6 Strategi Mental yang Harus Dimiliki Agar Rencana Diet Sukses

0
223
Adult Attractive Background 544117
Adult Attractive Background 544117

SPESIAL.NET – 6 Strategi Mental yang Harus Dimiliki Agar Rencana Diet Sukses. Bukan rahasia bahwa diet dan olahraga adalah kunci utama untuk menurunkan berat badan. Ada berbagai pola makan yang dapat Anda jalankan, seperti pola makan clean eating, pola makan vegetarian, diet ketogenic, dan sebagainya. Selain mengatur pola makan, hal lain yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah berolahraga, seperti berlari, bersepeda, senam aerobik, dan sebagainya. Jika Anda tidak suka berolahraga, Anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan namun tetap bisa membakar kalori, seperti berenang dan yoga.

Namun, terkadang, diet yang Anda alami bisa saja mengalami kegagalan. Gagalnya diet yang terjadi pada sebagian orang bisa saja dikarenakan pola pikirnya. Jangan mengabaikan kekuatan mental Anda. Berikut ini adalah beberapa strategi mental yang harus dimiliki sebelum memulai diet Anda.

  1. Jangan berkecil hati

Pertama, bersabarlah dengan diri Anda sendiri. Rencana diet yang sehat dan seimbang tidak bisa menghasilkan hasil yang instan bagi tubuh Anda. Anda akan merasakan perubahan bentuk tubuh secara bertahap. Bulan pertama melakukan diet, Anda mungkin hanya berhasil menurunkan 1 kilogram saja. Namun, jangan menyerah dan jangan berkecil hati. Jika Anda sudah menentukan rencana diet dan rencana olahraga yang sesuai untuk tubuh, jalankan dengan sebaik-baiknya.

  1. Meminta dukungan orang lain

Beri tahu keluarga, teman, dan rekan kerja tentang tujuan penurunan berat badan Anda dan minta dukungan mereka. Dukungan dari teman dan keluarga bisa membuat Anda lebih bersemangat dalam menurunkan berat badan. Anda pun tidak akan merasa sendirian karena ada teman dan keluarga yang mengingatkan jika Anda mulai lelah dalam menjalani diet. Memberi tahu orang lain juga membuat Anda merasa bertanggung jawab kepada orang lain.

  1. Jangan berpatokan pada angka timbangan
BACA JUGA:  Inilah Beberapa Makanan yang Bisa Menekan Nafsu Makan dan Membantu Mengurangi Berat Badan

Terlalu berpatokan pada angka timbangan dapat membuat Anda stres. Pasalnya, berat badan Anda mungkin saja berubah 1-2 kilogram setiap harinya. Namun, hal itu bukanlah faktor yang menentukan keberhasilan atau kegagalan program diet yang Anda jalankan. Sebagai gantinya, tetapkan waktu khusus untuk menimbang berat badan Anda, misalnya seminggu sekali. Di samping itu, hal lain yang harus Anda ingat juga bahwa angka timbangan bukan lah satu-satunya faktor penentu dalam diet.

  1. Tentukan tujuan kecil

Jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan, Anda mungkin memiliki tujuan akhir. Menetapkan tujuan akhir memang penting untuk dilakukan, namun ada baiknya Anda menentukan tujuan-tujuan kecil yang bisa dilakukan dalam jangka pendek.

Misalkan, Anda memiliki tujuan akhir untuk menurunkan 15 kilogram dalam waktu 5 bulan. Anda bisa membuat tujuan kecil dengan menurunkan berat badan menjadi 3 kilogram dalam kurun waktu 1 bulan. Atau jika Anda ingin menghilangkan kebiasaan mengonsumsi gula, mulailah dengan menguranginya secara perlahan. Dengan menetapkan tujuan kecil, Anda bisa melihat kemajuan yang telah dilakukan. Menetapkan tujuan kecil juga bisa membuat Anda semakin termotivasi untuk mencapai tujuan akhir.

  1. Beri hadiah pada diri sendiri

Setiap Anda berhasil mencapai tujuan kecil, berikanlah hadiah pada diri sendiri. Hanya saja, jangan menghadiahi diri sendiri dengan makanan yang tinggi kalori, seperti pizza atau es krim.

Manjakan diri Anda dengan pergi ke salon atau membeli buku favorit. Anda dapat membeli barang yang dapat memotivasi Anda dalam menjalankan program diet, seperti botol minum, peralatan makan, atau pakaian baru.

  1. Gunakan keterampilan menulis Anda
BACA JUGA:  Tips Menjalankan Diet Sehat di Tahun yang Baru

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah membuat daftar makanan yang Anda konsumsi. Di awal minggu, buatlah daftar makanan dan camilan untuk menu makan Anda setiap pekan. Kemudian, setiap hari, tuliskan juga semua makanan yang Anda konsumsi. Jujurlah, dan tulis semuanya. Dengan membuat daftar, Anda dapat melakukan evaluasi terhadap diri sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here