Bawang Putih dan Madu, Home Remedies Untuk Menurunkan Berat Badan

0
265
Paige Cody 1121853 Unsplash
Paige Cody 1121853 Unsplash

SPESIAL.NET – Bawang Putih dan Madu, Home Remedies Untuk Menurunkan Berat Badan. Menurunkan berat badan tidak bisa dibilang mudah, namun perubahan yang kecil pun bisa jadi sangat berarti agar berat badan Anda bisa turun lebih cepat. Ada beberapa kebiasaan baik yang bisa membantu Anda mendapatkan hasil yang cepat, seperti minum air hangat di pagi hari sebelum menyantap sarapan atau mungkin mengganti camilan dengan menu yang lebih sehat.

Namun, ada juga trik yang jarang diketahui orang. Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, Anda mungkin saja familiar dengan trik ini. Trik ini bisa dibilang cukup mudah karena menggunakan bahan-bahan yang bisa ditemukan di rumah Anda, yaitu bawang putih mentah dan madu murni. Kombinasi dari bawang putih dan madu mungkin terlihat tidak menggugah selera, namun ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika Anda sedang melakukan mode detoksifikasi untuk tubuh, maka bawang putih dan madu adalah obat ajaib yang dapat membantu melancarkan pencernaan Anda. Seperti yang dikatakan para ahli, sistem pencernaan yang sehat adalah kunci mempercepat penurunan berat badan.

Mengonsumsi bawang putih mentah lebih baik ketimbang bawang putih yang sudah dimasak, karena kandungan nutrisinya yang masih terjaga. Demikian juga, mengonsumsi madu murni di pagi hari juga dapat membantu memetabolisme lemak dengan lebih baik. Madu, makanan yang bebas lemak dan kolesterol, juga bisa mengurangi rasa lapar Anda. Madu juga merupakan sumber energi yang dapat membuat Anda bertenaga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:  Ingin Menurunkan Berat Badan? Jauhi 7 Pantangan Ini!

Cara mengonsumsi bawang putih mentah dan madu untuk menurunkan berat badan

Anda dapat mempersiapkan kombinasi dari bawang putih mentah dan madu murni dan menyimpannya dalam toples untuk konsumsi sehari-hari. Bahan yang Anda butuhkan hanyalah beberapa siung bawang putih segar yang sudah dibersihkan dan dikupas, madu murni, dan toples.
Masukkan bawang putih yang telah dikupas ke dalam toples, lalu tuangkan madu ke dalamnya. Aduk dengan rata agar madu tercampur dengan bawang putih. Diamkan beberapa saat agar meresap dengan sempurna. Anda dapat mengonsumsi satu siung bawang setiap harinya dalam keadaan perut kosong untuk mencapai penurunan berat badan yang lebih cepat.

Manfaat mengonsumsi bawang putih mentah dan madu

Kedua jenis makanan ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh, selain untuk menurunkan berat badan, di antaranya:

  • Meningkatkan kesehatan otak

Bawang putih dan madu terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak. Dengan konsumsi rutin madu, dalam jangka panjang daya ingat Anda tidak akan menurun secara drastis. Berbagai gangguan yang menyerang otak seperti penyakit Alzheimer dan demensia rupanya bisa dicegah dengan makan bawang putih. Penelitian terbaru dalam Journal of Neurochemistry membuktikan bahwa kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Unsur kimia pada bawang putih tersebut bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf pusat.

  • Mengobati radang dan flu
BACA JUGA:  Serba Serbi Diet Ketogenic yang Perlu Anda Ketahui

Bawang putih dan madu memiliki manfaat untuk mengobati batuk dan pilek. Bawang putih kaya akan senyawa allicin, yang memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur. Senyawa ini ampuh untuk membunuh organisme yang dapat menyebabkan penyakit seperti infeksi, radang, dan flu.

  • Mengendalikan tekanan darah

Kandungan polisulfida pada manfaat bawang putih terbukti mampu mengendalikan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Menurut sebuah jurnal ilmiah Maturitas, polisulfida akan membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar. Tak heran jika makan bawang putih rutin selama tiga bulan ternyata bisa menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian yang dilakukan oleh para pakar di Rafsanjan University of Medical Sciences mengemukakan manfaat bawang putih yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah. Untuk mendapatkan kesimpulan itu, peserta penelitian yang diterbitkan dalam Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences ini diminta untuk mengonsumsi 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari.

  • Baik untuk kulit

Bawang putih dan madu kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antiradang. Karena itu, mengonsumsi bawang putih dan madu secara rutin juga baik untuk kesehatan kulit dan mampu mencegah timbulnya jerawat di wajah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here