Tips Memaksimalkan Berjalan Kaki Untuk Mencapai Berat Badan yang Ideal

0
139
Activity Exercise Fitness 1556710
Activity Exercise Fitness 1556710

SPESIAL.NET – Tips Memaksimalkan Berjalan Kaki Untuk Mencapai Berat Badan yang Ideal. Berlari, berenang, dan bersepeda adalah beberapa olahraga yang diketahui efektif untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Namun, bagi yang tidak terbiasa berolahraga, Anda akan merasa cepat lelah dan merasa olahraga tersebut terlalu berat. Lalu, adakah olahraga ringan yang juga bisa membantu menurunkan berat badan?

Anda tidak perlu khawatir karena ternyata berjalan kaki juga bisa membantu menurunkan berat badan. Olahraga intensitas rendah juga penting dilakukan untuk menjaga dan mempertahankan berat badan tetap stabil. Berjalan kaki selama satu jam bisa membakar kira-kira 238 kalori. Selain itu, berjalan kaki juga diketahui dapat mengurangi stres dan meningkatkan dopamin dalam tubuh, sehingga bisa mempermudah proses penurunan berat badan. Inilah beberapa hal yang bisa dijadikan pedoman agar aktivitas berjalan kaki Anda lebih efektif.

  1. Buat target berjalan kaki setidaknya 10.000 langkah sehari

Mulailah dengan berjalan kaki 10.000 langkah dalam sehari, dan lakukan selama tujuh hari. Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa berjalan kaki 10.000 langkah sehari benar-benar akan memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh Anda. Hal ini pun didukung oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang berjalan kaki 10.000 langkah sehari mampu menurunkan tekanan darah setelah 24 minggu dan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh mereka. Namun, Anda harus konsisten melakukannya. Anda tidak akan berhasil menurunkan berat badan jika tidak melakukannya secara konsisten. Anda bisa mengecek jumlah langkah melalui aplikasi yang dapat diunduh di ponsel.

  1. Berjalan kaki tiga kali sehari selama 20 menit
BACA JUGA:  5 Tips Menemukan Metode Diet yang Tepat Bagi Anda

Untuk menurunkan berat badan, Anda setidaknya harus berjalan tiga kali dalam sehari, masing-masing selama 20 menit. Manfaat berjalan kaki lainnya yang bisa didapatkan yaitu menguatkan otot paha dan betis Anda. Alih-alih terlihat bergelambir karena lemak, latihan ini bisa membuat tampilan Anda lebih baik karena otot yang mengencang.

  1. Tingkatkan kecepatan berjalan Anda

Olahraga jalan kaki memerlukan teknik yang berbeda dengan jalan kaki biasa. Ada dua teknik yang umumnya dikenal, yaitu jalan kaki santai (strolling) dan jalan cepat (power walking). Jalan cepat atau power walking juga dikenal dengan istilah jalan sehat. Untuk melakukan power walk, Anda perlu berjalan lebih cepat. Kecepatan rata-rata power walking berkisar pada 5 sampai 7 kilometer per jam. Anda bisa memulai dengan berjalan santai selama 5 menit. Setelah itu, lakukan power walk selama setengah jam. Sebelum mengakhiri olahraga jalan kaki Anda, lakukan pendinginan dengan berjalan santai selama 5 menit. Power walking ini setara dengan olahraga angkat beban selama satu jam.

  1. Berjalan menanjak beberapa kali dalam seminggu

Agar latihan berjalan kaki Anda efektif, lakukanlah aktivitas berjalan menanjak, seperti menaiki tangga atau berjalan di treadmill, setidaknya tiga kali dalam seminggu. Berjalan menanjak dapat membangun otot dan meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Kombinasikan dengan berbagai latihan lain

Percepat proses penurunan berat badan Anda dengan mengombinasikan berjalan kaki dan latihan lain. Berhenti setiap 5 menit dan selingi dengan latihan lain, seperti scout jump, push up, atau skipping (lompat tali).

  1. Minum teh hijau sebelum berjalan kaki
BACA JUGA:  Cara Menggabungkan Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Metabolisme yang tinggi dapat membakar lemak lebih cepat. Dan mengonsumsi teh hijau merupakan salah satu cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Berdasarkan penelitian di American Journal of Physiology, teh hijau dan oolong ternyata bisa meningkatkan metabolisme sebesar 4-5 persen. Kedua teh ini membantu mengubah sebagian lemak yang tersimpan di dalam tubuh menjadi asam lemak bebas. Asam ini bisa meningkatkan pembakaran lemak hingga 17 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here