Tips Memilih Manfaat Menu Makan Sahur

0
239
Menu Makan Sahur
Menu Makan Sahur

SPESIAL.NET – Memilih dan menyiapkan menu makan sahur tak kalah pentingnya dibandingkan dengan menu berbuka. Makan sahur tak ubahnya makan sarapan pagi yang akan memberikan banyak manfaat agar aktivitas harian Anda dapat Anda laksanakan dengan sebaik mungkin. Terlebih buat Anda yang bekerja dengan lebih banyak membutuhkan tenaga fisik.

Mengkonsumsi makan sahur dengan kandungan nutrisi yang cukup akan memberikan ketercukupan tenaga selama seharian berpuasa. Makan sahur dengan menu seadanya atau porsi yang sedikit tentunya kurang optimal dalam menyuplai kebutuhan nutrisi tubuh. Apalagi jika sampai melewatkan makan sahur. Karena itu amat penting memperhatikan menu makan sahur yang tepat dengan porsi yang cukup agar Anda kuat melewati puasa.

Pertimbangan Dalam Memilih Menu Makan Sahur

Mempersiapkan dan memilih menu makan sahur perlu mempersiapkan berbagai hal. Berikut ini sejumlah hal yang sebaiknya Anda perhatikan dalam mengkonsumsi makanan saat sahur.

1. Minum Air Putih Yang Cukup

Sebagian besar isi tubuh adalah air. Air sangat dibutuhkan tubuh, terutama menjaga metabolisme tubuh, melancarkan pencernaan Anda, mencegah dehidrasi, dan agar semua fungsi organ tubuh berjalan optimal. Karena itu sangat disarankan Anda minum air putih yang cukup saat sahur.
Porsi minum air putih saat sahur setidaknya dua gelas atau lebih. Namun air putih ini sebaiknya diminum sebelum makan dan sedikit saja sesudah makan sahur. Hal ini pennting agar nutrisi makanan dapat terserap optimal oleh tubuh.

BACA JUGA:  Menu Berbuka Puasa Simple Bikinnya Tapi Enak dan Memuaskan
Menu Makan Sahur
Menu Makan Sahur

2. Makanan Karbohidrat Kompleks

Untuk memberikan ketercukupan energi bagi tubuh selama berpuasa, pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Makanan ini juga akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Yang termasuk jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain nasi merah, roti gandum, oatmeal, kentang, ataupun sereal.

3. Makanan Berprotein

Makanan yang merupakan sumber protein juga sangat penting untuk menu makan sahur. Makanan jenis ini dibutuhkan tubuh untuk membangun jaringan dalam tubuh maupun meningkatkan kekebalan tubuh. Cukup banyak jenis makanan sumber protein yang bisa dipilih, seperti daging (ayam maupun sapi), ikan, susu, telur, tahu, tempe, keju, yogurt, kacang-kacangan, ataupun biji-bijian.

4. Pilih Sayuran dan buah-buahan

Memilih makanan sayuran dan buah-buahan juga sangat penting saat sahur untuk memberikan asupan nutrisi untuk tubuh. Tingginya kandungan vitamin dan mineral dalam sayuran dan buah akan meningkatkan daya tahan tubuh dan mencukupi kebutuhan nutrisi selama seharian berpuasa. Sayuran bisa dibuat pendamping lauk sedangkan buah bisa untuk makanan penutup.

Ide Menu Makan Sahur

Dengan berdasarkan beberapa pertimbangan di atas, ada sejumlah ide menu makan sahur yang bisa Anda siapkan. Yuk simak apa saja menu yang tepat untuk makan sahur Anda bersama keluarga.

1. Nasi goreng telor dan ikan teri

Menu yang cukup sederhana namun cukup karbohidrat adalah nasi goreng spesial dengan telor dan ikan teri. Apalagi jika masaknya dengan margarin. Anda juga bisa menambahkan sosis agar lebih mantap. Sedangkan untuk buahnya bisa pisang, pepaya, atau melon yang kaya vitamin dan juga serat agar kenyang lebih lama.

BACA JUGA:  Tips Bijak Memilih Menu untuk Sahur

2. Sop daging buncis

Sebagai variasi, makanan berkuah sop daaging ini bisa menjadi pilihan yang enak dan menyehatkan. Apalagi ditambah dengan bahan-bahan makanan yang kaya nutrisi, seperti kentang, kacang polong, buncis, dan tahu atau tempe. Masakan ini bisa dibilang menu komplet yang akan membuat tubuh kuat menjalankan akvititas harian meski sedang berpuasa.

3. Pepes Nila

Pepes ikan nila juga bisa menjadi menu makan sahur untuk variasi. Selain kandungan nutrisi yang cukup tinggi Anda bsia menambahkan bahan bergizi lainnya, seperti kentang atau sayuran. Sedangkan untuk menu penutupnya bisa dengan buah pepaya atau pisang.

Demikianlah sedikit tips memilih manfaat menu makan sahur yang akan membuat tubuh cukup bertenaga untuk melaksanakan aktivitas harian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here