Menu Berbuka Puasa Simple Bikinnya Tapi Enak dan Memuaskan

0
172
Menu Berbuka Puasa Simple
Menu Berbuka Puasa Simple

SPESIAL.NET – Mempersiapkan menu berbuka puasa simple ternyata tak selalu sederhana dan mudah. Apalagi jika anggota keluarga memiliki keinginan yang berbeda-beda. Tentu sebagai ibu yang bertugas menyiapkan makanan berbuka bisa dibuat bingung dan perlu bijak dalam memilih.

Berpuasa di bulan Ramadhan memang merupakan ujian bagi umatnya agar lebih mampu menahan dan mengelola hawa nafsunya. Tak tak jarang godaan datang dalam berbagai bentuk. Apalagi setelah seharian berpuasa, tentunya banyak sekali keinginan yang muncul menyangkut menu makanan yang bakal disantapnya saat bedug magrib nanti.

Tips Menyiapkan Menu Berbuka Puasa Simple Tanpa Ribet

Merencanakan menu berbuka puasa sebenarnya bisa dibuat simple tanpa ribet dengan berbagai keinginan anggota keluarga. Nah, berikut ini tips menyiapkan menu berbuka puasa simple yang pastinya akan disukai semua.

1. Minuman Air Putih

Tubuh yang kekurangan cairan setelah berpuasa seharian sangat membutuhkan air untuk mendukung kebutuhan tubuhnya. Karena itulah sebaiknya biasakan untuk mengawali berbuka puasa dengan minum air putih satu gelas atau secukupnya.

2. Buah Kurma

Sebagai umat yang harus meneladani Nabinya, makanan yang paling afdol untuk berbuka setelah minum air putih adalah makan buah kurma.

Menu Berbuka Puasa Simple
Menu Berbuka Puasa Simple

Selain sangat disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW, makan setidaknya dua atau tiga buah kurma ternyata mampu memberikan manfaat untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Apalagi kurma banyak mengandung sumber energi dan karbohidrat. Anda bisa membeli buah kurma ini karena banyak yang menjualnya saat Ramadhan.

BACA JUGA:  3 Resep Cemilan Ringan yang Mudah Dibuat di Rumah

3. Es Sop Buah

Untuk minuman manis Anda bisa memilih sop buah yang sangat menyegarkan. Untuk buahnya tak perlu banyak, yang penting pilih yang manis, bervitamin dan berserat, seperti melon, pepaya, ataupun pisang. Apalagi cara membuatnya juga sangat simple dan mudah, seperti di bawah ini.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain: buah melon, papaya, buah pisang, alpukat, cingcau, ager-ager warna warni, gula putih 150 gram, susu kental manis coklat 1 sachet, dan sirop secukupnya.

Sedangkan untuk cara membuat sop buah adalah sebagai berikut:

  1. Kupas dan potong semua buah dengan bentuk kotak atau bulatan.
  2. Masak agar-agar dan potong setelah dingin. Cincau juga dipotong kecil.
  3. Larutkan gula dengan segelas air hingga larut.
  4. Siapkan wadah besar dan masukkan larutan gula dan tambahkan air secukupnya. Tambahkan juga sirop dan susu lalu aduk rata.
  5. Setelah itu masukkan semua potongan buah, agar-agar, dan cincau. Tambahkan es batu secukupnya dan sop buah siap disajikan.

4. Pisang Goreng Keju

Untuk makanannya, Anda bisa menyiapkan pisang goreng yang simpel dan mudah bikinnya. Pisang termasuk buah berserat yangn kaya gizi dan sangat baik untuk mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain setangkai buah pisang kapok, 3 sdm tepung terigu, 1 sdm gula pasir, garam sedikit, tepung panir untuk balutan, dan keju atau meses untuk topingnya.

BACA JUGA:  Menu Buka Puasa Sederhana Murah Meriah dan Praktis

Sedangkan cara membuat pisang goreng adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah dan campurkan terigu, gula, dan garam lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan.
  2. Pisang dikupas dan potong dua memanjang. Setelah itu celupkan pisang ke dalam adonan terigu lalu masukkan ke dalam tepung panir dan goreng hingga matang.
  3. Setelah matang angkat dan pindahkan ke piring sajian. Tambahkan topping.

5. Bakwan Jagung

Buat Anda yang menyukai gorengan makanan bakwan jagung juga bisa menjadi pilihan yang simpel. Agar lebih bergizi tambahkan sayuran. Simak saja resep membuatnya yang mudah.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain jagung manis beberapa buah, kol atau kecambah secukupnya, 1/4 kg terigu, daun bawang dua helai dipotong, gula, garam, dan minyak goreng.

Sedangkan untuk bahan halus antara lain 3 buah bawang putih, sdt kerumbar, dan sedikit garam.

Untuk cara membuat bakwan jagung adalah sebagai berikut:

  1. Kupas jagung dan ambil bijinya. Wortel juga dikupas dan potong kecil-kecil.
  2. Siapkan wadah baskom dan campurkan kol, jagung dan terigu. Masukkan juga garam, gula, dan penyedap rasa.
  3. Uleg dan haluskan bumbu halus lalu masukkan ke baskom.
  4. Setelah itu masukkan air sedikit sedikit ke dalam baskom lalu ditusuk-tusuk dengan sendok atau adukan hingga lengket. Setelah itu diamkan sekitar 10 menit.
  5. Selanjutnya panaskan minyak dan goreng adonan dengan api sedang hingga matang. Lalu angkat dan sajikan di piring sajian.
BACA JUGA:  5 Menu Olahan Roti Tawar yang Unik untuk Sarapan

Demikianlah sedikit tips dalam menyiapkan menu berbuka puasa simple dan mudah bikinnya tapi enak yang semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here