Manfaat Rumput Laut: Menurunkan Berat Badan Hingga Mencegah Penyakit Jantung

0
282
Epicurrence 64533 Unsplash
Epicurrence 64533 Unsplash

SPESIAL.NET – Manfaat Rumput Laut: Menurunkan Berat Badan Hingga Mencegah Penyakit Jantung. Rumput laut adalah alga yang bisa dimakan dan sering diolah menjadi beragam makanan. Rumput laut biasa dikonsumsi oleh penduduk Jepang, Korea, dan Cina dan diolah menjadi beragam makanan, seperti sushi, sup, salad, dan sebagainya. Selain enak, rumput laut juga ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat rumput laut adalah untuk menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa manfaat rumput laut yang mungkin belum Anda ketahui.

  1. Mengandung yodium yang mampu membantu kerja tiroid

Kandungan yodium dalam rumput laut dapat membantu tiroid untuk bekerja dengan maksimal. Tiroid memiliki fungsi untuk mengendalikan pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak di tubuh Anda. Tiroid yang bekerja dengan baik dapat membantu proses pembakaran kalori. Selain itu, rumput laut juga kaya akan serat, rendah kalori, dan tinggi nutrisi lain yang dapat menjadi menu makan saat sedang menjalankan diet.

  1. Sumber vitamin dan mineral

Setiap jenis rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Menaburkan rumput laut kering pada makanan Anda tidak hanya menambah rasa, tetapi juga bisa menjadi alternartif untuk meningkatkan asupan vitamin dan mineral. Rumput laut mengandung protein, riboflavin, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan nutrisi lainnya. Rumput laut juga merupakan sumber omega 3 dan vitamin B 12 yang baik untuk tubuh.

  1. Mengandung antioksidan
BACA JUGA:  100 Tips dan Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Mudah

Selain mengandung vitamin C, vitamin E, flavonoid, dan karotenoid, rumput laut juga diketahui kaya akan antioksidan. Zat-zat tersebut telah terbukti melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Produksi radikal bebas berlebih dianggap sebagai penyebab beberapa penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes. Antioksidan juga memiliki peran bagi kulit yang membantu mengatasi perubahan yang dapat menyebabkan penuaan dini.

  1. Baik untuk kesehatan usus Anda

Selain beragam manfaat di atas, rumput laut juga ternyata baik untuk kesehatan usus. Sebuah penelitian menemukan bahwa zat dalam rumput laut mampu menyerap pengendapan lemak di dalam usus dan membersihkan usus dengan sangat baik. Hal ini tentu saja mempermudah penurunan berat badan karena nutrisi terserap lebih baik.

  1. Kaya akan serat

Kandungan serat dalam rumput laut juga bahkan lebih tinggi dari kebanyakan buah dan sayuran lainnya. Serat dalam rumput laut dapat membuang sampah di dalam sistem pencernaan, sehingga bisa membantu Anda mencegah diare dan menghilangkan sembelit. Mengonsumsi makanan yang kaya serat juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan Anda terkena penyakit jantung di antaranya kolesterol dan tekanan darah yang tinggi, merokok, dan kelebihan berat badan. Rumput laut diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda. Penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan. Rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah.

  1. Baik untuk kesehatan sendi
BACA JUGA:  Optimalkan Manfaat Jus Alpukat dengan Mengkonsumsi Rutin

Zat yang disebut fucoidans dalam rumput laut ditemukan memiliki sifat anti-inflamasi. Meskipun peradangan merupakan proses yang normal dan vital dalam tubuh, namun jika terlalu banyak dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk menyebabkan nyeri sendi. Jika tak ingin mengalami nyeri sendi, mulailah mengonsumsi rumput laut secara rutin. Sebab sifat anti inflamasi yang ada dalam rumput laut dapat membantu menenangkan peradangan berlebih, meringankan nyeri sendi, dan membantu Anda tetap aktif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here