8 Manfaat Biji Labu: Menyuburkan Rambut Hingga Menurunkan Berat Badan

0
171
Chuttersnap 412993 Unsplash
Chuttersnap 412993 Unsplash

SPESIAL.NET – 8 Manfaat Biji Labu: Menyuburkan Rambut Hingga Menurunkan Berat Badan. Musim hujan biasanya membuat Anda merasa lebih sering lapar dan sulit lepas dari camilan. Namun, Anda juga harus bijak dalam memilih camilan untuk dikonsumsi. Mengganti camilan dari makanan yang digoreng menjadi camilan sehat dapat menjadi solusi. Selain dapat menangkal penyakit yang mungkin menyerang saat musim hujan, mengonsumsi camilan sehat juga bisa berdampak pada penurunan berat badan. Salah satu camilan yang dapat menjadi penyelamat adalah biji labu.

Labu merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung nutrisi serta vitamin baik buat kesehatan tubuh. Labu, juga memiliki rasa yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai makanan yang menggugah selera. Selain daging buahnya yang memiliki rasa enak dan berkhasiat, biji labu juga memiliki nutrisi serta vitamin yang tak kalah sehat. Biji labu mengandung berbagai nutrisi, mulai dari magnesium, protein, zat besi, dan juga sumber vitamin yang baik. Biji labu juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Biji labu merupakan sumber energi yang baik karena kaya akan kandungan protein, serat, dan lemak baik. Biji labu cocok dijadikan camilan bagi yang sedang menjalankan program diet karena dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dalam 100 gram biji labu mengandung sekitar 560 kalori dan dapat memenuhi 50% kebutuhan protein harian Anda. Selain menurunkan berat badan, rutin mengonsumsi biji labu juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya:

  1. Membuat jantung sehat
BACA JUGA:  Ingin Menurunkan Berat Badan? Hindari Diet Rendah Karbohidrat

Biji labu kaya akan kandungan lemak baik, serat, dan berbagai antioksidan yang bermanfaat bagi jantung. Biji labu terdiri dari asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Kehadiran magnesium dalam biji labu juga membantu mengatur tingkat tekanan darah.

  1. Membantu tidur lebih nyenyak

Mengandung triptofan yang tergolong ke dalam asam amino esensial, biji labu kuning dapat membantu mengatur suasana hati dan pikiran lebih baik, sehingga tidur akan menjadi semakin nyenyak. Triptofan sendiri berfungsi untuk membantu tubuh dalam memproduksi hormon serotonin, yang juga dikenal sebagai pil tidur alami.

  1. Mengatasi nyeri sendi

Biji labu dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mengurangi nyeri pada sendi. Minyak biji labu adalah obat yang baik untuk mengobati rasa sakit pada persendian.

  1. Meningkatkan imunitas

Kehadiran antioksidan dan fitokimia dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan mengurangi kemungkinan infeksi virus yang dapat menyebabkan pilek, flu, kelelahan, dan penyakit lainnya, terutama selama musim hujan.

  1. Mengurangi risiko penyakit kanker

Mengonsumsi biji labu secara teratur juga dapat mengurangi risiko terjangkit beragam jenis kanker, mulai dari kanker payudara, kanker paru-paru, kanker perut, kanker prostat dan kanker usus besar.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Biji labu membantu meningkatkan regulasi insulin pada penderita diabetes dan mengurangi stres oksidatif. Biji labu kaya akan protein yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

  1. Membantu pertumbuhan rambut
BACA JUGA:  Cara Menurunkan Berat Badan dengan Konsumsi Terong

Biji labu terdiri dari cucurbitin, amino unik yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, biji labu juga mengandung vitamin C yang juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut. Oleskan minyak biji labu ke kulit kepala atau cukup konsumsi beberapa kali sehari.

  1. Menghancurkan batu ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat berisiko dan mematikan. Untuk menghancurkan atau melarutkan batu ginjal tersebut, disarankan untuk konsumsi biji labu secara rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here