Taman Gantung: Oase di Tengah-tengah Teriknya Kota Surabaya

0
337
Jejakpiknikcom
jejakpiknik.com

Spesial.net – Anda mungkin berpikir bahwa membuat sebuah landmark harus memiliki lahan yang luas. Atau untuk membuat sebuah lahan hijau juga harus berada di lahan yang luas. Tetapi, kenyataannya adalah tidak. Di tangan ibu Risma selaku walikota Surabaya semuanya menjadi mungkin. Bediri di antara gedung lahirnya sebuah taman gantung yang menjadi oase di tengah teriknya panas kota Surabaya.

Sebenarnya untuk anda yang pernah pergi ke Amerika Serikat atau Singapura mungkin tidak aneh melihat taman gantung sejenis ini. Taman seperti ini dibangun memang memiliki alasan mengoptimalkan lahan kota yang terbatas tetapi memberikan efek yang optimal.

Wowkerencom
wowkeren.com

Tepat pada tanggal 26 Juli 2016, taman yang berlokasi di jalan Tunjungan ini diresmikan. Taman sepanjang 30 meter berisikan tanaman-tanaman hijau dan bertujuan untuk tempat beristirahat masyarakat Surabaya sambil melihat pemandangan kota. Panasnya kota Surabaya akan kalah dengan kesejukan yang diberikan tanaman-tanaman di taman gantung.

Sportourismid
sportourism.id

Tanaman-tanaman yang ditanam disini tidak menggunakan media tanah, melainkan menggunakan sistem hidroponik. Hasilnya adalah lantai taman tidak akan kotor oleh tanah ataupun lumpur. Selain sebagai tempat beristirahat, taman ini tentunya memiliki pemandangan yang bagus sebagai latar belakang foto terutama jika diunggah ke akun media sosial anda.

Rute Parkir

Disebabkan berada di tengah kota dan kota Surabaya termasuk ketat dalam peraturan lalu lintasnya, tentu saja anda tidak bisa sembarangan memarkirkan kendaraan. Ada beberapa alternatif tempat untuk memarkirkan kendaraan anda.

BACA JUGA:  10 Ide Makeover Rumah dengan Biaya Murah

Jika anda datang dari arah jalan Baluran, anda bisa memarkirkan kendaraan anda di sebelah kanan jalan gantung. Dan jika anda datang dari arah Tugu Pahlawan, anda juga bisa memarkirkan langsung di sisi kiri jalan. Tentu saja area tersebut merupakan area parkir resmi sehingga anda tidak perlu khawatir untuk ditilang. Setelah memarkirkan kendaraan, anda bisa langsung menaiki tangga di sekitar taman gantung dan selamat menikmati taman gantung ini.

Sebagai fasilitas publik yang sengaja dibuat untuk kepentingan bersama, sudah pastinya tidak memerlukan tiket masuk dan sejenisnya, terkecuali tiket parkir. Tetapi, jika bisa menikmati beragam tanaman yang memberikan kesejukan mengapa tidak untuk membayar sedikit untuk parkir dan diganti dengan sesuatu yang lebih indah.

Daerah Wisata di Sekitaran Taman Gantung

Setelah puas berswafoto atau sekadar menikmati pemandangan kota, anda bisa melanjutkan jalan-jalan anda seperti berjalan di sepanjang jalan Tunjungan, jalan bersejarah bagi rakyat Indonesia. Anda bisa melihat mural-mural yang keren atau melihat bangunan lama yang merupakan saksi sejarah negara Indonesia. Di jalan Tunjungan juga merupakan jalan dimana momen perobekan bendera Belanda sehingga terbentuk bendera Indonesia inilah terjadi. Semenjak saat itulah ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Setelah agak jauh berjalan kaki, anda bisa berwisata belanja di Tunjungan Plaza. Sebuah pusat perbelanjaan yang luas.

Atau jika ingin pergi ke balaikota Surabaya, terpaksa anda harus mengendarai kendaraan karena jarak cukup jauh. Tetapi, setelah sampai di balaikota Surabaya, anda bisa berwisata lagi karena banyak sekali tempat wisata berjejer. Seperti taman Skate & BMX atau Museum Kapal Selam. Di museum kapal selam ini anda bisa berenang, atau juga menyewa kapal menyusui Kalimas menikmati pemandangan kota. Dan masih banyak hal yang bisa dilakukan di pusat kota. Bahkan di malam hari, pemandangan jembatan Pemuda jangan sampai terlewatkan. Maka dari itu kapan lagi anda bisa menikmati berbagai macam wisata dalam kota secara maksimal selain di kota Surabaya.

BACA JUGA:  Melihat Ratusan Jenis Tanaman di Taman Flora Surabaya

 

==

Wisata Seru di Surabaya Lainnya

==

SUMBER: jejakpiknik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here