5 Buah-Buahan yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet

0
223
Bowl Breakfast Close Up 1172019
Bowl Breakfast Close Up 1172019

SPESIAL.NET – 5 Buah-Buahan yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet. Buah adalah camilan siap saji alami yang dikemas dengan vitamin, serat, dan nutrisi lain yang mendukung diet sehat. Buah juga umumnya rendah kalori dan tinggi serat, yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa buah-buahan yang cocok untuk dikonsumsi ketika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan.

  1. Jeruk Bali

Setengah potong jeruk bali hanya mengandung 39 kalori tetapi menyediakan 65% dari asupan harian referensi untuk vitamin C. Terlebih lagi, jeruk bali memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti ia melepaskan gula ke dalam aliran darah Anda lebih lambat. Dalam sebuah penelitian pada 85 orang yang mengalami obesitas, makan jeruk bali atau minum jus jeruk bali sebelum makan selama 12 minggu menghasilkan penurunan asupan kalori dan penurunan 7,1% berat badan. Selain itu, jeruk bali juga bisa mengurangi lemak tubuh, mengecilkan lingkar pinggang, dan mengontrol tekanan darah. Anda bisa mengonsumsi jeruk bali secara langung, dibuat menjadi jus, atau dicampurkan pada salad.

  1. Apel

Satu buah apel (223 gram) memiliki kandungan 116 kalori dan 5,4 gram serat. Karena itu, apel cocok dikonsumsi untuk penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian, perempuan diberi tiga buah apel, tiga buah pir, atau tiga kue gandum – dengan nilai kalori yang sama – per hari selama 10 minggu. Orang yang rutin mengonsumsi apel kehilangan 2 pon (0,91 kg) dan yang rutin mengonsumsi pir kehilangan 1,6 pon (0,84 kg), sedangkan orang yang mengonsumsi oat beratnya tidak berubah. Penelitian menunjukkan bahwa apel paling baik dimakan utuh untuk mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan.

  1. Berry
BACA JUGA:  Popcorn, Camilan Enak dengan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Satu cangkir (152 gram) stroberi mengandung di bawah 50 kalori dan menyediakan 3 gram serat makanan, serta 150% dari asupan harian referensi untuk vitamin C dan hampir 30% untuk mangan. Buah berry, seperti stroberi atau blueberry juga terbukti mengenyangkan. Satu penelitian kecil menemukan bahwa orang yang diberi camilan buah berry (65 kalori) memakan lebih sedikit makanan pada makanan berikutnya daripada mereka yang diberi permen dengan jumlah kalori yang sama. Selain itu, makan buah berry dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan peradangan, yang mungkin sangat bermanfaat bagi orang yang kelebihan berat badan. Buah berry dapat dimakan langsung atau ditambahkan ke sereal atau yogurt untuk sarapan.

  1. Markisa

Satu buah markisa (18 gram) hanya mengandung 17 kalori dan kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, zat besi, dan kalium. Serat dalam buah markisa dapat memperlambat pencernaan Anda, membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan Anda. Untuk menurunkan berat badan, markisa paling baik dikonsumsi langsung.

  1. Kiwi

Kiwi adalah sumber vitamin C, vitamin E, folat, dan serat yang sangat baik dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa kiwi dapat membantu mengontrol gula darah, mengontrol kolesterol, dan mendukung kesehatan usus. Kiwi yang kaya akan serat dan kalium ini juga menjadi solusi dari permasalahan yang kerap dialami wanita seperti sembelit. Selain itu, kiwi juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga menyerap lemak. Buah kiwi hanya mengandung 47 indeks glikemik, itu artinya buah kiwi cocok untuk dikonsumsi saat diet. Karena tidak akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh sehingga mempermudah proses pembakaran lemak dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi buah kiwi secara langsung, dibuat jus, atau dicampurkan pada salad dan sereal sarapan Anda.

BACA JUGA:  Optimalkan Manfaat Jus Alpukat dengan Mengkonsumsi Rutin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here