Cara Membuat Keripik Berbahan Ubi yang Kaya Gizi

0
205
Cara Membuat Keripik
Cara Membuat Keripik

SPESIAL.NET – Cara membuat keripik tidaklah sulit, apalagi ada banyak sekali bahan makanan yang bisa dijadikan keripik. Dari kentang, singkkong,buah-buahan, hingga sayuran. Namun eksplorasi terhadap bahan-bahan untuk dijadikan cemilan keripikk tampaknya kurang optimal.

Trend olahan keripik selama ini lebih banyak menggunakan bahan yang sudah dikenal masyarakat. Kentang dan singkong merupakan bahan yang paling sering dijadikan keripik. Padahal masih banyak lagi bahan makanan yang bisa lebih dioptimalkan lagi untuk diversifikasi pangan.

Cara Membuat Keripik
Cara Membuat Keripik

Salah satu bahan makanan asli Indonesia yang sangat potensial untuk diolah menjadi cemilan adalah ubi-ubian. Menariknya, selain singkong, jenis ubi cukup banyak dan belum banyak dimanfaatkan untuk dijadikan cemilan keripik. Diantaranya kita mengenal ubi jalar, ubi cilembu, ubi ungu, ubi talas, ganyonng, ubi garut, dan masih banyak lainnya.

Cara Membuat Keripik Beragam Jenis Ubi

Ubi termasuk jenis makanan yang sarat dengan kandungan gizi. Cara membuat keripik dari ubi juga amat mudah dan memberikan peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

Cara Membuat Keripik Ubi Cilembu

Ubi cilembu juga trmasuk keluarga umbi-umbian yang kaya nutrisi. Dibandingkan singkong, jenis ubi yang satu ini memang kurang popular. Meskipun begitu ubi cilmbu juga nak untuk dijadikan cemilan keripik. Apalagi cara membuat keripik ubi cilembu amatlah mudah.

Bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • ubi cilembu 1 kg
  • minyak sawit 250 gram
  • air kapur sirih secukupnya
BACA JUGA:  Cara Membuat Keripik Nangka Cemilan Manis yang Kaya Gizi

Cara Membuat Keripik Ubi Madu Cilembu :

  1. Terlebih dahulu ubi cilembu dikupas dan dicuci hingga benar-benar bersih. Setelah itu potong melintang dengan ketebalan yang cukup tipis. Gunakan pemotong singkong agar lebih efisien.
  2. Sebaiknya rendam irisan ubi cilmbu dalam air kapus sirih selama beberapa menit lalu tiriskan.
  3. Panaskan minyak goreng agak banyak lalu goreng ubi madu cilembu hingga matang dan kering lalu tiriskan.
  4. Setelah agak hangat lalu masukkan dalam toples atau wadah trtutup dan siap disajikan atau disantap.

Cara Membuat Keripik Ubi Ungu Manis

Ubi ungu juga termasuk jeni ubi yang sangat baik untuik dijadikan keripik. Kandungan nutrisinya yang tinggi sangat cocok untuk menjadi cemilan yang sering dikonsumsi. Apalagi cara membuat keripik ubi ungu yang renyah tidaklah sulit dan juga murah, bahkan bisa untuk dijual.

Bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • ubi ungu segar 1 kg
  • gula pasir 200 gram
  • air kapur sirih 2 sdm
  • air bersih secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuat keripik ubi ungu yang renyah berikut ini:

  1. Pertama-tama kupas ubi ungu lalu dicuci hingga bersih.
  2. Setelah itu iris atau potong melintang dengan ketebalan yang cukup tipis. Sebaiknya lakukann dengan alat pengupas agar hasilnya lebih baik.
  3. Siapkan wadaah dan campurkan kapur sirih dengan air yang besih dan aduk rata atau terlarut. Setelah itu rendam irisan ubi ungu sekitar 1 higga 2 jam lalu angkat dan tiriskan
  4. Selanjutnya jemur irisan ubi ungu langsung dibawah terik matahari sampai benar-benar kering.
  5. Siapkan wadah dan larutkan gula pasir dengan air secukupnya lalu aduk hingga gulanya larut. Setelah itu masukkan dan rendam ubi dalam larutan gula.
  6. Panaskan minyak agak banyak lalu goreng ubi hingga matang dan kering dan tiriskan hingga agak hangat.
  7. Setelah itu masukkan keripik ubi ungi ke dalam wadah tertutup atau toples dan siap dinikmati.
BACA JUGA:  3 Cemilan Kekinian yang Lagi Hits dan Bikin Kenyang

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar

Ubi jalar juga termausk bahan makanan yang terkenal dan disukai masyarakat Indonesia. Ubi ini kaya dengan kandungan klarbohidrat dan bisa dimanfaatkan sebagai pengganti nasi. Cara membuat keripik ubi jalar juga cukup mudah.

Bahan- bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • ubi jalar 1 kg
  • minyak goreng 1 kg
  • gula halus 50 gram

Cara membuat keripik ubi jalar adalah sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu bersihkan dan kupas kulit ubi jalar lalu cuci bersih dengan air yang mengalir hingga bersih dan tidak licin lalu keringkan.
  2. Setelah itu potong ubi dengan ketebalan yang cukup tipis. Sebaiknya lakukan dengan pengubas ubi agar efisien dan ketebalannya sama.
  3. Siapkan dan panaskan wajan dengan minyak yang banyak. Setelah minyak benar-bnar panas masukkan irisan ubi dan goreng dengan sering mengaduk agar tidak gosong dan merata matangnya.
  4. Setelah warna ubi berubah menjadi kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan di atas kertas koran. Taburkan gula pasir halus atau garam agar rasanya lebih dominan.
  5. Setelah agak hangat pindahkan ke dalam toples atau wadah tertutup dan sajikan.

Demikianlah beberapa resep dan cara membuat keripik berbahan ubi yang kaya gizi untuk cemilan santai bersama keluarga, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here