Ingin Menurunkan Berat Badan dengan Mudah? Inilah Beberapa Trik yang Perlu Anda Ketahui

0
199
Alphabet Brick Wall Close Up 1113520
Alphabet Brick Wall Close Up 1113520

SPESIAL.NET – Ingin Menurunkan Berat Badan dengan Mudah? Inilah Beberapa Trik yang Perlu Anda Ketahui. Untuk bisa sukses menurunkan berat badan, menjalankan pola makan sehat dan berolahraga secara rutin adalah kuncinya. Namun, ada beberapa trik tertentu yang perlu Anda ketahui untuk mempermudah proses penurunan berat badan. Berikut ini adalah beberapa trik untuk menjankan program diet dengan mudah.

  1. Makan dengan perlahan

Yumi Hurst dan Haruhisa Fukuda dari University Graduate School of Medical Sciences di Fukuoka, Jepang, meneliti data 60.000 nasabah asuransi kesehatan yang memiliki diabetes dalam periode 6 tahun. Ternyata hasil penelitian menemukan bahwa individu yang memiliki kebiasaan makan perlahan cenderung lebih sehat secara fisik dan memiliki gaya hidup yang lebih teratur. Selama 6 tahun penelitian, lebih dari setengah responden memperlambat kecepatan makan mereka. Perubahan yang terjadi pada responden adalah berkurangnya ukuran lingkar pinggang dan indeks massa tubuh. Hasil analisis lebih lanjut menemukan bahwa makan dengan kecepatan normal berhubungan dengan penurunan risiko obesitas sebesar 29 persen, dan mengubah kecepatan makan menjadi lebih lambat berhubungan dengan penurunan risiko obesitas sebesar 42 persen.

  1. Gunakan piring kecil

Trik untuk mengurangi porsi makan adalah dengan mengganti ukuran piring Anda dengan yang lebih kecil. Berdasarkan penelitian yang dilakukan America’s Cornell University, makan menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu menurunkan berat badan 0,9 kg per bulan. Saat menghabiskan makanan yang ada di piring, otak akan mengirimkan sinyal bahwa perut sudah kenyang. Jadi makan di piring yang lebih kecil akan memberi isyarat visual ke otak bahwa Anda sudah kenyang dengan sepiring penuh makanan.

  1. Jangan lupa sarapan
BACA JUGA:  5 Kebiasaan Buruk yang Membuat Diet Anda Gagal dan Cara Mengatasinya

Orang yang sedang menjalankan program diet lebih berhasil menurunkan dan mempertahankan berat badan ketika mereka sarapan. Penuhi sarapan Anda dengan protein dan serat, keduanya akan membantu Anda merasa kenyang sepanjang pagi. Anda bisa mengonsumsi roti gandum dengan selai kacang atau telur dadar dan sayuran.

  1. Konsumsi makanan dengan kadar air tinggi

Makanan dengan kadar air tinggi, seperti sup, salad, mentimun, dan semangka dapat membantu mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa memulai makan Anda dengan sup atau salad berbasis kaldu (tanpa tambahan saus) dapat membantu Anda untuk makan lebih sedikit hidangan utama.

  1. Ganti camilan dengan kacang pistachio

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan kacang-kacangan cenderung lebih ramping daripada mereka yang tidak makan.  Penelitian Harvard baru-baru ini juga mengungkapkan bahwa kacang adalah makanan utama untuk menurunkan berat badan. Secara khusus, pistachio dengan kulit yang belum dikupas adalah pilihan yang bagus. Kegiatan mengupas kulit dan melepaskan kacang pistachio dari cangkangnya, selain menyenangkan, juga ternyata punya efek baik memperlambat waktu makan Anda, sehingga Anda punya waktu mencerna dan tidak makan terburu-buru. Mengonsumsi kacang pistachio yang belum dikupas juga membuat Anda mengonsumsi 41% kalori lebih sedikit dibandingkan mereka yang mengosumsi kacang pistachio tanpa kulit.

  1. Bagi makanan di piring Anda

Pangkas kalori tanpa mengurangi makanan tertentu dengan membagi piring Anda. Isi setengah piring dengan sayuran rendah kalori dan kaya serat. Bagilah separuh bagian piring yang lain menjadi dua bagian yang sama, yakni masing-masing seperempat bagian. Isi salah satu dari ini dengan protein tanpa lemak, seperti ayam, ikan, daging sapi tanpa lemak atau tahu. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi protein dapat membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama daripada karbohidrat atau lemak. Isi seperempat bagian lainnya dengan gandum utuh yang kaya serat, seperti beras merah atau quinoa.

BACA JUGA:  Manfaat Air Kelapa, Melancarkan Pencernaan Hingga Melawan Tanda Penuaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here