Sate dengan Bumbu Rahasia Super Lezat, Sate Klopo Ondomehan Bu Asih

0
164
Tribunnewscom
tribunnews.com

Spesial.net – Ada salah satu kuliner yang enggak boleh dilewatkan kalau kamu jalan-jalan ke Surabaya, Jawa Timur. Apalagi kalau bukan kuliner sate klopo yang legendaris. Mereka menyemut mengerubungi warung sederhana berkapasitas tak lebih dari 50 orang. Di situlah salah satu kuliner andalan Surabaya berada, yakni sate Klopo. Terletak di tepi Jalan Walikota Mustajab no. 36, warung sederhana berkapasitas 50 orang ini selalu ramai diserbu pembeli. Ini dia Warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang tersohor sejak tahun 1945.

Seperti namanya, sate klopo merupakan sate yang ditaburi dengan parutan kelapa. Unik dan berbeda. Tak heran, banyak pelanggan antre datang tiap hari. Kelapa ini diparut, lalu disangrai sampai matang hingga menyerupai serundeng. Lantas ditaburkan ke atas bagian sate yang sudah matang. Warnanya yang kecokelatan akan menyatu dengan rona sambal kacang.

Ada dua pilihan daging sate yang ditawarkan, yakni sapi dan ayam. Tusuk per tusuk bagian satenya dipastikan berdaging. Artinya, tak berkulit sedikit pun. Daging sate itu dibakar sampai empuk. Bagian-bagian permukaannya mengkilap seperti kristal. Harmonisasi makin terasa ketika klopo pada sate bertemu dengan bumbu kacang. Gurih dan manis akan berpadu nikmat. Tak heran banyak pengunjung rela antre. Dalam sehari Sarung Sate Klopo Ondomahen bisa habiskan 100 kg daging sapi dan 30 kg daging ayam. Seporsi sate klopo sapi isi 10 tusuk harganya Rp25 ribu. Sedangkan sate klopo ayam isi 10 tusuk seporsi harga Rp18 ribu.

BACA JUGA:  Harga Tiket Kenjeran Park Surabaya Tahun 2019

Review Sate Klopo Bu Asih

Fensi Safan: “Sate klopo banyak ya di sekitaran jalanan ini,tapi kalian jangan salah pilih. Yang paling ueaaanaaak ya ini bu asih. Kalian harus bersabar karena kalo ke sini selalu rame. Beneran puas kok, nunggu sampe laper begitu sate datang langsung santap uenak. Kalo aku suka yang sapi, perpaduan dengan kelapa trus dibakar dan dicocol dengan bumbu kacang cucok sekali. Untuk yang ayam biasa sih.”

Desriani Ekaputri: “Jd di jalan itu ada beberapa penjual sate klopo. Tp konon yg paling enak yg ibu asih. Iya bener paling rame. Gada sate kambing hny ayam & sapi. Bagiku yg lebih enak ayam. Sapi juga empuk sih. Sesuai namanya ini bumbunya kelapa terus dibakar terus mam nya pake serundeng di bumbu kacangnya . Pake lontong minumnya es teh manis.”

Eki Ayu: “Sate pakai kelapa? aneh kan yah ngebayanginnya. Tapi ternyata enak loh. Rasanya gurih karena si minyak kelapanya meresap ke daging yang dibakar.
Kalau kesini siap-siap antre dan jangan ngobrol kelamaan karena peminatnya banyak jd mesti gantian soalnya tempatnya ga terlalu besar. Sate nya bisa pilih daging semua atau campur kulit yang kenyel-kenyel gitu. Pokoknya mesti coba tiap ke Sby yah.”

Nyok Makan: “Follow IG kami @nyok.makan. Pertama-tama saya salah duga kirain itu benar-benar kelapa dijadiin sate hahaha, ternyata setelah pesan baru tercerahkan, taunya daging dkk diberi baluran kelapa.

BACA JUGA:  Bukan Hanya Bali, 5 Destinasi Wisata di Indonesia Ini Bisa Membuat Anda Terpukau

Di sini ada beberapa jenis sate, yaitu ayam, sapi, sumsum, otot, dan usus. kita memesan semuanya kecuali jeroan/usus, yang makan 3 orang yang dipesan 4 porsi.

Baluran kelapa yang dibakar memberikan aroma dan tekstur yang berbeda dengan sate pada umumnya, daging sapinya pun terasa padat namun tidak keras dan sudah menyerap rasa dari rempah-rempahnya, ada juga sedikit cabai dibalur di satenya namun hanya sedikit pedas saja.

Sumsumnya terasa lembut dan tidak perlu usaha untuk mengunyahnya, sedangkan untuk ototnya juga sudah diolah dengan baik sehingga tidak alot dan cukup lemut. Perpaduan kelapa parut, rempah-rempah, dan bumbu kacangnya memberikan kepuasa tersendiri sehingga tidak terasa 40 tusuk sudah kita makan semua.”

 

==

Beberapa info menarik tentang Surabaya

 

==

SUMBER: pergikuliner.com, netz.id, tempo.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here