Diet Dopamin, Menjanjikan Penurunan Berat Badan dan Pikiran yang Bahagia

0
215
Attractive Beautiful Cheerful 1536619
Attractive Beautiful Cheerful 1536619

SPESIAL.NET – Diet Dopamin, Menjanjikan Penurunan Berat Badan dan Pikiran yang Bahagia. Metode diet untuk menurunkan berat badan sangat banyak dan mungkin memusingkan bagi sebagian orang. Menjalankan metode diet yang benar sangat penting untuk menurunkan berat badan, selain dengan melakukan olahraga. Banyak selebritis dan influencer yang mempromosikan metode diet atau makanan tertentu untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Sayangnya, metode diet atau makanan tersebut mungkin tidak akan bekerja dengan baik untuk Anda. Bahkan, menjalankan beberapa metode diet tertentu mungkin akan membuat Anda stres karena peraturannya yang rumit. Namun, ada diet dopamin yang menjanjikan tidak hanya bentuk tubuh yang langsing, tetapi juga pikiran yang lebih bahagia.

Ini mungkin terdengar aneh, namun diet dopamin berprinsip pada konsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi dopamin dalam otak. Diet ini juga dikenal dengan istilah diet bahagia. Sebagian diet sulit untuk diikuti dalam jangka panjang karena mengharuskan Anda membatasi konsumsi jenis makanan tertentu. Berbeda dengan diet dopamin yang tidak melarang Anda untuk menghilangkan karbohidrat, protein, atau lemak, tetapi hanya melarang konsumsi alkohol dan karbohidrat bertepung, seperti pasta, roti, nasi.

Diet dopamin untuk menurunkan berat badan

Jadi, makanan apa yang dikonsumsi saat sedang menjalankan diet dopamin? Tom Kerridge, seorang chef yang berhasil menurunkan hampir 70 kg dalam waktu 3 tahun saat menjalankan diet ini, mengatakan bahwa makanan yang dapat meningkatkan dopaminnya adalah produk susu, termasuk keju,dan yogurt, daging utuh, seperti daging sapi, ayam, dan salmon, sayur, buah-buahan, dan bahkan cokelat. Diet ini berpatokan pada penelitian yang menunjukkan bahwa makanan tertentu mampu memicu hormon bahagia dalam tubuh. Studi juga menemukan bahwa kandungan makanan yang mengandung lemak berlebih dapat merusak jalur pelepasan dopamin pada orang yang kelebihan berat badan.

BACA JUGA:  Tips Mengonsumsi Kentang Goreng Bagi yang Sedang Menjalankan Diet

Di sisi lain, mengonsumsi makanan yang tinggi protein dapat mengekang nafsu makan Anda sambil meningkatkan produksi dopamin dalam tubuh. Hal ini dikarenakan protein mengandung asam amino, yang memiliki peran penting dalam pelepasan dopamin.

Cara meningkatkan dopamin dalam tubuh

Ada beberapa cara untuk meningkatkan dopamin secara alami, di antaranya:

  • Mengonsumsi protein

Enzim dalam tubuh Anda mampu mengubah tirosin menjadi dopamin, sehingga memiliki kadar tirosin yang memadai sangat penting untuk produksi dopamin. Tirosin juga dapat dibuat dari asam amino lain yang disebut fenilalanin. Baik tirosin dan fenilalanin secara alami ditemukan dalam makanan kaya protein seperti kalkun, daging sapi, telur, susu, kedelai, dan kacang-kacangan.

  • Melakukan yoga

Melakukan yoga atau meditasi dapat menjernihkan pikiran dan membuat tubuh rileks. Sebuah studi menunjukkan peningkatan 64% kadar dopamin dalam tubuh setelah bermeditasi selama satu jam.

  • Cukup tidur

Ketika dopamin dilepaskan di otak, hal itu menciptakan perasaan waspada dan terjaga. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa dopamin dilepaskan dalam jumlah besar di pagi hari dan kadarnya secara alami turun di malam hari ketika saatnya tidur. Kurang tidur dapat mengganggu ritme alami ini. Ketika orang dipaksa untuk tetap terjaga sepanjang malam, ketersediaan reseptor dopamin di otak berkurang secara dramatis pada pagi berikutnya. Maka dari itu, untuk tetap menjaga kadar dopamin dalam tubuh, sebaiknya Anda tidur 7-8 jam.

  • Mendengarkan musik
BACA JUGA:  Bawang Putih dan Madu, Home Remedies Untuk Menurunkan Berat Badan

Mendengarkan musik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merangsang pelepasan dopamin di otak. Sebuah penelitian menemukan peningkatan 9% kadar dopamin dalam otak ketika orang mendengarkan lagu-lagu instrumental.

  • Mengurangi konsumsi lemak jenuh

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dapat mengganggu sinyal dopamin di otak ketika dikonsumsi dalam jumlah yang sangat besar.

Pada dasarnya, prinsip dalam diet dopamin ini adalah menjalankan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi yang dapat meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Metode diet ini dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here