Menu Buka Puasa untuk Diet yang Wajib Diikuti Agar Berhasil

0
179
Menu Buka Puasa Untuk Diet
Menu Buka Puasa Untuk Diet

SPESIAL.NET – Memilih menu buka puasa untuk diet perlu dilakukan secara tepat agar hasilnya efektif. Terlebih Ramadhan merupakan bulan yang sangat tepat untuk melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Di bulan dimana setan dibelenggu tentunya nafsu juga sebaiknya diatur dan bukannya diumbar, khususnya nafsu makannya.

Mengatur menu makan saat puasa juga lebih mudaah karena kita dibatasi dengan hanya dua kali waktu makan saja, yaitu saat berbuka dan saat sahur. Sedangkan selama waktu siang hari, dari sejak subuh hingga magrib, tak ada sedikitpun asupan sama sekali dan juga tak ada godaan untuk ngemil seperti yang biasa kita temui saat hari biasa.

Menu Buka Puasa Untuk Diet
Menu Buka Puasa Untuk Diet

Meskipun kondisi puasa yang cukup mendukung program diet, namun tak jarang nafsu makan justru menggila saat berbuka puasa. Rasa lapar yang tertahan selama seharian seperti mendapat peluang untuk ‘balas dendam’ saat bedug magrib dikumandangkan. Karena itu penting sekali memilih dan mengatur menu buka puasa untuk diet agar program menurunkan berat badan Anda tidak sia-sia.

Tips Mengatur Menu Buka Puasa Untuk Diet

Ada beberapa tips mengatur menu buka puasa untuk diet yang sebaiknya Anda perhatikan, yaitu meliputi:

1. Jumlah Asupan Kalori

Untuk Anda yang menjalankan diet saat berpuasa, sebaiknya perhatikan jumlah asupan kalori yang harus dikonsumsi, baik saat berbuka puasa maupun saat sahur. Sebagai pertimbangan, jika Anda ingin menurunkan berat badan sekitar 0,5-1 kg per minggu sebaiknya Anda mengurangi 500 kalori per hari dari asupan Anda. Jika kebutuhan asupan kalori Anda biasanya 2000 kalori, maka saat berbuka ataupun sahur Anda cukup mengonsumsi 1500 kalori saja atau tidak boleh kurang dari 1.200 kalori perhari agar aktivitas anda tetap bisa berjalan baik.

BACA JUGA:  4 Cara Mudah Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

2. Mengatur Waktu Makan

Dengan terbatasnya waktu makan selama puasa, anda bisa mengatur konsumsi makanan menjadi beberapa bagian, seperti saat berbuka, setelah tarawih, dan saat sahur. Misalnya saat berbuka cukup makan sebanyak 400-500 kalori, 500-600 kalori setelah salat tarawih, dan 500-600 kalori saat sahur. Namun makan terakhir sebelum tidur sebaiknya diberi waktu setidaknya 2 jam agar tidak malah membuat diet Anda gagal.

Menyusun Menu Buka Puasa Untuk Diet

Untuk menu buka puasa untuk diet sebaiknya pilih makanan yang cepat diserap tubuh khususnya dari jenis harbohidrat sederhana. Hal ini penting untuk cepat memberikan energi yang cukup.

1. Menu saat buka puasa

Untuk menu saat berbuka bisa dipilih beberapa alternatif berikut:

Menu Berbuka 1 – 400 kalori

  • Minuman teh manis dengan gula 1 sendok makan
  • Buah Kurma 3 biji
  • Roti sandwich dengan daging asap dan keju

Menu Berbuka 2 – 400 kalori

  • Minuman sirup 3 sendok makan
  • Buah kurma 3 biji
  • Salad buah 1 mangkok

2. Menu makan malam setelah salat Tarawih

Menu 1 – 450-500 kalori

  • Nasi sepiring dengan lauk tempe bacem, ikan pindang, tumis buncis taoge tahu, dan penutup 1 buah apel.

Menu 2 – 500-550 kalori

  • Nasi merah sepiring dengan lauk pepes tahu, ayam panggang tanpa kulit, sayur bayam merah dan jagung, serta setengah buah mangga sebagai penutup.

3. Menu makan sahur

Tips penting menyusun menu makan sahur untuk diet adalah yang mengandung banyak protein dan serat karena sangat membantu agar kenyang lebih lama dan mampu menahan energi tubuh juga lebih lama. Aktivitas Anda pun tak akan terganggu selama berpuasa.

BACA JUGA:  Cara Menggabungkan Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Menu Sahur 1 – 500-600 kalori

  • Ayam panggang, scrambled egg dan tahu, bayam, brokoli dan jagung kukus, serta semangkok salad buah.

Menu Sahur 2 – 550-600 kalori

  • Sebuah kentang rebus dengan kulitnya, daging steak, tumis buncis, wortel dan jagung, serta semangkok salad buah.

Pantangan yang Sebaiknya Diperhatikan

Selain mengatur menu makan untuk diet, Anda juga perlu memperhatikan beberap apantangan berikut ini:

1. Hindari Makanan yang Digoreng

Makan saat berbuka puasa dengan makanan yang digoreng sebaiknya dihindari agar program diet tidak gagal. Kandungan lemak tinggi dalam makanan gorengan bisa memberi dampak buruk dan mudah membuat mengantuk.

2. Hindari Makanan Bersantan

Makanan bersantan juga sebaiknya dihindari karena mengandung banyak lemak dan bisa menaikkan kolesterol tubuh. Makanan santan seperti kolak pisang, opor ayam, atau lainnya sebaiknya dijauhi.

3. Hindari Fast Food

Jika Anda ingin berhasil dalam program diet juga wajib menjauhi makanan fast food saat berbuka. Makanan ini banyak mengandung lemak dan natrium tinggi yang malah bisa membuat berat badan cepat bertambah.

Demikianlah sedikit tips dalam menyusun menu buka puasa untuk diet yang sebaiknya Anda tahu agar hasilnya efektif, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here