Konsumsi Yogurt Setiap Hari untuk Penurunan Berat Badan yang Konsisten

0
217
Berries Bowl Cream 162757
Berries Bowl Cream 162757

SPESIAL.NET – Konsumsi Yogurt Setiap Hari untuk Penurunan Berat Badan yang Konsisten. Kebanyakan orang berpikir bahwa untuk menurunkan berat badan, mereka perlu membuat diri sendiri kelaparan. Hal tersebut sepenuhnya salah. Faktanya, menurunkan asupan kalori dapat menyebabkan penurunan berat badan hanya dalam beberapa minggu pertama. Di minggu kedua dan seterusnya, berat badan Anda akan kembali mengalami kenaikan. Untuk menurunkan berat badan secara berkelanjutan, bukan hanya porsi makanan yang perlu Anda kontrol, melainkan juga kualitasnya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari diet, Anda hanya mengonsumsi makanan yang rendah kalori, namun padat nutrisi.

Para peneliti di University of Knoxville menemukan bahwa kalsium secara langsung memengaruhi upaya penurunan berat badan Anda. Makanan tinggi kalsium, terutama produk susu, telah terbukti meningkatkan pemecahan lemak tubuh dan menjaga metabolisme tubuh selama diet. Meningkatkan asupan kalsium juga bisa secara langsung mengurangi lemak perut. Sebuah studi yang dipresentasikan pada Obesity Society Meeting pada tahun 2007 menunjukkan pengurangan lemak perut yang signifikan setelah mengonsumsi kalsium. Selama tujuh minggu, partisipan makan 3-4 porsi produk susu setiap hari. Data menunjukkan bahwa program olahraga yang dikombinasikan dengan diet rendah kalori dan peningkatan konsumsi susu mengubah metabolisme secara signifikan sehingga memengaruhi jumlah lemak tubuh yang dibakar. Selain kalsium, nutrisi lain yang diperlukan tubuh saat sedang menjalankan diet adalah protein. Protein bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga Anda tidak akan makan secara berlebihan.

BACA JUGA:  6 Kesalahan yang Membuat Berat Badan Bertambah Saat Sedang Menjalankan Diet

Makan makanan kaya kalsium dan protein adalah kombinasi yang baik untuk menurunkan berat badan. Ketika dikombinasikan, kedua kelompok nutrisi ini telah terbukti secara klinis untuk meningkatkan tingkat metabolisme, melancarkan pencernaan, dan menjaga kesehatan usus. Salah satu makanan yang memiliki kedua nutrisi tersebut adalah yogurt. Yogurt adalah makanan rendah lemak yang dikemas dengan kalsium serta protein. Yogurt memberikan semua manfaat susu, namun tanpa tambahan lemak atau kalori. Bahkan, satu porsi yogurt sebenarnya mengandung lebih banyak kalsium dan protein daripada produk susu lainnya.

Sebuah studi di University of Tennessee pada tahun 2005 menunjukkan bahwa pelaku diet yang mengonsumsi tiga porsi yogurt sehari kehilangan 22% lebih banyak berat badan dan 61% lebih banyak lemak tubuh daripada mereka yang hanya mengurangi kalori dan tidak menambahkan kalsium ke dalam pola makan mereka. Makan yogurt setiap hari juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh Anda, mengurangi peradangan, dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, banyak orang dewasa mengalami masalah dalam mencerna produk susu karena tubuh mereka tidak menghasilkan cukup enzim laktase. Yogurt secara alami mengandung laktase, menjadikannya alternatif yang sehat bagi Anda yang tidak dapat mentolerir produk susu.

Tips Konsumsi Yogurt untuk Menurunkan Berat Badan

  • Disarankan memilih produk yoghurt tanpa gula dan pemanis buatan. Gula dapat terdaftar dengan nama lain seperti sukrosa, sirup jagung fruktosa tinggi, jus buah, gula tebu, dan nektar agave.
  • Hindari mengonsumsi yogurt dengan rasa buah atau potongan buah di dalamnya, karena umumnya produk tersebut mengandung kadar gula yang tinggi.
  • Pilihlah produk yogurt rendah lemak atau tanpa lemak.
  • Untuk mendapatkan rasa manis, Anda bisa menambahkan satu sendok madu pada yogurt.
  • Tambahkan yogurt pada salad Anda alih-alih menambahkan mayones.
  • Buat smoothie yogurt dengan tambahan buah-buahan segar untuk sarapan atau camilan.
BACA JUGA:  Popcorn, Camilan Enak dengan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, konsumsi yogurt dalam porsi yang sesuai dan tidak berlebihan. Yogurt dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak satu atau dua kali dalam sehari. Jumlah yogurt yang disarankan dalam sehari adalah 100-200 gram. Untuk orang dewasa, yogurt aman dikonsumsi sebanyak 200-450 ml setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here