Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Buah Pepaya

0
300
Debora Cardenas 1135697 Unsplash
Debora Cardenas 1135697 Unsplash

SPESIAL.NET – Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Buah Pepaya. Memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah harapan kebanyakan orang, baik pria atau wanita. Tidak sedikit dari mereka yang ingin menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat dan dengan cara yang mudah. Sayangnya, biasanya penurun berat badan yang hasilnya cepat memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Klik Saja Sepuasnya!

Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab kenaikan berat badan Anda. Penyebab berat badan naik biasanya paling banyak terjadi karena sistem pencernaan yang kurang lancar. Makan makanan yang tidak sehat, kurang minum air mineral, konsumsi minuman manis berlebihan, dan merokok adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan sistem pencernaan tidak bekerja secara optimal. Akibatnya, metabolisme tubuh menjadi lambat dan berat badan pun bertambah.

Salah satu solusinya adalah Anda harus mulai memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat. Dan ternyata, ada satu buah yang memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, yaitu buah pepaya. Enzim papain dalam buah pepaya diketahui memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Kandungan Buah Pepaya

Buah pepaya dapat dengan mudah ditemukan di pasar ataupun supermarket. Pepaya kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, kalsium, zat besi, dan fosfor. Buah ini baik untuk rambut, kulit, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Pepaya juga kaya akan serat dan rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Tidak hanya buahnya, daun dan biji pepaya pun ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Daun pepaya ternyata dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit demam berdarah dan biji pepaya diketahui dapat melindungi kesehatan ginjal dan hati.

BACA JUGA:  Langkah Mudah Cara Menurunkan Gula Darah

Buah Pepaya Untuk Menurunkan Berat Badan

Sebagian besar ahli gizi akan menyarankan untuk memasukkan pepaya dalam makanan sehari-hari jika ingin menurunkan berat badan. Buah ini mudah ditemukan dan relatif murah, tetapi bisa mempercepat penurunan berat badan Anda. Berikut ini beberapa alasan mengapa buah pepaya efektif untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

  • Pepaya kaya serat dan rendah kalori. Ini berarti Anda akan merasa cepat kenyang tanpa perlu khawatir dengan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.
  • Serat yang ada di pepaya dapat membantu mengatur pergerakan usus. Siapa pun yang mengalami sembelit disarankan untuk makan pepaya secara teratur. Namun, wanita hamil disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.
  • Pepaya adalah buah ajaib bagi siapa saja yang menderita gangguan metabolisme. Pepaya dapat mengatur metabolisme yang membantu penurunan berat badan. Metabolisme yang terganggu adalah salah satu alasan utama mengapa beberapa orang merasa sulit menurunkan berat badan.
  • Pepaya dapat mendetoksifikasi tubuh yang juga terbukti mempercepat proses penurunan berat badan. Ketika Anda melakukan detoksifikasi, tubuh akan menyingkirkan zat-zat yang tidak diinginkan secara alami. Ini membantu tubuh Anda membakar lemak lebih cepat dan efisien.

Contoh Menu Diet Pepaya

Sebelum sarapan:

  • Satu cangkir teh hijau tanpa gula
  • Satu cangkir air hangat ditambah perasan lemon

Sarapan:

  • Satu butir telur rebus, satu gelas smoothie pepaya
  • Satu potong roti gandum dengan selai kacang, setengah mangkuk buah pepaya
BACA JUGA:  5 Tips Diet Sehat yang Cocok untuk Remaja

Makan siang:

  • Sandwich jamur/tuna/ayam, setengah gelas yoghurt
  • Sup kacang merah, salad tomat dan mentimun, susu

Camilan:

  • Satu mangkuk buah pepaya

Makan malam:

  • Salmon/ayam panggang dengan sayuran
  • Sup kubis, satu potong roti gandum

Jika cara di atas dirasa terlalu sulit, Anda bisa memulainya dengan hal sederhana, seperti:

  • Konsumsi biji pepaya setiap pagi. Jangan lupa juga untuk minum air mineral. Anda bisa melakukan ini selama 15 hari.
  • Ganti camilan atau makan malam Anda dengan semangkuk pepaya. Ini akan membantu menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan Anda.
  • Jika Anda sering bepergian, buatlah smoothie pepaya untuk camilan. Anda bisa memadukan bahan-bahan seperti nanas, apel, jus jeruk, dan lemon.
  • Tambahkan pepaya ke dalam salad yang biasa Anda buat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here