4 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

0
173
Brooke Lark 229136 Unsplash
Brooke Lark 229136 Unsplash

SPESIAL.NET – 4 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh. Metabolisme tubuh ditentukan oleh beberapa faktor yang sebagian besar di luar kendali Anda, di antaranya faktor genetika. Meski begitu, Anda bisa meningkatkan proses metabolisme dengan mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Seperti yang Anda ketahui, metabolisme adalah kunci dan cara yang efisien untuk membakar kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Konsumsi makanan kaya protein

Tubuh Anda menghabiskan lebih banyak energi untuk mencerna makanan yang tinggi protein daripada karbohidrat atau lemak. Karena itu, diet tinggi protein mengharuskan tubuh Anda mengeluarkan lebih banyak energi dan membakar lebih banyak kalori yang juga meningkatkan metabolisme Anda. Selain itu, makanan kaya protein juga bisa meningkatkan rasa kenyang, yang dapat membantu Anda menghindari makan berlebihan. Beberapa sumber protein yang baik untuk tubuh di antaranya telur, keju, yogurt, daging tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan.

  1. Konsumsi makanan utuh

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food & Nutrition Research menunjukkan bahwa makanan utuh, seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna daripada makanan olahan, seperti roti putih atau keju olahan.

Diet yang mengharuskan Anda untuk mengonsumsi makanan utuh juga diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan berat badan, mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, kanker, dan penyakit berbahaya lainnya. Makanan utuh kaya akan serat sehingga bisa membuat Anda kenyang tanpa perlu mengkhawatirkan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, makanan utuh yang masih segar juga mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.

  1. Minumlah lebih banyak
BACA JUGA:  Yogurt Biasa atau Yogurt Rendah Lemak? Mana yang Baik Untuk Diet?

Ada beberapa minuman yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh, seperti air mineral, teh hijau, dan kopi. Saat Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan, hindari untuk meminum minuman manis, seperti minuman bersoda atau teh manis.

  • Air mineral

Anda mungkin pernah mendengar bahwa minum banyak air membantu menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan air mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical & Diagnostic Research menemukan bahwa air membantu Anda meningkatkan pembakaran kalori melalui termogenesis atau proses memanaskan tubuh Anda. Karena itu, minum lebih banyak air dapat meningkatkan metabolisme dan laju pembakaran lemak Anda. Mengganti konsumsi minuman manis dengan air akan mengurangi asupan kalori dan membuat tubuh Anda tetap terhidrasi. Minum air juga bisa membantu Anda menghindari makan yang berlebihan.

  • Teh hijau

Teh hijau mengandung beberapa senyawa organik, termasuk kafein, yang dapat membantu tubuh Anda membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.  Konsumsi teh hijau secara rutin juga dapat membantu penurunan berat badan dan menjaga agar berat badan tetap stabil. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat membantu Anda membakar lemak lebih efisien jika dikombinasikan dengan olahraga intensitas sedang.

  • Kopi

Seperti teh hijau, kafein dalam kopi juga memiliki sifat membakar kalori. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa ketika kafein dan olahraga digabungkan, sejumlah besar lemak dibakar, dan lebih banyak kalori dikeluarkan sebagai hasilnya. Minum kopi atau minuman berkafein sebelum berolahraga mungkin merupakan cara yang baik untuk membakar kalori lebih banyak. Namun, hindari menambahkan terlalu banyak gula agar Anda bisa memperoleh hasil yang efektif dalam peningkatan metabolisme tubuh.

  1. Konsumsi makanan pedas
BACA JUGA:  Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Buah Pepaya

Studi menunjukkan bahwa capsaicin, senyawa antioksidan dalam cabai dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Capsaicin juga dapat menstimulasi bahan kimia otak dengan cara yang membantu Anda merasa kenyang. Sehingga, ketika Anda membuat masakan dengan menambahkan rempah-rempah dan bukannya mentega atau krim, Anda juga dapat mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Tidak ada cara instan untuk meningkatkan metabolisme Anda. Makanan dan minuman ini setidaknya bisa sedikit membantu dalam meningkatkan proses metabolisme dan membakar lebih banyak kalori. Namun, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan pola makan sehat dan olahraga secara rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here