Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan

0
220
Active Activity Adult 1308746
Active Activity Adult 1308746

SPESIAL.NET – Rutin Melakukan Yoga Setiap Hari Efektif Untuk Menurunkan Berat Badan. Yoga merupakan olahraga yang kini sedang populer di kalangan masyarakat. Latihan yoga dapat mendukung perkembangan fisik, mental, dan spiritual yang memungkinkan Anda menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Latihan yoga secara rutin dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, ketahanan tubuh dan fleksibilitas, serta melatih agar tubuh lebih peka terhadap rasa lapar dan kenyang. Yoga juga disebut-sebut bisa menjadi alat yang efektif untuk membantu menurunkan berat badan, terutama bentuk yoga yang lebih aktif. Berikut ini beberapa manfaat dari melakukan gerakan yoga yang terkait dengan penurunan berat badan.

1. Melatih Kesadaran Diri

Latihan yoga melatih mental dan spiritual Anda untuk lebih meningkatkan kesadaran diri. Yoga dapat membuat Anda lebih sadar tentang bagaimana makanan yang berbeda mempengaruhi pikiran, tubuh, dan jiwa. Sebuah studi di tahun 2016 menyebutkan bahwa orang yang kesadaran dirinya meningkat melalui latihan yoga lebih mampu menolak makanan yang tidak sehat. Mereka juga menjadi lebih peka terhadap diri sendiri dan menyadari ketika sudah merasa kenyang. Karena Anda disarankan untuk tidak berlatih yoga dalam kondisi perut penuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi menu makanan sehat sebelum memulai latihan yoga.

2. Memperbaiki Kualitas Tidur

Berlatih yoga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Anda mungkin menemukan bahwa Anda dapat tertidur lebih mudah dan lebih nyenyak ketika melakukan latihan yoga secara konsisten. Untuk memperbaiki kualitas tidur, Anda bisa mencoba gerakan yoga nidra. Gerakan dalam yoga nidra cukup dilakukan dengan posisi tidur terlentang, kurang lebih sekitar 30-40 menit di atas matras. Kualitas tidur yang baik akan memberi pengaruh dan banyak manfaat, seperti mengurangi stres, memperbaiki daya ingat, memperbaiki sistem imun dan juga menurunkan berat badan.

3. Membakar Kalori Tubuh

BACA JUGA:  Kurma, Si Manis yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Yoga terdiri dari banyak gerakan, dari mulai gerakan yang sederhana hingga gerakan yang bisa dibilang cukup sulit. Semakin aktif gerakan yoga yang Anda lakukan, semakin besar juga kalori dalam tubuh yang terbakar. Gerakan yoga yang sederhana seperti hatha yoga, diklaim mampu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak tubuh. Dengan melakukan gerakan yoga ini selama 1 jam, bisa membakar 200 hingga 540 kalori.

Tak hanya itu, yoga juga membentuk kekuatan otot-otot tubuh. Biasanya otot-otot yang bekerja saat melakukan yoga adalah otot lengan, abdomen, hamstring, dan betis. Melatih otot-otot tersebut bisa membentuk dan menambah massa otot tubuh seperti halnya berolahraga di gym. Jika dibandingkan dengan lemak tubuh, massa otot yang bertambah berpotensi membakar lebih banyak kalori, bahkan ketika otot-otot tersebut sedang tidak bekerja. Yoga juga menguatkan otot jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot. Hal ini memungkinkan sel tubuh untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan saat istirahat setelahnya.

4. Mengurangi Stres

Saat sedang stres, kebanyakan orang memilih melampiaskannya dengan mengonsumsi makanan manis, seperti cake, cokelat, atau permen. Karena itulah, biasanya orang yang sedang stres cenderung mengalami penambahan berat badan. Efek meditasi dan pemusatan pikiran dari yoga dapat meredakan gangguan psikologis seperti stres, depresi, atau kejenuhan. Rutin melakukan yoga bisa membantu Anda untuk mengelola emosi dan pikiran menjadi lebih baik, sehingga terhindar dari stres. Inilah yang menjadi salah satu manfaat yoga untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Jika Anda baru mau mencoba latihan yoga, mulailah dengan melakukan gerakan dasar. Saat tubuh Anda telah terbiasa, Anda dapat meningkatkan gerakannya menjadi yang lebih sulit. Lakukan gerakan yoga selama setidaknya satu jam setiap hari untuk hasil yang optimal dalam menurunkan berat badan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here