Kacang-kacangan, Camilan Lezat yang Kaya Manfaat dan Dapat Menurunkan Berat Badan

0
196
Almond Almonds Brazil Nut 1295572
Almond Almonds Brazil Nut 1295572

SPESIAL.NET – Kacang-kacangan, Camilan Lezat yang Kaya Manfaat dan Dapat Menurunkan Berat Badan. Kacang-kacangan dapat menjadi bagian dari diet sehat untuk mengurangi lemak perut asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai. Kacang kaya dengan nutrisi penting, seperti protein dan lemak tak jenuh tunggal atau yang biasa disebut lemak baik. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak baik dapat membantu memerangi lemak perut. Sebuah studi dalam “Diabetes Care” pada tahun 2002 menemukan bahwa para pelaku diet yang mengikuti diet tinggi protein dan tinggi lemak baik kehilangan lebih banyak lemak perut daripada mereka yang tidak mengikutinya. Setiap kelompok mengonsumsi 1.600 kalori per hari selama delapan minggu. Para pelaku diet yang mengikuti rencana tinggi protein dan lemak baik kehilangan 1,3 kilogram lemak perut.

Diet ini dilakukan dengan menggabungkan kacang-kacangan sebagai cara untuk mengurangi lemak perut dan menurunkan berat badan. Anda diharuskan untuk mengonsumsi satu porsi makanan tinggi lemak baik pada setiap waktu makan. Makanan yang mengandung lemak baik selain kacang-kacangan di antaranya adalah minyak zaitun, biji-bijian, cokelat hitam, kedelai, dan alpukat.

Jika Anda ingin mengonsumsi kacang-kacangan sebagai bagian dari rencana penurunan berat badan, konsumsilah kacang dalam porsi kecil. Mengonsumsi kacang yang tinggi kalori dan dalam porsi yang besar justru akan menambah berat badan alih-alih kehilangan lemak berlebih dalam tubuh. Porsi kacang-kacangan yang disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya adalah 30 gram. Kacang-kacangan juga bisa dikonsumsi sebagai makanan ringan di antara waktu makan untuk mencegah rasa lapar. Jangan lupa untuk mencatat jumlah kalori untuk semua makanan yang Anda makan sepanjang hari. Pastikan Anda tidak mengemil terlalu banyak. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda bisa memasukkan camilan yang telah diukur porsinya ke dalam wadah khusus. Setiap kacang-kacangan memiliki nutrisi dan manfaat yang berbeda untuk tubuh, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kacang almond
BACA JUGA:  Tips Menurunkan 1 Kilogram Berat Badan dalam Waktu Seminggu

Jika Anda menghindari susu, almond yang kaya kalsium adalah pilihan yang baik untuk memastikan Anda mendapatkan cukup mineral pembentuk tulang ini. Kacang almond juga kaya akan vitamin E, nutrisi yang membantu memperbaiki kondisi dan penampilan kulit Anda. Kulit kacang almond juga mengandung flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung.

  1. Kacang mete

Kacang mete merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi jika Anda sedang menjalankan pola makan vegetarian karena kaya akan minerat yang bermanfaat seperti zat besi dan zinc. Selain itu kandungan magnesium dalam kacang mete juga dapat meningkatkan daya ingat. Kacang mete juga membantu menurunkan LDL dan meningkatkan daya dukung HDL. LDL (Low Desity Lipoprotein) berfungsi sebagai pengantar kolesterol sedangkan HDL (High Desity Lipoprotein) berfungsi sebagai pembersih dalam saluran pembuluh darah arteri.

  1. Chestnut (Kastanye)

Semua kacang mengandung lemak, tetapi kastanye terbilang memiliki kandungan lemak rendah. Ia banyak mengandung serat, betakaroten, folat dan vitamin C. Jantung makin sehat dengan konsumsi kastanye sebab ia kaya akan asam palmitic dan asam oleic.

  1. Hazelnut

Kulit dan rambut sehat bisa didapat dengan konsumsi hazelnut. Salah satu varian kacang ini juga diperkaya dengan tembaga yang dapat membantu memompa produksi sel darah merah. Kesehatan jantung pun dapat terjaga karena hazelnut mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

  1. Pistacio
BACA JUGA:  Roti Gandum, Pilihan Makanan Sehat Untuk Diet Anda

Kacang pistacio adalah kacang yang banyak tumbuh di daerah kering di Iran, Turkmenistan dan Azerbaijan barat. Warnanya yang hijau cerah kerap digunakan sebagai penghias makanan. Di balik warna hijau ini, pistacio menyimpan manfaat kesehatan karena kaya akan antioksidan. Selain itu, pistacio juga baik untuk sistem imun tubuh, memberikan nutrisi untuk jantung lewat kandungan betakaroten dan asam oleanolic, serta kaya akan mineral seperti potasium, kalsium, zinc dan zat besi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here