Tips Makan di Malam Hari Untuk Menurunkan Berat Badan

0
266
Cook Cooking Cuisine 33242
Cook Cooking Cuisine 33242

SPESIAL.NET – Tips Makan di Malam Hari Untuk Menurunkan Berat Badan. Pernah bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk menurunkan berat badan? Ada beberapa pendapat mengenai hal ini. Ada yang mengatakan pagi hari adalah waktu terbaik untuk meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak. Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa sore hari mungkin merupakan waktu yang ideal untuk menurunkan berat badan Anda.

Namun, satu hal yang pasti diyakini oleh semua adalah kenyataan bahwa makan di malam hari bukanlah ide yang baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Kebiasaan makan di malam hari membuat Anda cenderung makan berlebihan. Selain itu, proses metabolisme tubuh kita pun bekerja lambat di malam hari. Akan butuh waktu lama untuk mencerna apapun yang kita makan. Proses pencernaan yang lambat ini terkait dengan penambahan berat badan. Kalori ekstra yang tidak dimetabolisme tubuh juga akan disimpan sebagai lemak. Makan camilan di malam hari juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda dan dapat menyebabkan gangguan tidur. Ketika mengalami susah tidur, makanan sering menjadi pelarian untuk menghabiskan waktu malamnya, sehingga porsi makan Anda menjadi tidak terkendali dan akhirnya kalori yang masuk terlalu banyak. Inilah beberapa tips untuk diet di malam hari yang dapat menurunkan berat badan Anda.

  1. Persiapkan menu makan malam Anda dari jauh hari
BACA JUGA:  Anda Ingin Selalu Sehat? Perhatikan Tips Kesehatan Gigi Ini!

Mempersiapkan menu makan malam dari jauh hari dapat membuat Anda lebih selektif dalam memilih dan memilah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Menentukan menu makan malam secara mendadak dapat membuat Anda memilih apapun yang berada di depan mata tanpa mempertimbangkan kalori yang dimilikinya. Menentukan menu makan malam dari jauh hari dapat menjauhkan Anda dari mengonsumsi makanan olahan yang dampaknya dapat membuat berat badan Anda bertambah.

  1. Mengurangi asupan garam

Disarankan untuk membatasi asupan garam Anda di malam hari. Kadar sodium yang tinggi dapat menyebabkan retensi air yang lebih tinggi. Saat mengonsumsi makanan asin, Anda akan mudah haus dan membuat banyak minum. Makan garam tidak akan langsung meningkatkan lemak tubuh, namun dapat meningkatkan retensi air atau menahan air di dalam tubuh, yang tentu saja akan meningkatkan berat badan Anda. Anda dapat memasukkan garam ke dalam makanan Anda sepanjang hari, tetapi disarankan untuk menguranginya setelah jam 7 malam.

  1. Makan malam lebih cepat

Ahli gizi klinis Dr. Rupali Dutta mengatakan makan malam lebih awal baik untuk pencernaan, dan apa pun yang baik untuk pencernaan dapat membantu menurunkan berat badan. Bila seseorang makan di malam hari, maka ia pun cenderung mengonsumsi makanan tinggi kalori dan rendah nutrisi, yang tentu saja dapat membuat orang tersebut makan secara berlebihan.

  1. Kontrol porsi makan Anda
BACA JUGA:  Kayu Manis dan Stevia: Alternatif Pengganti Gula yang Baik Untuk Diet

Jika Anda melakukan diet untuk menurunkan berat badan, penting bagi Anda untuk memeriksa dan menjaga porsi makan Anda. Anda bisa makan dengan menggunakan piring kecil untuk mencegah bertambahnya porsi makan Anda. Selain itu, perbanyak juga porsi sayuran dan kurangi jumlah karbohidrat dalam piring Anda.

  1. Pilih sup bening ketimbang sup krim

Sup bening merupakan makanan yang ideal untuk menurunkan berat badan, karena relatif rendah kalori. Anda dapat memasukkan wortel, buncis, atau jamur ke dalam sup Anda. Anda juga bisa mengonsumsi salad yang dicampur dengan minyak zaitun sebagai alternatif makan malam Anda.

Itulah beberapa tips yang perlu Anda lakukan di malam hari untuk menjaga agar berat badan Anda tetap ideal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here