8 Alasan Mengapa Kecambah Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

0
225
Elli O 33653 Unsplash
Elli O 33653 Unsplash

SPESIAL.NET – 8 Alasan Mengapa Kecambah Baik Untuk Menurunkan Berat Badan. Kenaikan berat badan adalah masalah yang menghantui banyak dari kita saat ini. Ada orang yang percaya bahwa olahraga teratur sudah cukup untuk menurunkan berat badan. Jika Anda pun berpikiran demikian, mungkin itu adalah alasan mengapa berat badan Anda tidak kunjung mengalami perubahan. Berolahraga saja tanpa diimbangi dengan diet yang tepat tidak akan pernah bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin mengurangi beberapa kilo berat badan, maka Anda harus makan dengan benar. Anda membutuhkan diet yang seimbang dan bergizi. Anda pun mungkin harus menghindari mengonsumsi makanan favorit. Mengorbankan sedikit makanan cepat saji bisa sangat membantu dalam mendapatkan tubuh yang langsing.

Ketika berbicara tentang mengonsumsi makanan sehat, banyak orang yang menyarankan kecambah. Kecambah dikenal baik untuk kesehatan karena nilai gizinya. Kecambah mengandung banyak protein, kalsium, serat, vitamin dan mineral. Kecambah juga berfungsi untuk membersihkan darah dan memperkuat sistem imun.Tetapi apakah kecambah baik untuk menurunkan berat badan? Berikut ini adalah penjelasannya.

Manfaat kecambah untuk menurunkan berat badan

  1. Kaya akan serat

Serat adalah nutrisi penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Kecambah mengandung sekitar 7,6 gram serat. Serat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan Anda dan mencegah terjadinya sembelit.

  1. Mengontrol rasa lapar
BACA JUGA:  Tips Menjalankan Diet Sehat di Tahun yang Baru

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kecambah kaya akan kandungan serat. Mengonsumsi kecambah dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah Anda untuk makan berlebihan.

  1. Rendah kalori

100 gram kecambah hanya mengandung sekitar 100 kalori. Anda bisa mendapatkan semua nutrisi dalam kecambah tanpa khawatir akan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Anda bisa menambahkan kecambah dalam menu salad sayur atau merebus sebentar dan dijadikan teman makan pecel.

  1. Kaya vitamin dan mineral

Kecambah juga merupakan salah satu bahan makanan kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. 100 gram kecambah bisa memberikan 40% asupan vitamin B9 harian Anda. Kecambah juga mengandung Vitamin B5, Vitamin B6 dan Vitamin B1 dalam jumlah yang banyak.

  1. Rendah lemak

Hidangan yang terbuat dari kecambah mengandung sekitar 4 gram lemak yang berasal dari minyak yang digunakan untuk hidangan tersebut. Tetapi jika dimakan mentah, kecambah mengandung sangat sedikit lemak. Dalam 100 gram kecambah hanya mengandung sekitar 0,38 gram lemak.

  1. Tinggi protein

Banyak peneliti berpendapat bahwa peningkatan asupan protein menghasilkan penurunan lemak lebih cepat. Selain itu, protein juga memainkan peran penting dalam memperbaiki jaringan, merangsang pertumbuhan rambut, dan menawarkan banyak manfaat lainnya. Semangkuk kecambah mengandung sekitar 14 gram protein.

  1. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi kecambah juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah secara signifikan. Dengan menurunkan kadar kolesterol, itu juga berarti mengurangi risiko penyakit jantung dan juga dapat membantu menjaga berat badan.

  1. Mendetoksifikasi tubuh
BACA JUGA:  Turunkan Berat Badan dalam waktu 7 Hari dengan Diet Oatmeal

Kecambah mengandung klorofil, yang dapat membersihkan dan memberi oksigen pada tubuh Anda. Enzim dalam kecambah membantu pencernaan nutrisi sementara kandungan seratnya menurunkan kadar kolesterol darah. Semua sifat ini membantu detoksifikasi tubuh dan penurunan berat badan.

Jika Anda adalah orang yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, maka masukkan kecambah dalam menu diet sehari-hari Anda dan lihat hasilnya. Semangkuk kecambah rebus adalah camilan sempurna dan benar-benar dapat membantu Anda menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here