8 Tips Makan Sehat untuk Mahasiswa yang Super Sibuk

0
222
Adolescent Attractive Backpack 1462630
Adolescent Attractive Backpack 1462630

SPESIAL.NET – 8 Tips Makan Sehat untuk Mahasiswa yang Super Sibuk. Dengan padatnya aktivitas kuliah, mahasiswa terkadang sering merasa kekurangan waktu dan sering merasa stres. Tugas dan penelitian dari kampus membutuhkan mobilitas yang tinggi. Anda mungkin kesulitan menghindari kebiasaan buruk, seperti melewatkan makan atau sering mengunjungi restoran cepat saji. Padahal, makan makanan yang sehat dapat membantu Anda merasa lebih baik, mengatasi stres, dan menjadi lebih fokus di kelas. Tidak sulit sebenarnya untuk memulai pola hidup sehat bagi mahasiswa yang sibuk. Inilah beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar tetap berenergi walaupun banyak melakukan aktivitas seharian.

  1. Makan sarapan yang enak

Studi menunjukkan bahwa melewatkan sarapan dapat mengurangi prestasi akademis. Ketika tidak ada waktu untuk duduk bersantai menikmati sarapan, Anda dapat mengambil sepotong roti tawar, buah, dan jus. Anda dapat menyimpan makanan tersebut di dalam kulkas untuk persediaan selama satu pekan. Selain makanan tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi oatmeal atau salad.

  1. Jika Anda harus makan makanan cepat saji, pilihlah dengan bijak

Jika Anda terpaksa harus makan makanan cepat saji, pilih menu makan Anda dengan bijak. Kurangi tambahan keju dan daging dalam pizza Anda. Tambahkan salad buah dan sayur dengan minyak zaitun ke dalam menu Anda. Hindari juga memesan menu yang tinggi lemak seperti kentang atau ayam goreng.

  1. Sediakan selalu camilan sehat di tas Anda
BACA JUGA:  Menurunkan Berat Badan dengan Diet Pegan, Gabungan Paleo Dan Vegan

Dengan cara ini, jika rasa lapar menyerang saat sesi istirahat kuliah, Anda tidak akan tergoda untuk membeli coklat, permen, keripik, atau es krim. Anda dapat menyediakan camilan seperti buah segar, roti, kue beras, atau kerupuk gandum.

  1. Makan makanan yang kaya kalsium

Orang-orang di usia awal dua puluhan perlu menyimpan cadangan kalsium dalam tubuh mereka untuk mencegah osteoporosis di kemudian hari. Jika Anda tidak suka susu, cobalah untuk mengonsumsi yoghurt rendah lemak, keju rendah lemak, dan sayuran berdaun hijau dalam diet Anda.

  1. Lakukan diet dengan bijaksana

Diet yang menawarkan penurunan berat badan secara cepat biasanya dapat berbahaya bagi tubuh di kemudian hari. Satu-satunya cara yang aman untuk menurunkan berat badan adalah makan makanan yang seimbang dan berolahraga.

  1. Batasi asupan gula

Gula dapat memberi kalori pada tubuh, namun sayangnya tidak dapat memberikan nutrisi penting lainnya. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi gula dapat membuat berat badan Anda naik. Jika Anda ingin mengonsumsi teh atau kopi, pertimbangkan untuk menggunakan gula rendah kalori.

  1. Perbanyak konsumsi sayuran segar

Bijaklah dalam mengonsumsi sayuran. Jika Anda mengonsumsi salad dengan tambahan mayones, potongan daging, dan keju, kalorinya mungkin akan sama atau bahkan melebihi burger dan kentang goreng. Sebaiknya, konsumsi sayuran dan buah segar tanpa tambahan apapun.

  1. Minum banyak air
BACA JUGA:  Waspadai 6 Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Mengkhawatirkan

Tubuh Anda membutuhkan setidaknya delapan gelas air mineral dalam satu hari. Jika Anda melakukan aktivitas fisik yang membuat Anda berkeringat seperti olahraga, Anda akan membutuhkan air lebih banyak dari biasanya. Untuk mengingatkan diri sendiri untuk selalu minum, bawalah botol berisi air mineral ke dalam kelas.

Sebagai mahasiswa yang memiliki banyak tugas dan penelitian yang harus dikerjakan, Anda butuh nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan energi sehari-hari. Kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dapat membuat Anda lemas dan tidak fokus saat belajar di kelas. Lakukan tips-tips di atas agar Anda selalu memiliki energi sekalipun jadwal Anda sehari-hari sangat padat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here