Jagung, Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Baik Untuk Diet

0
172
Charles 732126 Unsplash
Charles 732126 Unsplash

SPESIAL.NET – Jagung, Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi yang Baik Untuk Diet. Jagung merupakan tanaman penghasil karbohidrat, selain gandum dan padi. Jagung adalah makanan pokok penduduk Amerika Tengah dan Selatan, sebagian penduduk Afrika, juga beberapa penduduk di Indonesia. Jagung dapat dinikmati dengan berbagai cara, seperti direbus, dikukus, dibakar atau bahkan diolah menjadi makanan lain yang lezat. Jagung yang harganya relatif murah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bahkan bisa memenuhi asupan harian karbohidrat menggantikan nasi. Kebanyakan orang Indonesia memang tidak bisa lepas dari nasi. Namun, mengonsumsi nasi terlalu banyak ternyata bisa membuat berat badan Anda bertambah.

Bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan, mengganti konsumsi nasi dengan jagung bisa menjadi pilihan yang baik. Jagung mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Vitamin yang terdapat pada jagung manis antara lain folat, vitamin A, vitamin, C, dan vitamin B. Sedangkan mineral yang banyak terdapat pada popcorn antara lain mangan, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, seng, dan tembaga. Jagung juga mengandung lemak dalam jumlah sedikit, namun jenis lemak ini adalah lemak baik. Dibanding asupan biji-bijian lainnya, jagung mengandung lebih banyak antioksidan, seperti asam ferulat, phytic acid, zat antosianin yang memengaruhi warna jagung menjadi merah, biru, dan ungu, serta zat zeaxanthin dan lutein yakni karotenoid yang baik untuk kesehatan mata. Karena kandungan nutrisinya yang seimbang, jagung sangat cocok dijadikan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi dalam menu diet Anda. Selain dapat menurunkan berat badan, jagung juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan, di antaranya:

  • Menyehatkan jantung
BACA JUGA:  Konsumsi 3 Minuman Ini Sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Jagung kaya akan serat dan protein yang baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi jagung sebagai pengganti nasi secara rutin dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

  • Menurunkan risiko diabetes

Penderita diabetes sebaiknya memilih sumber karbohidrat dengan bijak, karena karbohidrat dapat menaikkan kadar gula darah. Sumber karbohidrat yang didapatkan dari sayuran yang mengandung pati dapat menjadi salah satu pilihan yang baik karena karbohidrat jenis ini adalah karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan. Jadi, penderita diabetes bisa memanfaatkan jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat yang sehat.

  • Mengatasi sembelit

Saat mengalami sembelit, tubuh membutuhkan makanan yang banyak mengandung serat. Salah satu makanan dengan jumlah serat yang banyak adalah jagung.

Tips konsumsi jagung untuk turunkan berat badan

Jagung dapat diolah dengan berbagai cara sehingga Anda tidak akan bosan memakannya. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memasukkan jagung dalam menu makanan diet sehari-hari.

  • Anda dapat mengonsumsi jagung dengan cara direbus atau dikukus. Cukup rebus atau kukus jagung selama 15 menit. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan parutan kelapa, mentega, atau garam.
  • Tambahkan dalam sup atau salad. Hindari penggunaan mayones dalam salad Anda. Sebagai gantinya, Anda dapat membuat hummus yang lezat.
  • Ganti camilan Anda dengan popcorn buatan sendiri. Hindari penggunaan mentega atau garam yang berlebihan dalam popcorn yang Anda buat.
  • Anda bisa membuat keripik tortilla dengan tepung jagung halus, air dan garam. Camilan buatan sendiri tentu saja lebih sehat karena Anda bisa menghindari penggunaan perasa atau pewarna buatan yang bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh.
BACA JUGA:  Konsumsi Yogurt Setiap Hari untuk Penurunan Berat Badan yang Konsisten

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, konsumsi jagung utuh dan hindari jagung yang sudah diolah, seperti sirup jagung atau camilan dari olahan jagung. Produk olahan biasanya mengandung kalori yang tinggi dan bisa membuat berat badan Anda bertambah. Pastikan untuk memeriksa dengan teliti kandungannya sebelum membeli produk tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here