Variasi Menu Untuk Buka Puasa dari Buah dan Sayur yang Kaya Gizi

0
179
Menu Untuk Buka Puasa
Menu Untuk Buka Puasa

SPESIAL.NET – Menyiapkan menu untuk buka puasa perlu variatif. Selain agar tidak membuat bosan yang akan memakannya, tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap dari berbagai jenis makanan. Apalagi saat berpuasa tubuh sangat membutuhkan beragam nutrisi penting.

Nah, buat Anda yang ingin menyiapkan menu berbuka puasa buat keluarga, kali ini admin ingin berbagi beberapa ide menu untuk buka puasa dari buah dan sayur. Selain menawarkan makanan yang kaya gizi, menu ini juga bisa untuk memberikan variasi agar tidak membosankan.

7 Menu Untuk Buka Puasa Dari Buah Dan Sayuran

Yuk langsung saja simak variasi menu untuk buka puasa dari buah dan sayuran yang bakal membuat anak-anak dan keluarga ketagihan.

Menu Untuk Buka Puasa
Menu Untuk Buka Puasa

1. Es Dawet

Minuman yang menyegarkan sangat disukai sebagai menu berbuka puasa. Begitupun dengan es dawet yang simpel. Apalagi bahan dawet bisa dibeli jadi di pasar atau supermarket. Dengan menambahkan buah nangka atau nata de coco minuman yanng dibuat dengan santan dan gula jawa ini bisa menjadi menu untuk buka puasa yang menyegarkan.

2. Salad Buah

Minuman buah juga termasuk populer saat ngabuburit. Apalagi buah dikenal mengandung banyak nutrisi yang sangat penting untuk orang yang sedang berpuasa. Namun untuk memberikan variasi, cobalah membuat salad buah yang juga tak kalah enak dan menyegarkan dibandingkan sop buah biasa.

BACA JUGA:  Ide Menu Buka Puasa Pedas dengan Resep Sambal Nikmat

Dengan menggunakan buah melon, semangka, stroberi, mangga, nanas yang dipotong kecil dalam wadah. Setelah itu tuangkan campuran yogurt, skim milk, mayonnaise atau madu, dan es akan menjadi sajian yang sangat enak.

3. Pisang Kukus Coklat

Pisang merupakan slaha satu jenis buah yang sangat populer sebagau menu berbuka puasa. Selain dibuat kolak, pisang juga enak disajikan dengan cara dikukus. Selain agar tidak menghilangkan kandungan nutrisinya, menu ini juga mudah dibuat. Tinggal mengukus pisang bersama kulitnya lalu buang kulitnya dan sajikan di piring. Setelah itu taburkan topingnya dari susu coklat dan meju. Sebaiknya pilih pisang kepok, pisang uli, atau pisang raja agar enak rasanya.

4. Roti Bakar Alpukat

Jika biasanya Anda membuat roti bakar dengan selai yang sudah jadi, cobalah membuat sendiri menu yang satu ini. Roti yang telah dibakar lalu olesi dengan alpukat yang sudah dikerok lembut dan tambahkan madu atau coklat. Selain rasanya yang lezat, cemilan ini bisa menjadi makanan yang sangat bergizi untuk mencukupi kebutuhan tenaga dan nutrisi tubuh setelah berpuasa.

5. Sayur Orak-Arik

Selain untuk jajanan berbuka, buah dan sayuran juga bisa untuk memuat masakan yang lezat dan bergizi. Salah satu yang cukup mudah bikinnya adalah orak-arik sayuran. Dengan menggunanakn beberapa sayuran hijau, seperti brokoli, kacang panjang, wortel, dan bahan lain sesuai selera. Untuk bahan pelengkapnya, cobalah gunakan bihun, macaroni, atau mie tentunya akan membuat makan malam menjadi lebih enak dan menyenangkan.

BACA JUGA:  Menu Buka Puasa Murah dan Enak Namun Tetap Bergizi

6. Nasi Pecel

Menu lain yang juga bisa dibikin di rumah untuk variasi makan malam adalah pecel. Dengan sayuran bayam, kangkung, timun, kol, taoge, wortel, atau kecipir tentunya akan menjadi sajian penuh gizi yang sangat nikmat. Apalagi bumbu pecel saat ini sudah banyak yang jual sehingga tinggal dicairkan saja tanpa perlu repot bikin sendiri. Biar lebih enak tambahkan juga tempe atau tahu bacem dan saos sambel untuk cocolannya.

7. Tumis Sayur Lengkap

Tumis merupakan salah satu masakan yang simpel namun disukai banyak orang. Nah, Anda bisa membuat tumis dengan bahan sayur yang bisa Anda pilih sesuai selera dan kebutuhan Anda. Apalagi jika anak-anak sangat sulit makan saayur, maka tumisan ini bisa menjadi alternnatifnya. Untuk memberikan kecukupan nutrisi tubuh yang berpuasa, sebaiknyaa pilih sayuran kangkung, buncis, brokoli, wortel, dan kentang.

Demikianlah beberapa variasi menu untuk buka puasa dari buah dan sayur yang kaya gizi semoga bisa memberikan ide dan inspirasi buat Anda, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here