15 Desa Warna-warni di Dunia Yang Instagramable, Salah Satunya Ada di Surabaya

0
846
Khatulistiwatravelcom
khatulistiwatravel.com

Spesial.net – Sekarang setiap negara sedang menggalakan desa wisata. Tujuannya sederhana, menaikan taraf hidup penduduk desa tersebut dengan menarik wisatawan datang. Tentunya, setiap desa wisata memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada desa yang menjual kearifan lokalnya alias adat dan budaya lokalnya. Ada juga desa yang menjual mitos yang beredar di daerahnya. Dan ada desa yang merombak daerahnya agar menarik bagi wisatawan, salah satunya adalah desa warna-warni. Secara konsep dasar, desa warna-warni adalah sebuah kawasan terdiri dari kerumunan rumah warga yang diwarnai dengan cat warna-warni. Dengan warna-warna tersebutlah, wisatawan akan datang dan disanalah terjadi transaksi jual-beli yang berujung peningkatan pendapatan daerah tersebut. Dan berikut adalah beberapa desa warna-warni yang ada di dunia, salah satunya ada di Indonesia.

  1. Desa Riomaggiore, Italia
Flickrcom
flickr.com

Desa yang dinobatkan sebagai salah satu desa tercantik di dunia ini berlokasi di Italia. Berkat warna-warna yang indah menghiasi gedung-gedung sini tidak jarang desa ini dijadikan lokasi pembuatan film dan pembuatan iklan komersial.

  1. Desa Burano, Italia
Huffpostcom
huffpost.com
Advertisement

Betapa indahnya mendayung perahu di sungai kecil sambil melihat rumah-rumah warna-warni di sepanjang sungai. Semua itu bisa anda nikmati ketika berada di desa Burano, Italia. Selain rumah yang berwarna-warni, lingkungan yang bersih juga menjadi faktor plus yang membuat desa ini nyaman.

  1. Desa Guanajato, Meksiko
Lonelyplanetcom
lonelyplanet.com

Desa berlokasi di negara taco berada, yaitu Meksiko memiliki desa warna-warni yang tidak kalah cantiknya. Berada di lereng gunung membuat gradasi warna semakin indah. Konon katanya, desa ini memiliki museum yang berisi mumi di dalamnya.

  1. Desa Nyhavn, Denmark
BACA JUGA:  Mudahnya Membuat Dekorasi Pintu Kamar Tidur DIY
Visitdenmarkcouk
visitdenmark.co.uk

Desa yang berada di tepi laut ini membuat suasana laut semakin berwarna. Tidak hanya rumah, bahkan kapal nelayan pun diwarnai berwarna. Secara psikologi, setiap warna memiliki sugesti tersendiri bagi yang melihat. Dan desa Nyhavn ini berlokasi di ibukota Denmark, Kopenhagen.

  1. Desa Bo-Kaap, Afrika Selatan
Vocfmcoza
vocfm.co.za

Jika anda mendengar tentang negara di benua Afrika mungkin yang pertama kali terbayangkan adalah hamparan daratan luas berisi hewan-hewan buas berlarian, saling berburu. Tetapi, tidak berlaku di negara Afrika Selatan. Karena di desa Bo-Kaap inilah berjejer rumah-rumah berwarna-warni yang mencerahkan mata yang melihat di tengah panasnya negara tersebut.

  1. Desa Lima, Peru
Alterracc
alterra.cc

Desa yang berlokasi di ibukota Peru, yaitu kota Lima ini berada di lereng gunung. Sehingga ketika dilihat dari jauh, akan terlihat gunung warna-warni. Yang menjadi salut adalah keadaan kota yang selalu bersih.

  1. Kampung Bulak, Surabaya
Lelungannet
lelungan.net

Ketika anda melintas jembatan Suroboyo, maka anda akan melihat rangkaian rumah dengan warna yang bervariasi sehingga memanjakan mata yang memandang. Berada di daerah Kenjeran, Surabaya membuat desa menjadi salah satu di antara daya tarik wisata. Semenjak berubah menjadi desa warna-warni, kegiatan ekonomi di desa ini meningkat. Tidak lagi dicap sebagai desa yang kumuh, tetapi sekarang sudah menjadi desa yang tertata dan tentunya nyaman untuk ditempati.

  1. Kampung Pelangi, Semarang
Bbccom
bbc.com

Tidak hanya Surabaya, kota Semarang juga memiliki desa warna-warni yang dinamakan Kampung Pelangi atau Rainbow Village. Berkat kepiawaian walikota Semarang, desa yang berada di pesisir sungai kumuh ini menjadi desa yang menarik untuk dikunjungi.

  1. Kampung Jodipan, Malang
BACA JUGA:  Zangrandi Ice Cream, Kedai Es Krim Legenda di Surabaya
Tribunnewscom
tribunnews.com

Di era modern ini, para pemimpin daerah sudah mulai sadar dengan pentingnya pariwisata. Tidak kalah dengan kota lain, kota Malang juga memiliki desa warna-warni yang merupakan hasil sulapan dari pemukiman kumuh, yaitu berada di Kampung Jodipan.

  1. Teluk Seribu, Balikpapan
Tribunnewscom
tribunnews.com

Kreatifitas memang tidak mengenal batas, bahkan sampai ke desa Teluk Seribu, Balikpapan. Berbeda dengan konsep warna-warni saja, desa ini juga dihiasi oleh lukisan-lukisan 3D di  jalanan desa. Sangat menarik, bukan?

  1. Kampung Code, Yogyakarta
Jogjaco
jogja.co

Salah satu pionir desa warna-warni di Indonesia. Desa yang sudah diakui desa sebagai desa yang nyaman didatangi wisatawan, mungkin karena penduduk disini terkenal sangat ramah.

  1. Desa La Boca, Argentina
SAMSUNG DIGITAL CAMERA
trover.com

Berjalan di tengah kota sambil melihat rumah-rumah berwarna-warni bisa kamu lihat di La Boca, Buenos Aires, Argentina. Sebagai negara di Amerika Latin tidak menghalangi kreatifitas penduduknya.

  1. Rainbow Row, Charleston
Chstoday.6amcity.com
chstoday.6amcity.com

Jejeran rumah warna-warni dengan warnayang tidak terlalu kuat malah cenderung plain bisa anda temukan di Rainbow Row, South Carolina.

  1. Willemstad, Curacao
Curacatotogocom
curacatotogo.com

Pernah mendengar pulau Curacao? Mungkin desa ini harus anda masukan sebagai list wisata ke luar negeri.

  1. St. John’s, Newfoundland, Kanada
Newfoundlandlabrador.com
newfoundlandlabrador.com

Negara maju seperti Kanada juga memiliki desa warna-warni seperti ini. Didominasi warna merah, hijau dan biru membuat desa ini seperti halnya warna-warna jellybean (sejenis permen).

 

==

BACA JUGA:  Cara Optimalkan Kamar Tidur Mungil di Apartemen dengan Ruang Terbatas

==

SUMBER: idntimes.com, brilio.net, detik.com, phinemo.com, tribunnews.com, kaskus.co.id, suroboyo.id, dolandolen.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here