hari, semakin sering Anda terbangun di malam hari. Sebagian besar orang dewasa membutuhkan tidur delapan jam agar dapat bangun dalam keadaan segar bugar. Anda akan segera melihat efek dari menghentikan konsumsi gula, yaitu kualitas tidur Anda jadi lebih baik dan suasana hati yang stabil sepanjang hari.

  1. Menurunkan berat badan
BACA JUGA:  Konsumsi Yogurt Setiap Hari untuk Penurunan Berat Badan yang Konsisten

Gula adalah produk sarat kalori yang merupakan faktor utama pemicu kenaikan berat badan Anda. Ketika Anda mengurangi gula, konsumsi kalori Anda secara alami akan turun, begitu juga keinginan untuk makan lebih banyak. Kebanyakan orang yang bisa bertahan dengan diet rendah gula selama sebulan akan menemukan bahwa berat badan mereka telah turun 2 hingga 3 kilogram.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Ketika Anda makan terlalu banyak gula setiap hari, kadar gula darah dalam tubuh Anda akan naik. Hal ini juga dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Gula darah yang tinggi juga menyebabkan hati membuang sel-sel lemak ke dalam aliran darah, yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pada pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

  1. Kulit menjadi lebih bersih

Jika Anda mengalami masalah kulit seperti mudah berjerawat, timbul noda hitam, atau keriput, mungkin hal itu disebabkan karena konsumsi gula yang berlebih. Kadar insulin dalam makanan manis dapat meningkatkan produksi minyak yang dapat menyumbat folikel dan menimbulkan jerawat. Selain itu, mengonsumsi gula juga dapat menyebabkan kolagen dalam kulit mengalami glikasi, yang mengakibatkan kulit menjadi kendur dan keriput. Menghentikan konsumsi gula dapat membuat kulit Anda bersih.

  1. Menurunkan risiko penyakit diabetes

Kadar gula yang tinggi menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak insulin dan mengakibatkan resistensi insulin. Hati dan pankreas akan bekerja lebih keras, dan jika terus dibiarkan akan menyebabkan penyakit diabetes.

  1. Meningkatkan kemampuan mengingat
BACA JUGA:  Menurunkan Berat Badan dengan Diet Pegan, Gabungan Paleo Dan Vegan

Mengonsumsi makanan manis dapat menyebabkan perubahan cepat dalam gula darah dari tinggi ke rendah. Kondisi tersebut berarti bahwa neuron di otak Anda tidak menerima energi yang mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik. Anda mungkin akan sulit mengingat sesuatu, lambat dalam memproses informasi, dan sering merasa bingung. Ketika Anda makan makanan seimbang yang mengandung rasio karbohidrat dan protein yang tepat, gula darah Anda tetap stabil di antara waktu makan dan otak Anda dapat bekerja lebih baik.

Jika menghentikan sama sekali konsumsi gula terasa sulit, Anda dapat memulai dari mengurangi kadar gula yang dikonsumsi atau menggantinya dengan gula rendah kalori.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here