5 Alasan Diet yang Anda Jalani Gagal

0
254
Blue Concept Conceptual 53416
Blue Concept Conceptual 53416

SPESIAL.NET – 5 Alasan Diet yang Anda Jalani Gagal. Siapa yang tidak mau memiliki bentuk tubuh yang ideal? Mungkin Anda pun termasuk salah satu orang yang mengidam-idamkannya. Tidak sedikit orang yang mencoba melakukan berbagai jenis diet untuk dapat mengecilkan pinggul, lengan, betis, serta membuat perut rata. Namun, kenyataan yang didapat biasanya tidak sesuai dengan harapan. Kenyataannya berat badan Anda terus mengalami peningkatan.

Mungkin Anda telah mencoba berbagai jenis diet, mulai dari diet ketogenik, diet paleo, diet OCD, atau diet mayo. Namun, dari sekian banyak diet yang Anda coba, tak ada yang membuat berat badan menjadi ideal atau turun sekali pun.

Menjalani diet yang tidak tepat bisa menimbulkan efek yoyo, yaitu efek yang ditandai dengan lonjakan berat badan akibat menerapkan diet yang tidak benar. Sebenarnya, hal ini bisa terjadi karena Anda tidak konsisten dengan metode diet yang Anda lakukan.

Berikut adalah lima alasan mengapa kebanyakan diet yang Anda lakukan tidak membuahkan hasil yang baik.

  1. Anda tidak mendapatkan cukup ilmu diet

Seringkali Anda tidak mencari ilmu yang cukup sebelum memutuskan untuk melakukan diet. Akibatnya, Anda menjadi semakin lapar saat sedang menjalani diet karena tubuh kekurangan nutrisi. Makan makanan tertentu yang rendah lemak, makanan manis, atau yang mengandung karbohidrat tinggi sebenarnya dapat meningkatkan rasa lapar dan memperlambat metabolisme tubuh.

  1. Terlalu sering mengganti jenis diet
BACA JUGA:  7 Perubahan Kecil dengan Manfaat Besar Untuk Kesehatan

Bila Anda terlalu sering mengganti jenis diet, misalnya satu diet untuk satu minggu, maka hal ini hanya akan membuat organ pencernaan Anda bekerja lebih lambat. Misalnya Anda minggu ini menerapkan diet yang mengharuskan konsumsi 2.000 kalori dalam satu hari. Kemudian, minggu depannya kalori yang Anda makan hanya 1.200 kalori saja.

Nah, hal ini akan membuat energi yang masuk tidak konsisten dan tidak sesuai dengan kebutuhan Anda yang sebenarnya. Kondisi ini akhirnya akan membuat proses pencernaan melambat dan akhirnya membuat berat badan naik.

  1. Kurang tidur

Tidur memainkan peran penting dalam kesehatan fisik dan mental Anda. Tidur juga membantu menjaga keseimbangan hormon yang membuat Anda merasa lapar (ghrelin) atau kenyang (leptin). Ketika Anda tidak cukup tidur, tingkat ghrelin Anda naik dan tingkat leptin Anda turun; ini membuat Anda merasa lebih lapar daripada saat Anda cukup istirahat. Kekurangan tidur dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, obesitas, serta depresi dan masalah kesehatan mental lainnya. Sebuah studi menemukan bahwa dengan setiap jam tidur yang hilang, kemungkinan berat badan Anda bertambah pun menjadi naik.

  1. Terlalu banyak kalori terbakar

Tubuh Anda membutuhkan energi untuk berfungsi dengan baik. Diet yang sehat memberi tubuh nutrisi penting, yaitu cairan yang cukup, asam amino esensial yang cukup dari protein, asam lemak esensial, vitamin, mineral, dan kalori yang cukup. Jika Anda mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan, Anda mungkin akan merasa bahwa diet yang Anda lakukan membuat lelah. Hal ini justru membuat Anda malas untuk berolahraga dan hal itu dapat membuat diet yang Anda lakukan gagal.

  1. Pengaturan makanan yang buruk
BACA JUGA:  5 Tips Menjaga Berat Badan Ketika Sedang Berlibur

Mengatur waktu makan bisa dibilang sama pentingnya dengan mengatur menu makanan sehari-hari. Jadwal makan yang teratur bisa memberikan efek negatif pada tubuh, seperti meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan hipertensi. Cobalah untuk mengatur jadwal makan Anda, dimulai dari sarapan setiap hari dalam waktu satu jam setelah bangun tidur, kemudian makan camilan sehat setiap tiga hingga empat jam. Anda membutuhkan aliran glukosa yang stabil sepanjang hari untuk mempertahankan energi dan mencegah melambatnya metabolisme tubuh. Dan yang terakhir, hindari makan malam di atas pukul 6 petang.

Ketika Anda ingin menurunkan berat badan, ada baiknya Anda melakukan diet secara konstan untuk menghindari kegagalan. Jangan terus menerus mengganti metode diet karena hal tersebut justru bisa berbahaya bagi kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here