Diet Kentang Selama 15 Hari Untuk Menurunkan Berat Badan

0
309
Container Cook Cooking 45247
Container Cook Cooking 45247

SPESIAL.NET – Diet Kentang Selama 15 Hari Untuk Menurunkan Berat Badan. Kentang seringkali dijadikan alternatif sumber karbohidrat pengganti nasi bagi yang sedang menjalankan program diet. Selain memiliki rasa yang enak, kentang juga mudah diolah dengan berbagai jenis makanan lainnya. Kentang memang bukan bahan makanan baru di Indonesia. Konsumsi umbi ini kerap kali ditemui, mulai dari camilan sampai makanan berat. Namun, beberapa akhir ini diet kentang menjadi fenomena menarik di media sosial setelah seorang pria asal Australia, Andrew Taylor, mengklaim telah berhasil menurunkan 30 kilogram berat badannya setelah melakukan diet kentang. Untuk mencapai hasil ini, Andrew hanya makan kentang selama tiga bulan. Selain untuk menurunkan berat badan, kentang juga kaya nutrisi yang penting bagi kesehatan. Vitamin C kentang bekerja sebagai antioksidan yang mampu mencegah atau memperlambat proses kerusakan sel tubuh. Kalsium pada kentang baik untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan sel darah putih. Sedangkan serat yang dikandung kentang merupakan substansi untuk mengontrol tekanan darah, menjaga pencernaan, serta menjaga kesehatan jantung. Jadi tidak perlu ragu untuk menjalankan diet kentang karena kentang kaya akan manfaat.

Kentang Untuk Menurunkan Berat Badan

Selain lezat, kentang memiliki banyak nutrisi untuk tubuh. Dalam kentang terkandung kalium yang bahkan lebih tinggi dari pisang, vitamin C, vitamin B6, zat besi, kalsium, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah alasan mengapa mengonsumsi kentang dapat mengontrol berat badan Anda.

  • Zat pati dalam kentang dapat menjadi sumber tenaga. Hal ini tentu membuat Anda kenyang lebih lama dan lebih bisa mengontrol nafsu makan. Kentang juga mengandung proteinase inhibitor yang dapat menekan nafsu makan Anda.
  • Kentang mentah tidak memiliki lemak dan kalori, sehingga tidak akan menimbun lemak dalam tubuh Anda.
  • Kandungan serat dalam kentang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Sistem pencernaan yang baik akan membantu menurunkan berat badan Anda.
BACA JUGA:  Makanan Super Sehat Namun Mudah Didapat Ini Ternyata Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Cara Melakukan Diet Kentang

Sebelum mulai melakukan diet kentang, Anda harus menentukan tujuan akhir diet Anda. Apakah Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat atau perlahan-lahan. Ada dua jenis diet kentang yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

  • Diet intensif selama 15 hari

Diet ini mungkin akan lebih sulit dilakukan karena Anda hanya bisa mengonsumsi kentang saja. Tentu saja Anda bisa mengolahnya dengan berbagai cara. Kelebihannya, Anda bisa menurunkan berat badan secara cepat jika menjalankan diet ini.

Kentang yang baik untuk diet adalah kentang yang padat. Pilih dan cuci kentang sampai bersih, pastikan tidak kotoran tersisa di kulitnya. Selanjutnya kentang dapat dipotong dan diolah sesuai selera. Cara pengolahan yang direkomendasikan untuk diet adalah direbus, dikukus, dan dipanggang. Jangan tambahkan bumbu masak seperti garam dan gula dalam 3 hari pertama untuk menjaga kentang tetap sehat bagi diet Anda. Mulai di hari ke-4 hingga ke-15, Anda bisa memberi bumbu, rempah, atau minyak zaitun untuk menambah rasa. Agar lebih nikmat sebaiknya kentang disantap saat masih hangat.

  • Diet dengan menjadikan kentang sebagai sumber karbohidrat

Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan diet kentang secara intensif, Anda dapat melakukannya perlahan dengan menjadikan kentang sebagai sumber karbohidrat utama. Ganti konsumsi nasi harian dengan kentang. Nasi mengandung kadar gula yang cukup tinggi dan dapat menaikkan berat badan, membuat tubuh cepat lelah, hingga merasa cepat lapar. Anda dapat merebus, mengukus, atau memanggang kentang sebagai pengganti nasi. Semuanya dapat dinikmati dengan lauk pauk sehari-hari. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menjaga kestabilan berat badan.

BACA JUGA:  Slow-Carb Diet, Metode Diet yang Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Cepat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here