7 Perubahan Kecil dengan Manfaat Besar Untuk Kesehatan

0
209
The Creative Exchange 435692 Unsplash
The Creative Exchange 435692 Unsplash

SPESIAL.NET – 7 Perubahan Kecil dengan Manfaat Besar Untuk Kesehatan. Berbicara mengenai penurunan berat badan, itu adalah hal kecil yang bisa memberikan perubahan besar pada diri Anda. Jika Anda berpikir tentang diet, mungkin yang pertama kali terlintas di pikiran adalah perubahan gaya hidup besar-besaran. Namun sebenarnya, jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda hanya perlu melakukan perubahan kecil yang konsisten agar tujuan Anda tercapai. Kuncinya adalah menjaga agar perubahan itu bisa dilakukan secara berkelanjutan sehingga Anda dapat menerapkannya secara permanen ke dalam kehidupan sehari-hari. Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang membuat sedikit perubahan pada kebiasaan makan mereka dapat bertahan pada rutinitas baru mereka, dan lebih sukses melangsingkan tubuh. Berikut adalah 7 perubahan kecil yang dapat memberikan manfaat besar untuk kesehatan Anda.

  1. Sarapan setiap pagi

Penelitian menunjukkan para pelaku diet lebih berhasil menurunkan berat badan, dan mempertahankannya agar tetap stabil, ketika mereka sarapan. Jika Anda tidak terbiasa untuk sarapan, cobalah untuk makan sarapan yang sama beberapa setiap minggu. Menurut penelitian, mengulangi makanan yang sama dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Anda bisa mengonsumsi sarapan yang baik untuk diet, seperti roti gandum dengan selai kacang, telur rebus, oatmeal dengan tambahan buah-buahan, dan sebagainya.

  1. Nyalakan lampu ketika makan

Sebuah studi dalam Journal of Marketing Research  mengemukakan bahwa Anda lebih mungkin untuk memilih makanan yang sehat di ruang terang ketimbang ruang redup. Orang-orang yang memesan makanan di sebuah resto dengan ruangan terang 24% lebih mungkin untuk memilih makan bergizi seperti salad, sayuran, dan ikan bakar ketimbang mereka yang memesan dalam ruang yang redup. Tingkat kesadaran akan menjadi lebih terjaga saat berada di ruangan yang terang, sehingga Anda bisa memilih untuk mengonsumsi makanan yang sehat.

  1. Gunakan piring yang lebih kecil
BACA JUGA:  6 Sumber Karbohidrat Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan

Studi menunjukkan bahwa Anda akan makan lebih sedikit ketika menggunakan alat makan yang lebih kecil. Teorinya adalah bahwa mata Anda diperdaya untuk berpikir bahwa Anda makan lebih banyak karena piring terisi penuh, membuat porsi makanan terlihat lebih besar. Hasilnya, Anda akan merasa kenyang walaupun dengan lebih sedikit makanan.

  1. Simpan buah-buahan di tempat yang mudah terlihat

Buah-buahan kaya akan kandungan serat yang baik untuk menurunkan berat badan. Cobalah menyimpan buah-buahan seperti pisang dan jeruk di atas meja alih-alih menyimpannya di dalam kulkas atau lemari. Dengan begitu, Anda akan meraih buah-buahan ketika merasa lapar.

  1. Mengemil makanan manis sesekali

Menghindari untuk mengonsumsi makanan favorit Anda justru bisa menyebabkan gagalnya diet. Pola makan yang berubah secara drastis pada akhirnya dapat menyebabkan Anda makan berlebihan. Sesekali nikmatilah camilan manis, seperti cokelat hitam atau bahkan es krim. Namun, jangan lupa untuk menghitung dengan bijak jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan.

  1. Mengganti camilan dengan yogurt

Yogurt bisa dijadikan alternatif camilan sehat untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Selain tinggi protein, yogurt juga mengandung probiotik yang dapat membantu membakar lemak dan melancarkan pencernaan. Pilih yogurt tawar tanpa gula dan tambahkan buah-buahan, seperti stroberi, pisang, atau jeruk agar rasanya lebih enak. Anda juga bisa menambahkan madu agar rasanya manis.

  1. Rutin berolahraga
BACA JUGA:  Kacang-kacangan, Camilan Lezat yang Kaya Manfaat dan Dapat Menurunkan Berat Badan

Olahraga merupakan salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menurunkan berat badan. Sebagai permulaan, Anda bisa melakukan olahraga ringan di rumah, seperti sit up, push up, skipping, atau yoga. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda bisa melakukan olahraga lari, bersepeda, atau berenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here