Hummus, Saus Cocol Khas Timur Tengah yang Cocok Menjadi Teman Diet Anda

0
198
Appetizer Bowl Bread 1618898
Appetizer Bowl Bread 1618898

SPESIAL.NET – Hummus, Saus Cocol Khas Timur Tengah yang Cocok Menjadi Teman Diet Anda. Menjalankan pola hidup sehat, seperti clean eating atau vegan, sedang menjadi tren belakangan ini. Tidak sedikit orang yang beralih mengonsumsi makanan utuh dan menghindari konsumsi makanan cepat saji. Pun demikian dengan camilan. Orang-orang mulai meninggalkan camilan yang tinggi gula atau zat adiktif dan menggantinya dengan camilan sehat. Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mengganti camilan tinggi kalori menjadi camilan yang sehat. Anda akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti diabetes atau kanker. Selain itu, mengonsumsi camilan sehat juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Salah satu camilan sehat yang juga sedang menjadi tren belakangan ini adalah hummus. Apa itu hummus? Benarkah hummus bisa membantu menurunkan berat badan? Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa itu hummus?

Hummus adalah saus cocol khas Timur Tengah yang terbuat dari chickpeas (kacang arab), minyak zaitun atau minyak wijen, bawang putih, dan jus lemon. Namun, kini sudah banyak variasi rasa dari hummus agar bisa lebih diterima oleh masyarakat tertentu. Hummus biasa dinikmati dengan roti atau keripik. Hummus bisa menjadi teman makan camilan yang enak juga bergizi dan bisa ditambahkan pada menu diet Anda.

Hummus untuk membantu menurunkan berat badan

Hummus kaya akan serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang membuatnya sangat baik untuk dikonsumsi saat Anda sedang menjalankan program diet. Ahli gizi mengatakan bahwa hummus kaya akan protein yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan menyeimbangkan gula darah. Ini juga bisa membantu Anda mengurangi keinginan untuk mengemil secara berlebihan. Kandungan zat besi dalam hummus juga bisa membantu meningkatkan energi Anda.

BACA JUGA:  5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Diet Anda Gagal dan Cara Mengatasinya

Sebuah studi pada Journal of Nutrition & Food Sciences pada tahun 2014 menemukan fakta bahwa orang dewasa yang mengonsumsi hummus memiliki kemungkinan 53% lebih kecil untuk mengalami obesitas. Berikut ini beberapa manfaat apabila Anda mengonsumsi hummus:

  • Mendapatkan asupan serat 52% lebih banyak
  • Mendapat 13% lebih banyak asupan lemak baik untuk tubuh
  • Konsumsi gula 20% lebih sedikit
  • Makan lebih banyak buah, sayuran, dan sereal sehat setiap hari
  • Memiliki ukuran pinggang yang lebih kecil

Tips konsumsi hummus untuk turunkan berat badan

  • Mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi yang berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Demikian juga dengan mengonsumsi hummus. Dua sendok makan hummus mengandung sekitar 70 kalori. Jika Anda sedang menjalankan program diet, Anda bisa mengonsumsi hummus maksimal tiga porsi per hari.
  • Oleskan hummus pada sandwich atau keripik favorit Anda. Saus cocol yang berbahan dasar mayones biasanya tinggi akan kalori dan kurang baik untuk menurunkan berat badan Anda.
  • Untuk mendapatkan camilan yang lezat dan juga sehat, Anda bisa mengonsumsi sayuran, seperti wortel, mentimun, seledri, atau paprika yang dicocol dengan hummus. Mengganti keripik menjadi sayuran bisa menjadi salah satu alternatif camilan sehat untuk menurunkan berat badan.
  • Anda harus bijak saat membeli hummus instan yang biasa tersedia di pasaran. Ada beberapa hummus instan yang memiliki kandungan kalori tinggi. Pastikan untuk memeriksa label nutrisinya sebelum membeli. Supaya lebih sehat, Anda bisa membuat hummus sendiri di rumah. Anda hanya perlu memblender semua bahan dan memberikan rempah, seperti garam atau lada untuk menambahkan rasa.
BACA JUGA:  Makanan Super Sehat Namun Mudah Didapat Ini Ternyata Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan makanan diet memiliki rasa yang tawar dan membosankan. Hummus bisa menjadi salah satu alternatif untuk menu camilan diet Anda karena kaya akan rasa, lezat, dan memiliki banyak nutrisi untuk tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here