Pilih All New Honda PCX atau Yamaha Nmax? Ini Perbandingannya

0
286
3835512052
3835512052

Jika melihat kedua motor matic ini sangatlah menarik jika disandingkan. Apalagi tren motor matic di pasar Indonesia sudah mulai berubah dari matic kecil ke matic berukuran gambot, atau minimal dengan kapasitas mesin 150cc ke atas. Ketika Honda PCX masih berstatus CBU, akan terasa sedikit lebih sulit untuk membandingkan kedua motor ini harganya yang terlalu jauh bagai langit dan bumi, meskipun motor ini berada dikelas yang sama. Namun All New Honda PCX kini sudah mulai diproduksi di Indonesia sehingga menjadi kompetitor head to head dengan Yamaha Nmax.

Jika dilihat dari fitur dan spesifikasi, baik itu Yamaha Nmax ataupun Honda PCX masing – masing memiliki keunggulan tersendiri. Dan apabila disuruh untuk memilih, apakah Nmax atau PCX tentu akan sedikit sulit untuk memilihnya karena harganya hampir serupa, spesifikasinya tidak berbeda jauh, dan fitur pun bisa dikatakan hampir sama. Sedangkan untuk desain tergantung selera dari calon konsumen.

 

  • Desain

           Untuk bagian desain, seperti yang sudah dibilang diatas bahwasannya tergantung selera masing – masing, karena setiap orang memiliki selera yang berbeda. Yamaha Nmax memiliki desain yang simpel namun tetap sporty, sementara untuk Honda PCX memiliki desain yang tegas dengan banyak lekukan yang mengalir namun memiliki kesan yang mewah dan elegan.

          Jika senang dengan desain yang mewah atau elegan maka pilihan itu cocok kepada Honda PCX. Sedangkan untuk yang ingin tampil sporty bisa memilih Nmax.

 

  • Fitur
BACA JUGA:  Naked Bike Terlaris Di Indonesia CB150R Streetfire

 

           Pada bagian fitur kedua motor ini memiliki perbedaan. All New Honda PCX memiliki fitur yang lebih lengkap ketimbang Yamaha Nmax. PCX memiliki fitur smart key yang terhubung dengan anti theft dan alarm. Sedangkan untuk Nmax masih menggunakan desain kunci konvensional pada umumnya.

            Fitur lainnya yang membedakan adalah port charger yang ada pada Honda PCX sementara Nmax tidak ada. Fitur starter senyap atau ACG (alternating Current Generator) hadir di motor Honda All New PCX sedangkan untuk Yamaha Nmax masih menggunakan yang biasa. Untuk bagian fitur lainnya seperti bagasi, speedometer digital, dan yang lainnya ada semua. Maka dari itu untuk urusan fitur jelas All New Honda PCX lebih unggul.

 

  • Performa

 

           Meskipun berada di kelas yang sama, tapi untuk bagian mesin sedikit berbeda walaupun sama – sama mengusung SOHC. Nmax menggunakan mesin dengan kapasitas 155cc 4 valve plus dengan VVA yang memberikan tenaga penuh pada semua rentang rpm. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 15.1 HP pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 14.4 Nm pada 6.000 rpm.        

           Sedangkan Honda PCX menggunakan mesin 150 cc 2 valve yang menghasilkan tenaga maksimal 14.7 HP pada 8.500 rpm dan torsi 13.2 Nm pada 6.500 rpm. Perbedaan ini begitu terlihat dari tarikan Nmax lebih unggul, walaupun Honda PCX juga responsif. Saat pengujian top speed membuktikan Nmax lebih powerfull dari PCX.

 

  • Safety
BACA JUGA:  Honda CB150R Exmotion Naked Bike Rasa Eropa

    Baik Nmax ataupun PCX memiliki sistem pengereman yang sangat baik. Keduanya sudah menggunakan cakram di depan dan belakang. Jika Nmax menggunakan pengereman ABS untuk bagian depan dan belakang, maka Honda PCX masih menggunakan ABS single channel yang hanya terpasang di bagian depan.

           Tapi Honda PCX memiliki kelebihan lain di varian CBS nya dimana sistem CBS ini membuat rem depan dan belakang akan ikut berfungsi ketika tua rem belakang ditarik. Ini akan sangat berguna bagi pengendara yang suka menggunakan rem depan. Jadi pada bagian ini semua varian baik Nmax ataupun PCX memiliki kelebihan masing – masing.

 

  • Konsumsi BBM

All New Honda PCX memiliki fitur yang membuat motor ini lebih irit, yaitu idling stop system (ISS) adanya fitur ini, mesin akan otomatis berhenti ketika berhenti lebih dari 3 detik dan akan menyala ketika tuas gas ditarik kembali.

Jadi untuk bagian konsumsi BBM Nmax memang lebih boros rata – rata konsumsi BBM nya hanya mencapai 36 – 39 km/liter jika digunakan harian.

Sedangkan untuk Honda PCX, berdasarkan pengujian bisa mencapai 41 – 45 km/liter. Jadi jelas jika Honda PCX ini sangat irit.

Kesimpulannya,

          Baik Honda PCX maupun Yamaha Nmax hanya berbeda tipis saja. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan namun overall Honda PCX lebih unggul di beberapa sisi yang lebih baik dibandingkan dengan Yamaha Nmax.

           Untuk urusan harga sendiri terbilang tidak terlalu jauh. Harga Yamaha Nmax dibanderol dengan harga 26,3 jutaan rupiah (non ABS) dan 30,2 juta rupiah (ABS), sedangkan untuk Honda PCX dibanderol dengan harga 27,7 juta rupiah (CBS) dan 30,7 juta rupiah (ABS).

            Itulah beberapa perbandingan dari Yamaha Nmax dan All New Honda PCX yang bisa menjadi bahan referensi untuk calon konsumen yang ingin membeli salah satu dari kedua motor ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here