Tak Hanya Baik Untuk Kesehatan Mata, Wortel Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan

0
82
Basket Carrots Close Up 37641
Basket Carrots Close Up 37641

SPESIAL.NET – Tak Hanya Baik Untuk Kesehatan Mata, Wortel Ternyata Bisa Menurunkan Berat Badan. Wortel memiliki berbagai macam warna, seperti ungu, oranye, kuning, merah, putih, dan juga hitam. Namun, di Indonesia wortel oranye lebih mudah untuk didapatkan di pasar. Selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga ternyata bisa menurunkan berat badan. Wortel memilliki kalori yang rendah dan merupakan sumber vitamin dan serat. Beberapa diet memasukkan wortel sebagai sumber makanan utama, dan mungkin menjanjikan penurunan berat badan yang cepat dan manfaat kesehatan lainnya.

Cara Melakukan Diet Wortel

Diet wortel mengharuskan Anda untuk makan wortel utuh sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam. Wortel yang kaya serat akan membantu Anda merasa kenyang lebih cepat, sehingga akan makan lebih sedikit. Mengonsumsi tiga wortel per hari tidak terlalu berlebihan, tetapi jika Anda melihat semburat warna oranye pada telapak tangan atau area kulit lainnya, kurangi jumlah wortel yang Anda konsumsi setiap hari.

Selain dengan makan wortel utuh sebelum makan, Anda juga bisa mengikuti variasi lain dengan minum segelas jus wortel setiap dua hingga tiga jam. Selain untuk menurunkan berat badan, rutin meminum jus wortel juga dapat membersihkan racun dari tubuh. Diet jus wortel ini dapat berlangsung mulai dari tiga hingga tujuh hari. Para ahli mengingatkan bahwa diet detoksifikasi semacam ini tidak harus berlangsung selama lebih dari tujuh hari karena tubuh dapat menderita efek samping kekurangan nutrisi yang ada dalam makanan lain.

BACA JUGA:  Trik Ampuh Cara Mencegah Bau Mulut dengan Cepat

Dengan demikian, diet satu wortel rasanya lebih mudah dijalani ketimbang jenis diet wortel lainnya. Banyak manfaat yang didapat dengan melakukan diet satu wortel sebelum makan. Yang paling jelas, Anda dapat memperoleh banyak gizi dari wortel yang dikonsumsi.

Kandungan Serat dalam Wortel

Wortel, seperti semua sayuran, kaya akan kandungan serat. Sekitar 55% kandungan serat dalam wortel larut dalam air. Menurut  pakar gizi klinik, dokter Samuel Oetoro, ketika mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat larut air, di lambung akan terjadi pembentukan gel karena adanya reaksi serat ini dengan air. Gel akan membuat lambung penuh dan mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh sudah kenyang. Maka, serat larut air sangat baik saat Anda sedang ada dalam program penurunan berat badan karena dapat membuat Anda tidak mudah lapar.

Camilan yang Tidak Membuat Anda Merasa Bersalah Ketika Mengonsumsinya

Jika Anda memperhatikan kalori yang masuk ke dalam tubuh, Anda akan senang mengetahui bahwa wortel dapat dinikmati dalam porsi besar tanpa harus khawatir akan merusak diet. Wortel memiliki kalori yang rendah dan hampir bebas lemak. Potong wortel sebesar ibu jari untuk dijadikan camilan sehari-hari. Anda hanya akan mendapatkan 30 kalori dari wortel besar yang beratnya 72 gram.

Kaya Vitamin B

Saat Anda sedang diet, Anda pasti ingin memastikan menu makanan yang dikonsumsi mengandung banyak vitamin B. Wortel mengandung beberapa vitamin B yang berbeda seperti B6, folat, riboflavin, niasin dan tiamin. Vitamin B bekerja sebagai satu tim, mengandalkan satu sama lain untuk mengubah karbohidrat, protein, dan lemak dalam makanan Anda menjadi energi.

BACA JUGA:  5 Tips Menemukan Metode Diet yang Tepat Bagi Anda

Memenuhi Kebutuhan Air dalam Tubuh

Perasaan kenyang yang Anda rasakan setelah makan segenggam wortel berasal dari kadar air yang tinggi. Kandungan air dalam wortel mengisi perut Anda dan meningkatkan rasa kenyang, namun tanpa memberi Anda kalori. Hampir 90 persen dari berat wortel berasal dari air. Anda akan mendapatkan sekitar 2 1/4 ons air hanya dengan menikmati satu wortel besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here