10 Menu Buka Puasa yang Praktis Tanpa Ribet

0
147
Menu Buka Puasa Yang Praktis
Menu Buka Puasa Yang Praktis

SPESIAL.NET – Ada banyak pilihan menu buka puasa yang praktis. Namun tak jarang karena begitu banyaknya pilihan merencanakan menu berbuka bisa menjadi hal yang cukup memusingkan. Terlebih jika masing-masing anggota keluarga memiliki selera yang berlainan.

Buat anda yang sudah berkeluarga, saat berbuka puasa merupakan momentum spesial yang tersaji setidaknya sethun sekali. Jam kerja selama puasa umumnya lebih pendek untuk memberikan kesempatan agar bisa berbuka di rumah. Karena itulah banyak keluarga yang merasa bersyukur dan berusaha menyediakan menu berbuka yang spesial.

10 Pilihan Menu Buka Puasa yang Praktis

Nah, untuk membantu Anda dalam mempersiapkan makanan berbuka, berikut ini daftar pilihan menu buka puasa yang praktis yang semoga bisa memberikan inspirasi untuk Anda.

Menu Buka Puasa Yang Praktis
Menu Buka Puasa Yang Praktis

1. Buah Kurma

Rasanya kurang afdol jika berbuka puasa tanpa didahului dengan beberapa biji buah kurma. Selain untukmengikuti sunnah Nabi, makan kurma juga sangat baik untuk mengembalikan tenaga dengan cepat. Apalagi kurma mengandung banyak gula dan serat yang berguna untuk tubuh.

2. Kolak Ubi Kacang Hijau

Jika umumnya kolak dibuat dari buah pisang, cobalah memadukan ubi dengan kacang hijau dalam kolak Anda. Selain rasanya yang enak dan lezat, kacang hijau mengandung banyak nutrisi penting untuk mencukupi kebutuhan tubuh setelah seharian berpuasa. Begitu juga dengan ubi-ubian yang diketahui kaya karbohidrat yang penting untuk orang yang berpuasa.

BACA JUGA:  Menu Sahur Praktis Untuk Sebulan yang Enak dan Bergizi

3. Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan menu buka puasa yang praktis dan mudah. Jika Anda sedang sibuk tak ada salahnya menyediakan menu ini untuk keluarga Anda. Agar nutrisinya lebih lengkap, masukkan juga suwiran daging ayam, sosis, telor mata sapi, serta lalapan.

4. Capcay Kuah

Menu berbuka yang juga cukup mudah bikinnya adalah capcay. Makanan yang terdiri dari beragam jenis sayuran yang kaya dengan nutrisi ini tentunya sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh setelah berpuasa seharian. Apalagi dengan tambahan udang atau makanan hewani lainnya akan makin lengkap. Untuk membuat capcay amatlah praktis, tinggalkan mencampurkan bahan lalu diolah sampai masak.

5. Urap Sayur

Urap sayur juga merupakan makanan bernutrisi tinggi yaang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi seluruh anggota keluarga. Anda bisa berkreasi dengan memasukkan aneka jenis sayuran yang disukai. Makanan ini juga termasuk sangat higienis karena prosesnya yang dilakukan dengan cara dikukus sehingga kandungan nutrisinya tidak berkurang.

6. Tumis Buncis Tempe Ayam

Masakan lainnya yang juga sangat baik dan cocook untuk menu beerbuka puasa yang praktis adalah sayur tumisan. Cara bikinnya amat mudah. Anda bisa memilih jenis sayuran buncis, tempa, dan tambahkan sedikit suwiran daging ayam. Cita rasanya yang enak akan membuat keluarga sangat menyukainya.

7. Rendang Daging

Jika Anda ingin menyajikan lauk hewani, seperti daging-dagingan, Anda bisa memilih rendang daging sapi. Selain enak dan lezat, makanan ini juga sangat disukai banyak orang. Kandungan gizinya juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Makan rendang enaknya dengan sambal dan lalapan sayur.

BACA JUGA:  Manfaat Kacang Almond dan Resep Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

8. Pepes Ikan

Untuk memberikan menu yang lebih variatif dan lengkap, bahan makanan dari ikan juga sangat baik untuk berbuka puasa. Salah satunya Anda bisa membuatkan pepes ikan air tawar, seperti ikan patin atau gurame. Selain enak, cara memasak ikan ini tak akan merusak kandungan nutrisinya yang sangat banyak.

9. Semur Jamur Telur Puyuh

Makanan lain yang juga sangat untuk sajian berbuka puasa adalah semur jamur dan telur puyuh. Kandungan protein telur ini sangat tinggi begitu juga jamur mengandung banyak gizi yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, cara membuat sayuran ini jugaa tidak ribet kok.

10. Sop Ayam

Jika Anda ingin menu masakan yang lebih menyegarkan sop ayam bisa menjadi pilihan yang bijak. Anda bisa memasukkan sejumlah jenis sayuran berwarna dan hijau yang kaya gizi untuk meningkatkan gizi sop ini. Cita rasanya yang lembut dan menyegarkan membuat sayuran ini memang sangat disukai semua umur.

Itulah beberapa enu buka puasa yang praktis tanpa ribet yang bisa menjadi pilihan untukk keluarga Anda, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here