5 Makanan Terbaik Untuk Sarapan yang Dapat Menurunkan Berat Badan

0
237
Boiled Egg Breads Breakfast 1448722
Boiled Egg Breads Breakfast 1448722

SPESIAL.NET – 5 Makanan Terbaik Untuk Sarapan yang Dapat Menurunkan Berat Badan. Memulai hari dengan sarapan sehat dapat membantu Anda mendapatkan energi, mengurangi rasa lapar, dan bahkan dapat menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan pagi secara teratur cenderung lebih ramping dan lebih berhasil saat menjalankan program penurunan berat badan. Terlebih lagi, orang yang sarapan biasanya mendapatkan lebih banyak nutrisi penting untuk tubuh, seperti serat dan vitamin. Pakar nutrisi Jansen Ongko mengungkapkan, peran serta sarapan dalam menurunkan berat badan cukup signifikan. Jansen mengingatkan, diet yang fokus dengan mengurangi makan, termasuk sarapan, justru berisiko kekurangan asupan nutrisi. Kondisi itu pun dianggap berbahaya bagi kesehatan.

Sarapan yang sehat harus seimbang dan mengandung protein, karbohidrat kompleks, serat dan lemak sehat untuk membuat Anda kenyang dan bersemangat menjalani hari. Berikut ini beberapa makanan sehat terbaik untuk dimakan saat sarapan yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

  1. Raspberry

Secangkir raspberry mengandung 8 gram serat, dua kali lipat lebih banyak dibanding secangkir stroberi. Penelitian terbaru dalam Journal of Nutrition menyarankan makan lebih banyak serat sebagai cara untuk mencegah kenaikan berat badan atau bahkan mendorong penurunan berat badan. Para peneliti menemukan bahwa meningkatkan serat sebesar 8 gram untuk setiap 1.000 kalori menghasilkan sekitar 4 ½ pon penurunan berat badan.

  1. Oatmeal
BACA JUGA:  Diet Paleo, Rahasia Sehat Manusia Purba, yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Oatmeal dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena dua alasan. Pertama, oatmeal kaya akan serat yang membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama. Kedua, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti oatmeal, 3 jam sebelum berolahraga dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak. Karbohidrat kompleks dilepaskan secara perlahan sehingga tidak membuat lonjakan gula darah. Kadar gula darah yang lebih rendah dapat membantu Anda membakar lemak dengan lebih baik.

  1. Yogurt

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine mengungkapkan makanan apa saja yang berkorelasi dengan perubahan berat badan. Yogurt adalah salah satunya. Yogurt kaya akan protein yang merupakan nutrisi penting bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat. Penelitian yang dilakukan terhadap 8.516 orang juga menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi tujuh porsi yogurt setiap pekan memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami kelebihan berat badan atau obesitas dibandingkan dengan mereka yang tidak rutin mengonsumsi yogurt. Pilihlah yogurt tanpa rasa untuk dikonsumsi. Anda bisa menambahkan buah-buahan segar untuk membuat rasanya lebih enak.

  1. Selai kacang

Mengutip laman Women’s Health, sebuah tinjauan yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa kacang dapat membantu mengurangi nafsu makan dan mengendalikan rasa lapar, sementara sebuah penelitian di Universitas Purdue menunjukkan bahwa konsumsi kacang dan mentega kacang dalam jangka panjang dapat membantu mempertahankan penurunan berat badan. Coba oleskan satu atau dua sendok makan selai kacang ke roti gandum utuh atau tambahkan selai kacang ke dalam oatmeal untuk makanan seimbang.

  1. Telur
BACA JUGA:  5 Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Satu butir telur mengandung 6 gram protein dan 70 kalori. Dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, protein membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sebuah penelitian terhadap 30 wanita yang mengalami kelebihan berat badan menunjukkan bahwa mengonsumsi telur di pagi hari secara signifikan meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan makanan menjelang siang. Studi lain juga menyebutkan bahwa dengan sarapan telur, penurunan berat badan 65 persen lebih besar selama periode delapan pekan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here