Popcorn, Camilan Enak dengan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

0
137
Movie Popcorn Snack 57043
Movie Popcorn Snack 57043

SPESIAL.NET – Popcorn, Camilan Enak dengan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan. Mengemil sebenarnya bukanlah hal yang dilarang saat sedang menjalani proses penurunan berat badan karena justru bisa membuat Anda tetap kenyang hingga waktu makan berikutnya. Namun, saat sedang menjalankan proses penurunan berat badan, Anda harus bijak dalam memilih camilan yang dikonsumsi. Beberapa camilan, seperti popcorn, adalah pilihan yang tepat dibandingkan makanan lainnya karena rendah kalori, tinggi nutrisi, dan dapat membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah popcorn adalah camilan yang sehat untuk menurunkan berat badan. Di satu sisi, popcorn kaya serat dan rendah kalori jika dibandingkan dengan kebanyakan camilan lain. Namun, jika Anda menambahkan mentega, seperti popcorn yang dijual di bioskop, Anda mungkin malah akan mendapatkan kalori yang lebih banyak. Terlepas dari itu, popcorn tanpa tambahan mentega, gula, dan garam adalah makanan yang sehat dan cocok untuk dijadikan camilan saat Anda sedang menjalankan program diet. Berikut ini adalah beberapa alasannya.

  • Popcorn merupakan biji-bijian utuh

Jika Anda mendengar kata biji-bijian utuh, yang pertama terpikir biasanya adalah roti gandum atau semangkuk oatmeal. Namun ternyata, popcorn juga termasuk ke dalam kelompok biji-bijian utuh. Satu porsi popcorn mampu memenuhi 70% kebutuhan biji-bijian untuk tubuh Anda.

  • Popcorn kaya akan nutrisi

Selain tinggi serat, popcorn juga mengandung nutrisi penting lain yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram popcorn tawar mengandung vitamin B1, B3, B6, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan mangan. Popcorn tawar sebenarnya hanya mengandung 1 gram lemak dan 3 gram protein per porsi. Namun, ini tentu akan berbeda jika popcorn dibuat dengan minyak atau mentega. Kombinasi tersebut membuat camilan ini sangat baik untuk Anda yang sedang menjalankan diet.

  • Popcorn memiliki kandungan antioksidan
BACA JUGA:  6 Strategi Mental yang Harus Dimiliki Agar Rencana Diet Sukses

Fakta ini mungkin mengejutkan, karena ternyata popcorn memiliki kandungan polifenol. Polifenol merupakan senyawa yang terdapat dalam buah berry dan teh hijau yang diketahui dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kanker. Polifenol merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Pada beberapa penelitian, polifenol terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran cerna, membantu sirkulasi darah agar bekerja lebih baik, dan membantu mengurangi risiko banyak penyakit.

  • Popcorn memiliki kalori yang rendah

Mengemil popcorn hanya menyumbang kalori yang relatif kecil ke dalam tubuh. Satu porsi popcorn tawar hanya mengandung kalori sebanyak 93 kalori. Jadi, popcorn bisa Anda jadikan alternatif camilan sehat saat sedang diet. Walau popcorn termasuk dalam makanan rendah kalori, namun Anda tetap harus menjaga porsi makan Anda. Cobalah untuk menakar popcorn ke dalam mangkuk kecil sebelum mengonsumsinya untuk membatasi jumlah yang Anda makan.

Popcorn dapat menjadi pilihan makan ringan yang sehat jika diolah dengan baik. Indeks glikemiknya yang rendah serta kandungan serat dan nutrisinya yang tinggi membuat makanan ini menjadi makanan ringan yang sempurna untuk menjaga berat badan Anda. Beberapa jenis popcorn mungkin bisa membahayakan kesehatan Anda. Tapi, bahaya ini mungkin bisa Anda cegah jika Anda mengonsumsi popcorn yang lebih sehat. Anda bisa membeli popcorn yang dibuat dengan memanggangnya di atas kompor, sehingga Anda bisa menghindari bahaya yang ditimbulkan dari popcorn dalam kemasan (popcorn microwave). Anda juga bisa memilih popcorn tawar yang tidak mengandung gula dan garam, sehingga kalori yang terkandung di dalamnya hanya sedikit. Makan popcorn ini bisa mencegah Anda dari kenaikan berat badan berlebih.

BACA JUGA:  Makanan Super Sehat Namun Mudah Didapat Ini Ternyata Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here