Sejarah Penetapan 24 Oktober Sebagai Hari Dokter Nasional, Wajib Anda Ketahui

0
83
Hari Dokter Nasional IG
Hari Dokter Nasional IG

SPESIAL.NET – Sejarah Penetapan 24 Oktober Sebagai Hari Dokter Nasional, Wajib Anda Ketahui Bagi sebagian orang pada tanggal 24 Oktober 2018 mungkin menjadi hari yang biasa yaitu hari Rabu, akan tetapi ternyata bagi mereka yang sudah mengetahui apabila setiap tanggal 24 Oktober ternyata diperingati sebagai hari Dokter Indonesia pastinya akan muncul sebuah semangat baru bagaimana bangsa Indonesia mencintai dan menghormati sebuah jasa ya sudah dilakukan oleh seluruh dokter yang ada di dunia termasuk di Indonesia untuk memberikan jasanya supaya masyarakat indonesia yang mengalami sakit dapat sembuh dan berkumpul dengan keluarga. Sehingga, peringatan hari Dokter nasional menjadi sebuah peringatan yang patut kita syukuri dikarenakan jasa mereka sangatlah banyak untuk negara ini.

Peringatan hari dokter nasional yang biasa jatuh pada tanggal 24 Oktober setiap tahunnya memang jarang sekali diketahui, oleh sebab itu pada artikel kali ini kami akan membahas sejarah penetapan pemerintah Kenapa setiap tanggal 24 Oktober diperingati sebagai hari dokter nasional. Seperti kita ketahui apabila jasa dokter memang sangat banyak dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan menjadi sebuah pekerjaan yang sangat mulia dikarenakan mereka dengan keahliannya bisa memberikan pertolongan kepada orang yang sakit untuk bisa sembuh dan berkumpul dengan keluarga tercinta.

Untuk Anda yang memang sampai saat ini belum mengetahui terkait penetapan tanggal 24 Oktober sebagai hari dokter nasional maka alangkah baiknya membaca artikel yang akan kami bahas di bawah ini.

Sejarah hari dokter nasional

Dari berbagai sumber yang kami peroleh seperti salah satunya yang dikutip akun media sosial @PBIDI, apabila penetapan setiap tanggal 24 Oktober setiap tahunnya sebagai hari dokter nasional ternyata mempunyai sejarah yang panjang dimana dahulu kala, sebuah organisasi pertama kali didirikan bernama Vereniging van lndische Artsen yang hadir pada tahun 1911 dan salah satu tokoh pendirinya adalah dr. J.A.Kayadu.

BACA JUGA:  Surat Pemanggilan KPK Untuk Pemeriksaan Tito Karnavian Ternyata HOAX

Bukan hanya itu saja, pendiri ikatan Dokter Indonesia pada tempo dulu ada beberapa tokoh nasional diantaranya adalah dr. Wahidin, dr, Soetomo dan dr Tjipto Mangunkusumo keduanya bergerak untuk lapangan politik dan sosial, selanjutnya pada tahun 1926 perkumpulan tersebut langsung berubah nama menjadi Vereniging van lndonesische Geneeskundige atau yang biasa dikenal dengan singkatan VIG.

Beranjak pada tahun 1943 Silam ketika Indonesia diduduki negara Jepang, VIG ternyata langsung dibubarkan dan diganti menjadi Jawa izi Hooko-Kai dan selanjutnya berubah menjadi persatuan tabib Indonesia yang saat itu diketuai oleh Dr. Abdoelrasjid yang melakukan sebuah rapat pleno dengan melakukan Muktamar dokter warga negara Indonesia yang saat itu ketuanya bernama Dr. Bahder Djohan.

Muktamar besar yang menjadi cikal bakal berdirinya sebuah nama IDI, selanjutnya dihadiri oleh 181 dokter asli Indonesia menyepakati apabila seluruh nama organisasi pada akhirnya berubah menjadi ikatan Dokter Indonesia dimana untuk kata ikatan pencetusnya adalah Dr. R. Soeharto.

Lalu Kenapa setiap tanggal 24 Oktober diperingati sebagai hari dokter nasional, jawabannya adalah pada tanggal tersebut, ikatan Dokter Indonesia didirikan tepatnya pada tanggal 24 Oktober 1950 dan jadilah hari ulang tahun IDI namun untuk namanya sendiri menjadi hari dokter nasional supaya masyarakat di Indonesia lebih memperingatinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here