Cara Membuat Keripik Nangka Cemilan Manis yang Kaya Gizi

0
274
Cara Membuat Keripik Nangka
Cara Membuat Keripik Nangka

SPESIAL.NET – Ada banyak cara membuat keripik nangka yang bisa dilakukan, baik dengan bantuan mesin maupun secara manual. Olahan keripik buah merupakan alternative agar buah musiman ini bisa dinikmati sepanjang musim tanpa harus menunggu saat musim nangka tiba.

Nangka merupakan jenis buah yang sangat popular dengan daging buahnya yang berwarna kuning dan rasanya yang manis serta teksturnya yang lembut. Buah ini paling enak dimakan langsung ataupun dijadikan campuran es buah. Nangka mentah juga banyak diolah menjadi sayur nangka yang juga popular dan banyak disukai karena kelezatannya.

Buah nangka (artocarpus heterophyllus) termasuk jenis buah yang kaya nutrisi dan dikenal sebagai sumber energi alami untuk tubuh. Dalam setiap 100 gram buah nangka yang sudah matang, mengandung energi sebanyak 106 kkal, karbohidrat 27,6 gram, protein 1,2 gram, dan lemak sebesar 0,3 gram.

Cara Membuat Keripik Nangka
Cara Membuat Keripik Nangka

Selain itu juga terdapat banyak mineral penting, seperti fosfor sebanyak 19 mg, kalsium 20 mg, dan zat besi 1 mg. Buah nangka juga kaya dengan vitamin A sebesar 330 IU, vitamin C 7 mg, dan vitamin B1 sebesar 0,07 mg.

Buah ini juga mengandung thiamin, riboflavin, rendah kolesterol, serta memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Karena itulah buah baik untuk membersihkan usus, memperlancar pencernaan, dan aman dikonsumsi untuk menu diet. Yang menarik, nangka juga kaya dengan sejumllah fitonutrien, seperti isoflavon, lignans, dan saponin yang berfungsi sebagai anti aging dan anti kanker.

BACA JUGA:  Kreasi Keripik Singkong Aneka Rasa yang Renyah

Cara Membuat Keripik Nangka dengan Mesin dan Secara Manual

Membuat keripik buah, termasuk dari buah nangka, sangat disarankan menggunakan mesin penggorengan vacuum fryer. Selain efisien, hasilnya juga lebih mulus seperti buah nangka asli dan rasanya juga lebih kuat. Jika anda ingin menjalankannya sebagai peluang bisnis sangat disaraankan untuk membeli mesin vacuum yang tidak terlalu besar.

Sedangkan cara membuat keripik nangka secara manual merupakan alternatif jika anda tidak memiliki mesin vacuum fryer. Namun kelemahannya, bentuk keripiknya tidak semulus dan sebaik jika menggunakann mesin meskipun rasanya tetap manis dan krispi.

Bahan yang dipelrukan untuk membuat keripik nangka antara lain:

  • buah nangka matang dan segar 1 kg
  • gula pasir 150 gram
  • garam 75 gram
  • minyak goreng 2 liter
  • air kapur sirih secukupnya
  • air bersih 1,5 liter

Cara membuat keripik nangka adalah sebagai berikut:

1. Tahap umum

  • Bersihkan buah nangka dari bijinya dan belah menjadi 2 atau bagian dengan memotong dari ujungnya.
  • Setelah itu buah nangka direndam dalam air kapur sirih selama sekitar 5 jam. Setelah itu cuci bersih dan tiriskan.

2. Tahap Pembuatan keripik nangka dengan mesin:

  • Setelah bersih masukkan nangka ke dalam mesin vacum fryer yang telah diisi dengan banyak minyak dan api besar hingga matang dan kering. Angkat jika buih pada minyak goreng terlihat sedikit dan tiriskan.
  • Setelah itu masukkan dalam toples atau wadah tertutup untuk menjag akerenyahannyaa dan siap disajikan.
BACA JUGA:  5 Menu Olahan Roti Tawar yang Unik untuk Sarapan

3. Tahap pembuatan keripik nangka secara manual tanpa mesin:

  • Buat anda yang tidak memiliki mesin vacuum, anda bisa menggunakan wajan biasa untuk menggorengnya.
  • Gunakan banyak minyak goreng agar buah nangka terendam dan gunakan api besar saat menggoreng.
  • Setelah matang dan kering (buih di minyak goreng tinggal sedikit) lalu angkat dan tiriskan hingga kering.
  • Selanjutnya masukan dalam toples atau wadah tertutup dan siap dimakan.

Itulah informasi tentang cara membuat keripik nangka yang renyah dan kaya gizi, baik dengan mesin maupun dengan cara manual yang semoga bermanfaat untuk anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here