5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Diet Anda Gagal dan Cara Mengatasinya

0
207
Beach Hat Cactus Plant Delicious 1034940
Beach Hat Cactus Plant Delicious 1034940

SPESIAL.NET – 5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Diet Anda Gagal dan Cara Mengatasinya. Diet akan terasa sulit bagi beberapa orang. Seringkali gagalnya menurunkan berat badan membuat Anda menjadi kurang bersemangat untuk melanjutkan program diet. Jika Anda sudah menerapkan menu makanan diet yang sehat, mungkin gagalnya diet terjadi karena kebiasaan buruk yang Anda lakukan. Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa menjadi sangat berpengaruh terhadap potensi penurunan berat badan Anda. Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang mungkin Anda lakukan sehingga membuat diet yang dijalani tidak berhasil.

  1. Tidak menyembunyikan makanan berkalori tinggi

Sulit untuk menahan godaan ketika melihat makanan yang menggoda selera. Anda lebih mungkin mengambil kue, permen, atau es krim jika makanan tersebut selalu ada di rumah Anda. Bantulah diri Anda sendiri dan jauhkan makanan yang menggoda dari pandangan. Simpan camilan tinggi kalori dalam lemari. Sediakan buah-buahan segar di atas meja agar Anda mudah meraihnya ketika merasa lapar.

  1. Melewatkan sarapan

Anda mungkin berpikir bahwa melewatkan sarapan akan membantu mengurangi kalori. Sayangnya, Anda salah besar jika berpikir seperti itu. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan di pagi hari justru dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Orang yang sarapan sebelum beraktivitas cenderung lebih berhasil dalam menurunkan berat badan dan mempertahankannya daripada yang tidak pernah sarapan. Terlebih lagi, orang-orang yang biasanya sarapan juga mendapatkan lebih banyak serat, kalsium, vitamin A dan C, riboflavin, dan zat besi. Ada beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan dan cocok dikonsumsi saat sarapan, seperti oatmeal, telur rebus, roti gandum dengan selai kacang, atau yogurt dan buah-buahan.

  1. Terdistraksi saat sedang makan
BACA JUGA:  6 Sumber Karbohidrat Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan orang makan sambil menonton televisi, memainkan ponsel, membaca buku, dan sebagainya. Ternyata hal tersebut justru bisa membuat program diet Anda gagal. Semua gangguan tersebut mengalihkan perhatian dari makanan dan mempersulit mengontrol seberapa kenyang Anda. Hal tersebut juga bisa membuat Anda makan secara berlebihan. Jauhkan benda-benda yang bisa mengganggu, seperti ponsel atau buku, ketika Anda sedang makan.

  1. Makan langsung dari bungkusnya

Apakah Anda sering makan kue, keripik, atau es krim langsung dari bungkusnya? Mungkin itu adalah salah satu penyebab gagalnya diet yang Anda jalankan. Makan makanan langsung dari bungkusnya membuat Anda tidak menyadari berapa porsi yang telah dimakan. Untuk menurunkan berat badan secara efektif, Anda harus memerhatikan dengan baik porsi makanan yang dimakan. Ada baiknya Anda menakar terlebih dahulu jumlah makanan yang akan dimakan dalam sehari dan memindahkannya dalam wadah lain.

  1. Makan sambil beraktivitas

Kesibukan sehari-hari kadang membuat Anda tidak sempat makan di rumah dan memilih makan saat sedang di perjalanan atau memilih konsumsi makanan cepat saji. Makan saat sedang menyetir, mengemil saat sedang bekerja, atau mungkin minum minuman manis pda jam makan siang adalah beberapa hal yang dapat menaikkan berat badan tanpa Anda sadari. Makan dengan terburu-buru juga akan membuat Anda tidak dapat menikmati makanan dan sulit untuk mencerna lemak karena mengunyah dengan terlalu cepat. Luangkan waktu untuk makan dan makanlah dengan lambat dan nikmati, dengan demikian akan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang.

BACA JUGA:  Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cuka Sari Apel

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang mungkin masih sering Anda lakukan yang menyebabkan gagalnya program diet yang sedang dijalankan. Selain mengubah kebiasaan buruk, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan juga rutin berolahraga agar Anda dapat memperoleh berat badan yang ideal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here