Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berenang

0
64
Action Athlete Blue 863988
Action Athlete Blue 863988

SPESIAL.NET – Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berenang. Metode terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur pola makan dan berolahraga secara rutin. Sebagian orang mungkin bingung memutuskan olahraga apa yang cocok untuk menurunkan berat badan. Salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan adalah olahraga renang. Berenang tidak hanya bisa membakar lemak tetapi juga membantu penurunan berat badan, membuat Anda lebih kuat, lebih bugar, dan lebih sehat. Berenang juga dapat meningkatkan metabolisme dan membakar kalori dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Indiana membandingkan orang yang suka berenang dan tidak, dan menemukan bahwa orang yang suka berenang dari segala usia memiliki pinggang yang lebih ramping dan ototnya pun lebih terbentuk dibandingkan orang yang tidak suka berenang. Para ahli juga merekomendasikan bahwa orang dewasa harus beraktivitas setidaknya 150 menit aktivitas sedang atau 75 menit aktivitas berat setiap minggunya. Berenang adalah cara terbaik untuk membuat seluruh tubuh dan sistem kardiovaskular Anda bekerja. Satu jam berenang membakar kalori hampir sama dengan berlari, tapi tanpa semua dampak pada tulang dan persendian Anda.

Apakah Berenang Bisa Menurunkan Berat Badan?

Saat sedang melakukan olahraga renang, seluruh anggota tubuh Anda akan bergerak. Sehingga, tubuh akan membakar banyak kalori untuk menghasilkan energi bagi Anda. Anda dapat membakar 500 kalori saat berenang selama satu jam.  Selain itu, olahraga renang juga dapat meningkatkan massa otot dan menghilangkan lemak perut. Jadi, saat berenang, Anda tidak hanya membakar kalori tetapi juga membangun otot tanpa lemak. Otot-otot tanpa lemak ini dapat meningkatkan metabolisme Anda yang pada akhirnya membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

BACA JUGA:  Bawang Putih dan Madu, Home Remedies Untuk Menurunkan Berat Badan

Makan dan Berolahraga

Setelah melakukan olahraga, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah mengatur pola makan. Orang yang telah melakukan olahraga biasanya akan merasa lapar. Jika tidak dikontrol dengan baik, Anda bisa saja makan lebih banyak dari porsi biasa. Anda harus membuat rencana diet yang matang agar olahraga yang dilakukan tidak sia-sia. Rencana diet Anda akan gagal jika makan terlalu banyak setelah berenang. Makanan yang Anda makan setelah berenang tidak boleh menghasilkan lebih banyak kalori daripada yang dibakar. Untuk mengimbanginya, Anda bisa sambil menjalankan pola makan vegetarian, diet ketogenic, dan sebagainya.

Manfaat Berenang

Selain untuk menurunkan berat badan dan membangun massa otot tubuh, berenang juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan, di antaranya:

  1. Selain membentuk massa otot, berenang juga dapat melatih sistem kardiovaskular Anda. Berenang membuat jantung dan paru-paru Anda kuat. Beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa berenang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah.
  2. Berenang dapat membantu mengurangi rasa sakit Anda atau meningkatkan pemulihan Anda dari cedera. Satu studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan osteoarthritis melaporkan pengurangan yang signifikan pada nyeri dan kekakuan persendian setelah melakukan aktivitas renang.
  3. Berenang menjadi kegiatan yang bagus untuk penderita asma. Latihan pernapasan yang terkait dengan olahraga renang, seperti menahan napas, dapat membantu Anda memperluas kapasitas paru-paru.
  4. Berenang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Dalam sebuah studi pada orang dewasa yang menderita insomnia, mereka melaporkan peningkatan kualitas tidur menjadi lebih baik setelah melakukan latihan aerobik yang teratur.
  5. Para peneliti mengevaluasi sekelompok kecil penderita demensia, dan melihat peningkatan suasana hati setelah berpartisipasi dalam program akuatik selama 12 minggu.
  6. Berenang adalah salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi stres dengan cepat. Peneliti menemukan bahwa dari 44 orang yang mengalami depresi, 36 orang di antaranya merasa stres mereka hilang setelah melakukan olahraga renang.
  7. Berenang juga bisa menjadi pilihan olahraga yang baik untuk anak-anak. Anak-anak setidaknya membutuhkan minimal 60 menit latihan aerobik setiap harinya. Selain bermanfaat untuk kesehatan, berenang juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan karena anak-anak dapat melakukannya sambil bermain.
BACA JUGA:  10 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Mengikuti Pola Makan Vegetarian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here