Kurma, Si Manis yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

0
699
Mona Mok 1062011 Unsplash
Mona Mok 1062011 Unsplash

SPESIAL.NET – Kurma, Si Manis yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan. Kurma dianggap sebagai makanan yang ideal karena kaya akan nutrisi dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Karena kaya akan serat dan asam lemak, kurma dapat membantu penurunan berat badan dengan membuang toksin, mengatur kadar gula darah, dan mengurangi peradangan. Buah-buahan ini dapat memuaskan rasa ngidam akan makanan manis tanpa membuat Anda menimbun kalori ekstra. Tetapi, Anda tetap harus mengontrol ukuran porsi saat mengonsumsinya, karena apapun yang berlebihan tentu tidak akan baik bagi tubuh. Kurma kaya akan karbohidrat (44-88%), serat (6,4-11,5%), protein (2,3-5,6%), lemak (0,2-0,5%), mineral (besi, magnesium, tembaga, kalsium, natrium, dan lain-lain), dan juga vitamin (A, B1, B2, C, niasin). Jadi, jelas dari profil gizi tersebut bahwa kurma tidak hanya super lezat tetapi juga sangat bergizi. Sekarang, mari kita memahami bagaimana kurma dapat membantu proses penurunan berat badan.

Konsumsi Kurma Untuk Menurunkan Berat Badan

Advertisement

Meskipun manis dan kaya kandungan karbohidrat, kurma dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena alasan berikut.

  1. Kaya akan serat

Kurma kaya akan serat. Serat bekerja dengan tiga cara yang menghasilkan penurunan berat badan. Pertama, serat membantu memperlambat penyerapan makanan di usus besar, sehingga membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama. Ini juga mencegah lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Kedua, serat dapat membantu mencegah penyerapan lemak. Dan ketiga, serat membantu dalam produksi asam lemak rantai pendek di usus, yang pada dasarnya adalah makanan untuk bakteri usus yang baik. Bakteri usus ini membantu pencernaan, yang pada akhirnya membantu meningkatkan metabolisme.

  1. Memiliki kadar asam lemak tak jenuh yang tinggi
BACA JUGA:  Diet Dopamin, Menjanjikan Penurunan Berat Badan dan Pikiran yang Bahagia

Tidak semua lemak memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Seperti asam lemak tak jenuh yang ditemukan dalam kurma. Asam lemak tak jenuh ini dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan dapat terjadi karena berbagai alasan seperti cedera, penyakit, atau konsumsi makanan yang tidak sehat. Berita buruknya adalah, peradangan terkait dengan obesitas, resistensi insulin, diabetes, penyakit hati, dan sebagainya. Dengan rutin mengonsumsi kurma, Anda dapat mengurangi peradangan, sehingga menurunkan peluang kenaikan berat badan.

  1. Sumber protein yang baik

Kurma juga kaya akan kandungan protein. Protein sulit dicerna dan membutuhkan waktu transisi di usus besar lebih lama, sehingga membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu lama. Selain itu, protein juga dapat membantu membangun dan memperbaiki otot tubuh Anda.

  1. Kaya antioksidan

Buah kering, termasuk kurma, kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu menangkis radikal bebas yang berbahaya. Kurma segar mengandung antioksidan seperti antosianin, fenolik, dan karoten, sehingga dapat membantu membuang racun dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, dan juga melancarkan sistem pencernaan yang pada akhirnya dapat membantu penurunan berat badan.

Cara Menambahkan Kurma ke Dalam Menu Diet Anda

Anda bisa mengonsumsi 4-6 butir kurma per hari untuk mengontrol rasa lapar dan juga menambah nutrisi pada tubuh. Selain dikonsumsi secara langsung, kurma juga dapat diolah dengan makanan lain. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menambahkan kurma ke dalam menu diet Anda.

  • Salah satu cara yang menyenangkan untuk memakan kurma adalah dengan membuang bijinya dan mengisinya beberapa potong kenari dan almond atau buah kering lainnya.
  • Tambahkan kurma yang telah dicincang ke salad buah atau hidangan penutup.
  • Anda juga bisa menambahkan kurma dalam sayuran, hidangan nasi, dan sebagainya.
  • Metode yang sangat umum untuk mengonsumsi kurma adalah dengan menambahkannya ke susu.
  • Anda juga dapat menambahkan kurma ke yogurt, smoothie, sereal, dan atau kue.
BACA JUGA:  5 Tips Menemukan Metode Diet yang Tepat Bagi Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here