Diet Paleo, Rahasia Sehat Manusia Purba, yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

0
230
Agriculture Color Cooking 255501
Agriculture Color Cooking 255501

SPESIAL.NET – Diet Paleo, Rahasia Sehat Manusia Purba, yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan. Diet paleo adalah rencana diet dengan mengadaptasi makanan yang mungkin dimakan saat masa Paleolitik, yaitu sekitar 2,5 juta hingga 10.000 tahun yang lalu. Orang-orang pada masa Paleolitik kemungkinan mengonsumsi makanan utuh yang didapatkan dari hasil berburu. Hal itulah yang mendasari dicetuskannya ide diet paleo. Daftar makanan yang direkomendasikan saat menjalankan diet paleo di antaranya daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dengan memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit berbahaya, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet ini dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan. Diet paleo sering disebut juga diet zaman batu, diet paleolitik, dan diet manusia purba.

Cara Melakukan Diet Paleo

Cara melakukan diet paleo bisa dibilang cukup mudah. Anda hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan utuh dan dilarang mengonsumsi makanan olahan. Anda tidak harus menghitung berapa jumlah kalori yang harus masuk ke dalam tubuh saat sedang menjalankan diet paleo ini. Buah, sayuran, serta daging tanpa lemak pasti sudah cukup memenuhi kalori yang Anda butuhkan. Namun, jika Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan, ada baiknya untuk mengurangi karbohidrat dan membatasi asupan makanan tinggi lemak.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda disarankan untuk melakukan olahraga. Olahraga yang bisa Anda lakukan di antaranya, berenang, yoga, berlari, bersepeda, dan sebagainya. Olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat, mempertahankan berat badan, dan menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

BACA JUGA:  Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Berhenti Mengonsumsi Gula

Makanan yang Harus Dihindari

  • Makanan dengan kandungan gula tinggi, seperti minuman ringan, jus buah, gula, permen, kue kering, es krim, dan sebagainya.
  • Biji-bijian, seperti roti, pasta, dan oatmeal.
  • Legume, seperti lentil, kacang tanah, dan kacang polong.
  • Produk susu.
  • Beberapa minyak yang sudah mengalami banyak proses, seperti minyak kanola.
  • Lemak trans, seperti margarin dan berbagai makanan olahan.
  • Pemanis buatan, seperti aspartam, sucralose, siklamat, sakarin, kalium asesulfam. Gunakan pemanis alami sebagai gantinya.

Pada dasarnya, semua makanan olahan, makanan kemasan, dan makanan yang mengandung pemanis atau pewarna buatan, dilarang untuk dikonsumsi saat sedang menjalankan diet paleo.

Makanan yang Dapat Dikonsumsi

  • Daging, seperti daging sapi, domba, ayam, kalkun, dan lainnya.
  • Makanan laut, seperti ikan, udang, kerang, dan lain-lain.
  • Sayuran, seperti brokoli, kangkung, paprika, bawang, wortel, tomat, dan sebagainya.
  • Buah-buahan, seperti apel, pisang, jeruk, pir, alpukat, stroberi, blueberry dan banyak lagi.
  • Umbi-umbian, seperti kentang, ubi, lobak.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang almond, kacang macadamia, kenari, hazelnut, biji bunga matahari, dan sebagainya.
  • Lemak dan minyak sehat, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak alpukat, dan lainnya.
  • Garam dan rempah-rempah.

Contoh Menu Diet Paleo

Untuk sarapan

Anda bisa mulai sarapan Anda dengan masakan yang mudah dibuat, yaitu omelet. Tumis bawang bombay, paprika, jamur, dan brokoli dengan minyak kelapa. Kemudian tambahkan telur dan potongan dada ayam.

BACA JUGA:  4 Kombinasi Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan dengan Mudah

Untuk makan siang

Anda bisa mencoba untuk membuat salad dengan komposisi berbagai macam bahan makanan yang Anda suka, seperti:

  • Sayuran dan buah: bayam, paprika, mentimun, wortel, alpukat, kacang almond, apel, dan pir.
  • Makanan sumber protein: daging tanpa lemak, ayam, atau makanan laut, seperti salmon, tuna, udang.
  • Minyak zaitun dan perasan air lemon.

Makan malam

Anda bisa membuat makanan dari salmon atau fillet ikan yang dipanggang bersama dengan asparagus, brokoli, dan bayam, tambahkan dengan bawang putih dan minyak zaitun agar rasanya lebih lezat. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan sebagai makanan penutup.

Dengan mengonsumsi berbagai makanan utuh dan menghindari berbagai makanan olahan, tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit berbahaya. Menjalankan pola makan yang sehat juga bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here