Tips Memilih Cemilan Diet yang Murah Meriah dan Mengenyangkan

0
400
Cemilan Diet
Cemilan Diet

SPESIAL.NET – Ada banyak jenis cemilan diet yang enak dan tetap tidak membuat berat badan bertambah. Meskipun demikian anda perlu teliti dan bijak dalam memilih agar tidak malah merugikan. Baik merugikan program diet anda maupun kantong akibat mahalnya harga cemilan.

Ngemil sebenarnya bukanlah hal yang buruk. Apalagi ngemil lebih mirip kebutuhan yang sudah semestinya disalurkan. Hanya saja anda tetap harus mampu mengontrol diri agar tidak berlebihan. Bagaimana pun, yang namanya berlebihan tentu saja tidak baik.

Tips Ngemil Cerdas Meski Sedang Diet

Advertisement

Menjalankan program diet perlu dilakukan secara cerdas. Menjauhi makanan, terlebih sarapaan pagi, bukannya akan membuat diet berhasil namun bisa membuat anda gatot alias gagal total.

Cemilan Diet
Cemilan Diet

Nah, berikut ini tips ngemil yang cerdas untuk anda yang sedang diet.

1. Rencanakan Cemilan Diet

Daripada ngemil tanpa sadar lebih baik anda membuat perencanaan dengan menyediakan cemilan diet. Anda bisa berbelanja dan menyimpan banyak buah, sayuran, atau bahan makanan sehat lainnya di dalam kulkas. Saat perut terasa lapar, tinggal buaat saja cemilan yang sudah anda rencanakan.

2. Buat Resep Cemilan Sendiri

Makan hasil keringat sendiri tentunya akan emmberikan kepuasan lebih besar. Begitu pun dalam meniikmati cemilan diet akan lebih nikmatt dan hasilnya lebih optimal jika dibuat sendiri. Anda bisa berkreasi dengan mendasarkan pada kandungaan nutrisi setiap bahan makanan yang dipilih. Selain lebih sesuai selera, membuat cemilan sendiri juga lebih sehat dan lebih higienis.

BACA JUGA:  Optimalkan Manfaat Jus Alpukat dengan Mengkonsumsi Rutin

3. Utamakan Camilan Berprotein dan Berserat

Selain berguna untuk menghilangkan rasa lapar, kandungan serat dan protein juga berguna untuk memenuhi kebutuhan energy harian anda. Beberapa jenis bahan makanann yang banyak menganndung serta dan protein tinggi antara lain telur, ikan tuna, roti gandum, susu rendah lemak, kacang-kacangan, yogurt, dan buah-buahan.

4. Tak Perlu Menahan Lapar

Banyak ahli gizi yang mengatakan agar kita tidak menahan rasa lapar yang justru bisa membuat anda ‘balas dendam’. Yang diperlukan agar memilh cemilan diet yang menyehatkan dan berkalori tinggi, seperti biscuit atau cokelat. Sebagai takaran, anda bisa ngemil hingga 200 kalori perhari untuk mencegah lapar sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

5. Nikmati Cemilan Diet Anda

Makan cemilan ataupun makan utama tak akan membuat kenyang jika dilakukan sambil melakukan aktivitas lain, seperti sambil nonton TV, sambil main game, ataupun sambil mengerjakan tugas kantor atau PR. Saat makan cemilan justru harus dinikmati dan dilakukan dengan serius agar anda dapat menikmati makanan yang masuk ke dalam tubuh anda.

Beberapa Cemilan Diet Pilihan

Setelah mengetahui pentingnya ngemil, berikut ini beberapa jenis cemilan diet yang bisa anda pilih.

1. Roti atau Pisang dengan Selai Kacang

Mengoleskan selai kacang pada dua helai roti gandum atau pisang akan memberikan energy yang cukup untuk aktivitas anda. Bahkan dengan cemilan diet ini anda bisa tahan lapar hingga waktunya makan siang.

BACA JUGA:  Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Buah Pepaya

2. Yogurt dan Blueberry atau Madu

Yogurt mengandung lemak sehat, serat, dan protein mampu menahan rasa lapar saat sore. Begitu juga kandungan nutrisi dalam buah berry dan madu akan memberikan energi yang cukup dari siang hingga waktu makan malam.

3. Crackers Gandum dan Ikan Tuna

Jika anda kurang suka susu, kombinasi ikan tuna dan crackers gandum juga merupakan resep cemilan diet yang sangat baik untuk anda. Dari pada repot mengolahnya, beli saja ikan kaleng yang siap olah.

4. Menu Keju dan Alpukat

Kombinasi buah alpukat dan keju juga sangat kaya denga kalori dan serat tinggi. Apalagi alpukat juga memiliki kandungan yang mampu menangkal kelosterol jahat sehingga baik juga untuk menjaga kesehatan jantung. Buat saja menjadi jus. Jika kurang manis bisa ditambahkan madu.

Demikianlah tips memilih cemilan diet yang murah meriah dan mengenyangkan yang semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here