5 Tips Memilih Camilan Sehat Untuk Kesuksesan Program Diet Anda

0
206
Jade Wulfraat 96024 Unsplash
Jade Wulfraat 96024 Unsplash

SPESIAL.NET – 5 Tips Memilih Camilan Sehat Untuk Kesuksesan Program Diet Anda. Ada banyak faktor yang mendukung kesuksesan program penurunan berat badan yang Anda jalankan. Massa tubuh, jumlah lemak, tingkat metabolisme, metode diet, dan hormon adalah beberapa hal yang memengaruhi berhasil atau tidaknya diet yang Anda lakukan. Ada banyak produk di luar sana yang menjanjikan dapat membantu mengurangi berat badan dengan cepat, di antaranya adalah protein bar.

Camilan rendah kalori seperti protein bar mudah dibawa dan bisa dimakan kapan saja. Namun, apakah camilan ini benar-benar bisa menurunkan berat badan? Jawabannya, tergantung nutrisi dari protein bar tersebut. Sebagian besar protein bar mengandung karbohidrat, serat, dan protein yang baik untuk tubuh. Sayangnya, produk ini juga cenderung memiliki kandungan gula dan lemak trans yang tinggi.

Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda mungkin harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsi protein bar setiap hari. Anda dapat memakannya sesekali, tetapi pastikan untuk memilahnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa tips untuk memilah protein bar untuk Anda yang sedang melakukan penurunan berat badan:

  1. Pilihlah protein bar yang terbuat dari sereal sehat seperti gandum dan juga yang mengandung serat tinggi seperti kacang-kacangan. Semakin sedikit bahan-bahannya, maka makanan tersebut semakin sehat.
  2. Pastikan untuk memeriksa kadar gula dalam protein bar tersebut. Apapun yang mengandung akhiran ‘-ose’ dalam label nutrisi, itu berarti adalah gula. Pilih protein bar yang mengandung tidak lebih dari 10 gram gula per bar.
  3. Pilihlah protein bar yang mengandung buah-buahan kering seperti kismis, aprikot, atau kurma. Protein bar dengan kandungan buah-buahan biasanya memiliki rasa manis yang alami dan lebih menyehatkan.
  4. Cek rasio protein dan karbohidrat dalam protein bar Untuk menurunkan berat badan, pilihlah protein bar yang rasio protein dan karbohidratnya 1:1. Menurut Kristin Kirkpatrick, RD, manajer layanan gizi di Cleveland Clinic Wellness Institute, jika protein bar mengandung dua kali lebih banyak karbohidrat ketimbang protein, Anda dapat mengalami lonjakan gula darah.
  5. Hindari protein bar yang berlabel bebas gula, karena biasanya mengandung alkohol gula yang bisa berbahaya bagi kesehatan.
BACA JUGA:  Minyak Zaitun, Superfood yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Meskipun protein bar diperkaya kandungan protein, serat, dan vitamin, namun tetap saja tidak dapat menggantikan nutrisi dari sayuran dan buah-buahan segar. Berikut ini adalah beberapa alternatif camilan yang bisa Anda konsumsi selain protein bar:

  • Yoghurt plain dengan blueberry

Menurut penelitian Journal of the American College of Nutrition, yang dikutip situs Health, kandungan vitamin C pada blueberry dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh Anda.

  • Tuna kalengan dan crackers gandum utuh

Jika Anda tidak menginginkan susu pada menu camilan untuk diet Anda, tuna kaleng dapat menjadi andalan untuk mendapat protein dan omega-3. Untuk mendapatkan 200 kalori, Anda bisa menikmati  85 gram tuna dan 6 crackers gandum utuh.

  • Alpukat dan keju

Jika Anda sedang menginginkan camilan yang kaya, creamy, dan lezat, Anda bisa mengandalkan alpukat. Berikut ini cara yang bisa Anda coba untuk mengonsumsi alpukat: belah dua alpukat ukuran sedang dan buang bijinya. Parut keju di atasnya untuk mengisi cekungan tersebut. Camilan sehat ini bisa menyediakan kalori sebesar 200 kalori, 9 g protein, dan 7 g serat.

  • Satu buah apel dan susu tanpa lemak

Anda bisa memilih satu buah dan satu makanan yang mengandung protein, seperti apel dan susu tanpa lemak. Kedua camilan tersebut dapat memberikan Anda 10 g protein, 5 g serat, dan 200 kalori.

  • Pisang dengan kacang

Anda bisa mengoleskan satu sendok makan selai kacang ke pisang. Menurut penelitian 2013 British Journal of Nutrition yang dikutip oleh situs Health, camilan untuk diet ini manjur menahan nafsu makan sepanjang siang hari.

BACA JUGA:  Cara Termudah Menurunkan Berat Badan dengan Melibatkan Tiga Makanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here