5 Tips Menjaga Berat Badan Ketika Sedang Berlibur

0
206
Sasha Stories 684488 Unsplash
Sasha Stories 684488 Unsplash

SPESIAL.NET – 5 Tips Menjaga Berat Badan Ketika Sedang Berlibur. Liburan perlu Anda lakukan untuk rehat sejenak dari aktivitas yang melelahkan. Beberapa orang merencanakan untuk berlibur di dalam kota dengan keluarga tercinta dan beberapa orang lainnya berlibur ke luar kota untuk menikmati keindahan yang belum pernah dilihat sebelumnya. Ada banyak hal yang bisa dijelajahi saat sedang berlibur, seperti keindahan alamnya, pusat kotanya yang cantik, dan juga keunikan kulinernya. Tidak lengkap rasanya pergi ke daerah baru tanpa mencicipi kuliner lokalnya yang khas. Mencoba makanan baru adalah hal yang menyenangkan dan wajib dilakukan ketika sedang bepergian. Tetapi sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology & Behavior menemukan bahwa sebagian besar wisatawan pulang dengan cendera mata yang tidak diinginkan, yaitu beberapa pon lemak dalam tubuh yang meningkat. Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, hal tersebut tentu saja menjadi beban tersendiri. Kabar baiknya, hal tersebut ternyata bisa dihindari. Berikut ini beberapa strategi yang perlu Anda ketahui agar Anda bisa berlibur dengan nyaman tanpa dihantui beban kenaikan berat badan.

  1. Minum air putih yang cukup

Menurut penelitian, mengonsumsi air putih sebanyak 500 ml atau sekitar dua gelas pada 30 menit sebelum makan, bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Membiasakan minum air putih sebelum makan setip hari, dapat membantu penurunan berat badan hingga sekitar 2 – 4 kg dalam 12 minggu. Penelitian lain dilakukan pada orang dewasa dengan kelebihan berat badan (obesitas) yang minum air putih sebelum makan, mampu mengurangi lebih banyak berat badan, dibanding dengan yang tidak minum air putih sebelum makan. Minum air putih sebelum makan, dapat membuatmu merasa perut sudah terisi, sehingga diharapkan mampu mengurangi nafsu makan. Sehingga mencegah Anda makan berlebihan, dan bisa menurunkan berat badan. Penting juga untuk membawa air ketika Anda sedang bepergian karena otak manusia seringkali kesulitan membedakan rasa haus dan rasa lapar.

  1. Coba buah-buahan tropis
BACA JUGA:  5 Tips Menemukan Metode Diet yang Tepat Bagi Anda

Jika Anda sedang mencari makanan penutup setelah mengonsumsi makanan berat, gantilah makanan manis dengan buah segar lokal yang biasanya tidak Anda dapatkan di rumah. Menjadikan buah sebagai camilan adalah salah satu kunci keberhasilan diet Anda, baik ketika Anda sedang di rumah maupun ketika sedang berlibur. Buah mengandung serat yang bisa membuat Anda merasa lebih kenyang. Selain itu, buah juga memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan. Cobalah buah-buahan lokal yang khas di tempat Anda berlibur. Selain mendapatkan manfaatnya, mencoba buah-buahan lokal juga merupakan pengalaman baru yang tak terlupakan.

  1. Telusuri opsi menu makan prasmanan yang tersedia

Jika Anda mengunjungi tempat yang menyediakan makanan prasmanan, lakukan observasi terlebih dahulu sebelum mulai mengambil makanan. Kelilingi dan telusuri semua opsi makanan yang dihidangkan. Sebuah penelitian dari Cornell University menemukan bahwa pemakan paling ramping di prasmanan menelusuri semua opsi terlebih dahulu. Strategi ini membantu mengetahui apa yang benar-benar ingin Anda coba, sebelum semuanya berakhir di piring Anda.

  1. Berjalan kaki

Ketika Anda sedang berlibur, sebaiknya pilih jalan kaki ketimbang naik kendaraan. Selain dapat membakar kalori, berjalan kaki juga bisa membuat Anda lebih menikmati jalanan di tempat wisata. Jalan kaki di tempat liburan akan terasa menyenangkan karena Anda bisa sambil melihat-lihat keindahan kota yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

  1. Tidur yang cukup
BACA JUGA:  Makanan Super Sehat Namun Mudah Didapat Ini Ternyata Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Ketika sedang berlibur, Anda biasanya tidur larut malam karena menjelajahi banyak tempat. Sayangnya, kurang tidur bisa menyebabkan Anda merasa lapar dan akhirnya makan lebih banyak dari biasa. Sekalipun sedang berlibur, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan tenang saat berlibur dan tidak dihantui dengan beban kenaikan berat badan. Meskipun sedang berlibur, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan hindari konsumsi makan cepat saji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here