7 Manfaat Buah Bit, Meningkatkan Stamina Hingga Menurunkan Berat Badan

0
195
Beet Beetroot Beetroot Slice 1229357
Beet Beetroot Beetroot Slice 1229357

SPESIAL.NET – 7 Manfaat Buah Bit, Meningkatkan Stamina Hingga Menurunkan Berat Badan. Kita seringkali mengandalkan metode diet yang sedang populer untuk menurunkan berat badan. Iming-iming hasil cepat dengan usaha minimal rasanya membuat sulit untuk mengabaikan metode diet tersebut. Namun biasanya, metode diet yang menjanjikan memberi hasil yang cepat tidak berlaku untuk jangka waktu yang panjang. Berat badan Anda akan kembali naik tidak lama setelah itu.

Jika Anda ingin menghindari situasi seperti itu, mulailah mengonsumsi makanan yang sehat dengan kombinasi yang tepat. Makan makanan yang kaya serat, mineral, vitamin, serta rendah lemak dan kalori. Kombinasikan makanan tersebut sehingga tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang cukup setiap harinya.

Salah satu makanan yang bisa Anda konsumsi adalah beetroot atau buah bit. Sayuran ini seringkali disebut sebagai superfood karena kandungan nutrisinya. Berikut ini beberapa manfaat dari mengonsumsi buah bit secara rutin.

  1. Meningkatkan stamina tubuh

Kandungan nitrat dalam buah bit dapat mengurangi pembakaran oksigen saat olahraga, sehingga rasa lelah dapat berkurang. Penelitian dari Universitas Exter di Inggris menyatakan, minum jus bit bisa membantu orang  yang berolahraga menjadi 16 persen lebih kuat dan berstamina. Buah bit juga kaya akan mineral kalium yang membantu saraf dan otot berfungsi dengan baik, sehingga bisa mencegah terjadinya kram otot.

  1. Melancarkan pencernaan

Buah bit kaya akan kandungan serat. Dalam satu porsi buah bit terkandung 3,8 gram serat. Kandungan nutrisi ini membuat buah bit dapat membantu kelancaran proses pencernaan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat buah bit adalah juga untuk mencegah kerusakan dinding saluran cerna karena proses peradangan, konstipasi, dan kanker usus besar.

  1. Kaya antioksidan
BACA JUGA:  Jamur, Makanan Pengganti Daging Untuk Diet Sehat Anda

Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan masuknya radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Antioksidan juga bisa mencegah terjadinya stres oksidatif dan merusak sel-sel baik di dalam tubuh Anda. Selain itu  beberapa penelitian telah menemukan bahwa antioksidan dapat melindungi tubuh terhadap banyak jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes.

  1. Mencegah pikun

Kandungan nitrit dalam buah bit juga diduga mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke tempat-tempat yang kekurangan oksigen. Minum jus buah bit dapat meningkatkan aliran darah ke otak pada lansia dan melawan perkembangan gejala pikun.

  1. Baik untuk ibu hamil

Buah bit kaya akan folat yang baik untuk ibu hamil. Folat membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin dan menurunkan risiko bayi terlahir prematur.

  1. Mencegah anemia

Kandungan zat besi dalam buah bit cukup tinggi, sehingga dapat mengaktifkan dan meregenerasi sel darah merah. Mengonsumsi buah bit secara rutin dapat menyuplai oksigen sehingga membuat Anda terhindar dari anemia.

  1. Memiliki sifat antiradang

Proses peradangan sebenarnya merupakan respon alami tubuh untuk melawan benda asing. Tetapi jika peradangan berlangsung lama atau kronis, maka ada dampak buruk bagi kesehatan yang dapat terjadi, seperti kerusakan pembuluh darah dan kerusakan jaringan tubuh. Salah satu manfaat buah bit adalah dapat menekan peradangan dan mencegah kerusakan di dalam tubuh.

BACA JUGA:  Ciri-Ciri Diabetes yang Membedakan Jenis Kering dan Basah

Jus Buah Bit Untuk Menurunkan Berat Badan

Buah bit kaya akan kandungan serat. Seperti yang diketahui, serat sangat penting bagi yang sedang menurunkan berat badan karena bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Rutin mengonsumsi buah bit dapat menurunkan berat badan dengan memberikan jumlah kalori yang rendah, karena 100 ml jus buah bit hanya mengandung 35 kalori. Berat badan Anda perlahan bisa menyusut sampai 4 pon selama 4 bulan jika rutin konsumsi buah bit dan makan makanan yang sehat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa rutin mengonsumsi jus buah bit. Anda dapat menambahkan buah-buahan atau sayuran lain untuk mempercepat proses penurunan berat badan, seperti apel, delima, tomat, dan wortel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here