5 Camilan Tinggi Serat Untuk Anda yang Sedang Diet

0
224
Mc Jefferson Agloro 186549 Unsplash
Mc Jefferson Agloro 186549 Unsplash

SPESIAL.NET – 5 Camilan Tinggi Serat Untuk Anda yang Sedang Diet. Menghilangkan lemak di perut memang membutuhkan perjuangan ekstra. Jika Anda sudah mencoba berbagai metode diet namun belum mendapatkan hasil yang diinginkan, hal itu mungkin dikarenakan ada yang salah dalam pola diet Anda. Kunci dari menurunkan berat badan adalah tentang apa dan berapa banyak makanan yang Anda makan. Selain protein, para ahli selalu merekomendasikan untuk menambah asupan serat bagi Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan diet kaya serat dapat membantu mengatur berat badan dengan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan mengidam. Mengonsumsi makanan kaya serat juga dapat melancarkan pencernaan, membantu pergerakan usus halus, dan juga menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali. Makanan berserat tinggi juga sangat baik untuk jantung serta bisa mengurangi risiko penyakit stroke dan hipertensi. Ini berarti bahwa mengganti makanan manis dengan makanan yang tinggi serat sebenarnya dapat membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan yang lebih cepat. Anda dapat melakukannya dengan kebiasaan mengemil juga. Ganti cokelat, keripik, puding, atau kue kering dengan pilihan camilan berserat tinggi. Camilan berserat tinggi tidak hanya enak tetapi juga dapat membuat Anda lebih kenyang di antara waktu makan dan mengekang keinginan untuk makan berlebihan. Berikut ini adalah beberapa makanan dengan kandungan serat tinggi yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

  1. Jagung
BACA JUGA:  Ini Dia Cara Menghilangkan Lemak di Perut Agar Terlihat Indah

Jagung ternyata dapat dijadikan camilan yang baik bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Setengah cangkir biji jagung mengandung 2 gram serat. Anda bisa mengukusnya dan menambahkan parutan kelapa untuk memperkaya rasa. Popcorn juga bisa menjadi alternatif camilan rendah kalori, dengan sekitar 3,5 gram serat per 3 cangkir sajian.

  1. Hummus dan sayuran

Hummus mungkin terdengar asing bagi beberapa orang. Hummus sejatinya adalah kuliner khas Timur Tengah. Bentuknya mirip dengan bubur, tapi dengan tekstur yang sedikit lebih kasar, kental, dan berminyak. Hummus adalah hidangan pelengkap yang biasanya dijadikan cocolan, baik itu roti atau keripik. Hummus tradisional hanya dibuat dari 4 bahan, yaitu chickpea (sejenis kacang arab), minyak zaitun atau minyak wijen, bawang putih, dan jus lemon. Tapi sekarang ini sudah banyak ragam variasi hummus agar lebih kaya rasa atau bisa diterima di lidah masyarakat tertentu. Anda dapat menambahkan beberapa irisan tomat dan mentimun ke hummus Anda agar lebih kaya gizi, sehat, dan lezat.

  1. Biji labu panggang

Selain dagingnya, biji labu ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Biji labu bisa dijadikan alternatif camilan untuk Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Biji labu kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Anda dapat membuat camilan dari biji labu dengan cara dipanggang. Bumbui dengan sedikit bubuk kari atau cabai rawit untuk pilihan camilan yang pedas. Anda juga bisa menambahkan kayu manis, cengkeh, atau pala ke biji labu Anda untuk menghasilkan camilan yang lezat.

  1. Kecambah
BACA JUGA:  Hati-Hati! 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bisa Membuat Anda Gemuk

Kecambah atau taoge kaya akan serat makanan yang sangat cocok dijadikan camilan untuk diet Anda. Kecambah mengandung sekitar 7,6 gram serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan dan membuang racun, yang bukan hanya dapat menurunkan kolesterol, namun juga sekaligus membantu membersihkan tubuh.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang kaya serat dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Untuk membuat rasanya lebih enak, Anda dapat menambahkan wortel, kacang polong, dan rempah rempah lainnya. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan, seperti stroberi atau pisang jika ingin makanan yang rasanya manis.

Itulah beberapa alternatif camilan tinggi serat yang bisa Anda konsumsi saat sedang menjalankan program diet. Selain mengganti camilan, Anda juga harus memperbaiki pola makan dan rutin melakukan olahraga untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here